Wednesday, February 26, 2020

Z900 Engine Check On - O2 Sensor

Engine Check Lamp On........ jadi momok yang bikin was-was pemilik kendaraan mengingat kendaraan roda dua dan roda empat saat ini sudah computerize semua. Apalagi kalau engine check menyala diikuti juga dengan penurunan performance engine, problem mechanical ataupun suara - suara asing yang bikin bertanya-tanya. 


Nah ketika Jakarta hujan deras sejak dini hari pada 25 Februari, kebetulan RedZee saya bawa ke kantor pagi hari pukul 05.30 karena masih gelap plus masih hujan tidak terdeteksi adanya genangan air. Alhasil menerjang genangan air sampai air genangan mengguyur helm. Tidak pakai lama lampu engine check menyala tapi mesin dan electrical lainnya just working fine.
From Z900 Forum


Thursday, January 16, 2020

Perbaikan Mekanisme Penutup Bagasi Grand Livina

Bruuuukkkkk..... begitulah suara bagasi grand Livina baik yang old atau all new yang perlu sedikit di banting supaya bisa tertutup rapat. Karena kalau tidak agak dibanting pasti tidak rapat dan sistem alarm mobil ketika mobil dikunci tidak akan bekerja. Kebetulan kemarin sempat lihat-lihat postingan om Puguh Praz di grup FB GaLiLoi (Grand Livina Lovers Indonesia) kok ada akal-akalan yang joss betul. Cekidot.....







Tuesday, January 7, 2020

Miniatur Motor RedZee

Miniatur.... sudah lama saya cari-cari miniatur motor yang saya miliki tapi hasilnya selalu nihil. Yang pasti ada pasti motor-motor yang mahal-mahal dan belum saya miliki. Sampai akhirnya saya menemukan link pengrajin miniatur motor dengan skala 1:12. Sebenarnya ada 3 pengrajin dan ke tiganya saya jajaki apakah bisa membuat miniatur RedZee si Z900 merah milik saya. Dari ketiga itu akhirnya ada 1 pengrajin saja yang mau dan langsung di eksekusi.





Monday, December 2, 2019

Captiva - Time To Say Goodbye

Captiva..... setelah setia menemani selama 7 tahun akhirnya orang tua kami dan saya juga harus merelakan Captiva dicarikan majikan baru. Captiva ini adalah salah satu mobil yang berkesan bagi saya karena tenaga yang besar, fitur keselamatan, dan kenyamanan nya (komplitnya bisa dilihat disini). Dorongan untuk diganti semakin besar karena orang tua saya yang pensiunan jadi lebih nyaman dengan mobil kecil disamping itu juga harga solar berkualitas yang mahal juga menjadikan mobil ini kurang ekonomis untuk pensiunan. Kalau saya sendiri juga belum mau pelihara mobil yang bahan bakar per liternya mahal. Captiva ini adalah facelift tahun 2011 diesel turbo 2,000 cc versi grand touring yang sudah jok kulit dan panel kayu dari Chevrolet.



Wednesday, November 13, 2019

Ganti Sepatu RedZee Pilot Road 5

Ban..... jadi sasaran saya yang utama untuk di upgrade karena disinilah letak nyawa kita dalam berkendara sepeda motor. Begitu juga dengan RedZee yang saya beli seken dan masih pakai ban bawaan Dunlop Sportmax yang sudah mulai kurang mupuni menurut saya.




Monday, October 14, 2019

Kenapa Z900? - Z800 vs Z900 vs GSR 750

4 Silinder..... jadi impian dan cita-cita saya sejak lama karena faktor suaranya dimana bisa mengalami yang namanya eargasm. Setelah selesai menunaikan ibadah suci, maka saya mulai hunting motor 4 silinder yang sesuai untuk kebutuhan saya.




Friday, October 11, 2019

My New Buddy - Kawasaki Z900

RedZee.... alhamdulillah RedZee ini merupakan salah satu doa yang di ijabah, semoga doa-doa saya lainnya juga diijabah oleh yang Maha Memberi. Ammiin YRA.

Genks, perkenalkan namanya RedZee yang merupakan klan Z series adeknya sugomi yaitu Z900 akan mulai menemani hari-hari saya kedepannya setelah 1.5 tahun si biru N650 saya lepas. RedZee ini sebelumnya milik kawan saya dan sudah di modif lumayan hedon, saya bayar ketika di millage 6,157 km.

Sebelum lanjut ke artikel lainnya dinikmati dulu saja foto-fotonya ya.






Saturday, September 28, 2019

Peremajaan Kaki - Kaki Grand Livina

Gruk..... suara yang semakin sering terdengar di Silvi terutama ketika turun dari polisi tidur, kalau jalanan menikung dan bumpy juga sudah mulai terdengar gluduk gluduk tipis dari roda depan. Karena lumayan menggangu kenyamanan, ketika servis interval 40,000 km saya minta cek kaki-kaki depan dan laporannya semua bagian termasuk shock, ball joint, tie rod OK semua. Kecurigaan mulai mengarah pada support shock yang letaknya ada di bagian atas shock breaker dan sebagian bagiannya terlihat dari balik kap mesin. Setelah menempuh jarak 50,000 km barulah sempat dibawa ke bengkel lagi untuk dilakukan penggantian part yang dimaksud




Friday, September 13, 2019

Titipan Mainan Baru - Suzuki Karimun Wagon R

City Car...... jadi rengekan istri saya selama beberapa bulan terakhir ini. Akhirnya setelah menunaikan kewajiban yang lebih utama kami tebuslah Karimun Wagon R type GS matic atau AGS (Automatic Gear Shift). Kenapa Wagon R jadi pilihan? cekidot....



Wednesday, July 3, 2019

Modifikasi Knalpot R9 Misano - Aerox

R9 Misano modification...... berawal dari ketidakpuasan saya dengan knalpot R9 Misano di Aerox saya yaitu ngempos dan baru mendingan setelah pasang DB killer yang artikel nya ada disini. Maka saya mulai cari-cari bagaimana cara meng optimalkan performance dari R9 yang terpasang ini, masa performance knalpot racing masih kalah dibandingkan knalpot standar.
Mulai dari setel CO yang ternyata tidak bisa, pasang open looper yang masih saya pending, dan terakhir akhirnya diputuskan untuk ubah ukuran header.




Tuesday, April 9, 2019

Review Knalpot R9 Misano - Aerox / Nmax

R9 Misano...... jadi pilihan knalpot untuk si Koneng setelah terlibat accident yang artikelnya saya ulas disini. Tadinya hampir beli Daytona yang suaranya terdengar lebih bulat dan bold tapi saya kok kepincut dengan R9 Misano yang tampilannya lebih manis dan berkelir hitam seperti knalpot bawaan karena memang saya tidak suka yang mentereng.





Monday, April 8, 2019

Upgrade CVT - Per Kampas Kopling (Sentri) Aerox

Per Kopling...... jadi sasaran modifikasi kali ini setelah saya modifikasi CVT sebelumnya yang ada di artikel disini. Karakter si koneng saya setelah modifikasi CVT yaitu agak mengerung di RPM tengah meski terbayar dengan naiknya torsi dan akselerasi yang lebih baik. Tapi saya masih berkeinginan untuk menurunkan RPM mengerungnya ini dengan mengganti per kopling atau per sentri dengan yang 1,000 RPM speknya berdasarkan ulasan blogger dan vlogger yang banyak beredar.



Tuesday, March 12, 2019

Accident with Aerox - Broken Center Stand

Accident.... suatu hari di hari Senin pukul 05.45 setelah melewati STAN Bintaro saya membuntuti Vixion yang menyalip Yaris merah lewat sisi kanan nya, dengan posisi jalan yang agak menikung ke kanan ketika saya menyalip dan stang sudah melewati bemper mobil tiba-tiba jeder..... klenteng klenteng klenteng.... rupanya itu mobil sepertinya tidak sadar saya menyalip dan tiba-tiba melaju ke arah kanan sehingga menyenggol motor saya. Padahal saya sudah masuk lebih dari setengah jalur lawan arahnya. Ngantuk sepertinya yang sedang menyetir, sedangkan motor Vixion yang ada didepan saya selamat karena pakai knalpot racing.



Tuesday, March 5, 2019

Side Body Molding - Grand Livina

Side Body Molding..... atau list body samping, merupakan salah satu part yang tidak ada di Silvi Grand Livina type SV milik saya. Nah, berhubung istri sempet nyenggol tembok gang di pintu depan kiri dan lumayan dalam tidak bisa hilang dengan kompon jadinya saya beli deh side body molding untuk Silvi.



Wednesday, February 27, 2019

Perbaikan Performa Shock Depan - Aerox 155

Shock depan...... merupakan salah satu yang saya keluhkan di motor Aerox karena ketika hard breaking dengan rem depan dan jalan keriting sering terasa shock seperti oblak dan klotok-klotok berasa sampai ke stang rider. Ini terjadi lebih parah lagi kalau sedang berboncengan jauh lebih terasa lagi oblaknya.



CVT Modification - Aerox 155

CVT..... continous variable transmision merupakan bagian yang bertugas untuk memindahkan daya dari mesin ke ban pada sepeda motor matic. Pada komponen inilah daya dari mesin terbuang, dari beberapa literatur ada yang bilang sampai 30% terbuangnya. Tapi ini juga make sense sih karena kalau kita test akselerasi motor matic ditandingkan dengan motor rantai seringkali yang berpenggerak rantai lah yang lebih unggul bisa ngacir duluan.

Si Koneng Aerox 155 saya jadi korban kali ini untuk di oprek sektor CVT nya, berdasarkan ubahan yang sudah dilakukan di
Burgman bapak saya yang artikelnya bisa dilihat disini. Keluhan utama Koneng adalah top speed yang saya rasa hanya mentok di 110 kpj dengan berat badan saya sekitar 78 kg, jadinya saya penasaran untuk menaikkan top speed Koneng meski akselerasi menurut saya sih sudah cukup meski terasa ada sedikit sekali lag di RPM bawah. Nah kalau bro sis mau tau karakter Aerox 155 bisa intip di artikel ini





Tuesday, February 26, 2019

CVT Modification - Burgman 200

CVT..... continous variable transmision merupakan bagian yang bertugas untuk memindahkan daya dari mesin ke ban pada sepeda motor matic. Pada komponen inilah daya dari mesin terbuang, dari beberapa literatur ada yang bilang sampai 30% terbuangnya. Tapi ini juga make sense sih karena kalau kita test akselerasi motor matic ditandingkan dengan motor rantai seringkali yang berpenggerak rantai lah yang lebih unggul bisa ngacir duluan.


Motor bapak saya yaitu suzuki Burgman yang karakternya baru bergerak setelah di 5,000 RPM dan engage torsinya terasa lamban jadi korban untuk di oprek di bengkel spesialis matic langganan teman kantor saya. Kebetulan teman saya ini punya Nmax dan di racik CVT nya jadi lebih enteng dan bisa lari diatas 120 kpj. Nah kalau bro sis mau tau karakter Burgman 200 bisa intip di artikel ini dan ini



Tuesday, January 22, 2019

Ganti Caliper Rem Depan Aerox - Upgrade Rem

Pengereman..... merupakan nyawa kita dalam berkendara. Akselerasi dan top speed mudah di raih dan siapapun bisa melakukannya, tapi masalah timbul apakah kendaraan anda dengan kecepatan tinggi apakah bisa di rem dengan sempurna? Accident sering kali terjadi salah satunya karena gagal melakukan pengereman dan siapa pun tidak mau mengalami hal ini kan? 


Semenjak Aerox menjadi tunggangan harian, saya rasakan kalau rem nya terutama rem depan bekerja senin kamis - di rem hari senin berhenti kamis. Rem depan cenderung ngeloyor saja tidak bisa menghentikan motor as expected malah lebih pakem rem belakangnya. Setelah ganti ban IRC dengan Pirelli Angel Scooter yang artikel nya ada disini, barulah saya rasakan kalau masalah pengereman sedikit terobati meski belum signifikan. OK kira-kira apa saja yang perlu di ganti kalau mau upgrade pengereman?



Monday, December 3, 2018

Review MAF Spacer - Grand Livina

MAF spacer..... Mass air flow (MAF) tugasnya adalah membaca flow udara yang akan masuk ke throttle body sebelum ke ruang bakar mesin. MAF adalah salah satu sensor yang bertugas untuk mengatur debit bensin yang masuk ke ruang bakar melalui injector (sensor lainnya antara lain oxygen sensor or AFR sensor). Nah kebetulan kakak saya baru pasang MAF spacer di Mitsubishi Grandis nya dan impresi awalnya jadi lebih responsif dan penggantian transmisi matic konventionalnya jadi lebih smooth. Ok lah mari kita coba juga apa efeknya di Silvi.

Add caption



Friday, November 23, 2018

Ganti Accu GS Hybrid - Grand Livina

Accu.... atau aki memegang peranan penting untuk kendaraan matic baik itu pada roda dua dan roda dua keatas. Apalagi kalau tidak dilengkapi dengan kick starter kalau accu fail maka tidak ada cara lain selain di jumper atau ganti accu. Hal ini bisa dibilang kurang berlaku pada kendaraan dengan bertransmisi manual yang masih bisa didorong ketika accu tidak berfungsi dan masih bisa menyala. Pada kendaraan matic mau didorong secepat apapun tetap itu mesin tidak akan menyala karena putaran roda tidak akan menyangkut di engine, dulu pernah saya buktikan di mobil matic yang mogok didorong kemudian masuk D tetap saja nge loss gak nyangkut ke engine :)


Monday, November 19, 2018

DIY: Oil Catch Tank - Grand Livina

OCT..... Oil catch tank. Saya baru tergelitik cari tahu setelah OCT ini sering di posting fotonya di grup FB Grand Livina. Nah di artikel ini saya coba bahas mengenai OCT dan apa positifnya pasang OCT ini di kendaraan kesayangan.




Tuesday, November 13, 2018

Review Pirelli Angel Scooter - Aerox 155

Pirelli....... jadi ban pilihan saya untuk menggantikan ban IRC bawaan si koneng. Dulu waktu masih pelihara si Biru, merek Pirelli ini saya hindari karena termasuk ban sultan dengan harga selangit dan millagenya yang tidak tinggi tapi memang sih banyak yang bilang kalau bannya lengket betul sama aspal. Ternyata lain hal nya dengan Pirelli Angel Scooter ini yang harganya bersaing dengan ban mid class sekelasnya seperti Michelin, Maxxis, dan lainnya karena sudah dibikin lokal di Indonesia. 

Ban si koneng dari yang awalnya 110/80-14 dan 140/70-14 saya ganti dengan 120/70-14 dan 140/70-14 dengan merogoh kocek sekitar Rp. 880,000 sudah sama pasang. Alasan utama ganti ban sebenarnya untuk upgrade pengereman dan cornering. Bagaimana reviewnya setelah berjalan sejauh 3,300 km dengan kondisi shock breaker semuanya masih standar pabrikan serta sudah dibawa touring juga? cekidot....



Monday, October 15, 2018

DIY: Change Seal Water Pump - ER6

Seal water pump...... selain tangki yang berkarat (cek cara bersihkan DIY disini), penyakit yang kronis juga terjadi pada seal water pump yang seringkali bocor pada motor ER6. Anehnya seringnya terjadi bocor pada ER6N tidak pada saudaranya yang ER6F, kebocoran seal terjadi dikarenakan karat pada as water pump yang menyambung ke balancer mesin. 

Ada beberapa opsi untuk menanggulanginya, kalau dibawa ke beres dan mau ditanggulangi sempurna harus turun setengah mesin dan di ganti total as balancer berikut as ke water pumpnya dan tidak memakan biaya yang sedikit juga. Mau murah bisa tinggal kerjakan sendiri saja seperti yang dilakukan om Arie Vianza yang saya dapat sharingnya dari fanspage om Arie di FB, eh wall FB nya seperti yang saya kutip dibawah ini. Tentunya ini tanpa mengganti as balancer ya guys, kalau as balancer ketika dibongkar sudah berkarat coba di amplas halus pelan-pelan sampai hilang kasar karatnya supaya tidak emrusak seal lagi. Thank you om Arie sudah boleh di compile ke blog saya ini

Cekidot and semoga berguna.....






Wednesday, September 19, 2018

Review Veloscope - Aerox 155

Veloscope...... adalah karya anak bangsa yang memperbesar flow area intake udara ke area filter udara. Pada Yamaha Nmax maupun Aerox intake udara sebelum masuk ke filter menghadap bawah dan tersembunyi tapi dengan adanya Veloscope ini intakenya diperbesar dibagian depan filter udara atau section depan filter udara.






Thursday, September 6, 2018

Review Yamaha Aerox - 3,200 Km Bersama

Si Koneng...... semenjak awal kemunculannya saya sudah dibuat jatuh hati oleh design dan lekukan body nya yang sporty. Berhubung si biru mantan saya (N650) sudah dijual dan saya tidak betah wira wiri ngantor pakai si putih beat pop istri saya jadilah saya meminang si Koneng yamaha Aerox 155 yang standar version. Kenapa saya pilih yang kuning? karena ya menurut saya paling bagus warnanya selain biru, masa iya mau pakai biru lagi. Koneng datang sekitar akhir May 2018 kemudian langsung saya bawa commuting ke kantor. Sampai dengan artikel ini dibuat kurang lebih saya sudah menempuh sekitar 3,200 km bersama baik commuting maupun touring. OK kira-kira gimana kesan serta positif dan negatifnya yang didapat selama 3 bulan dengan 3,200 km itu? cekidot.....




Thursday, August 30, 2018

Touring to Ciletuh dan Ujung Genteng

Ciletuh..... jadi destinasi touring awal Agustus meski sudah happening jadi destinasi touring sejak awal tahun 2018 kalau tidak salah. Tapi Ciletuh ini tidak jadi tujuan akhir tujuan touring kali ini dikarenakan jaraknya terlalu dekat masih cocok untuk touring tektok saja, Ujung Genteng lah yang jadi destinasi akhir touring kali ini.




Wednesday, August 29, 2018

Dunlop SP Sport LM704 VS Bridgstone Turanza T005

Dunlop..... kalau dilihat dari history dengan merek ini saya sudah dikecewakan 2 kali. Pertama kali Dunlop yang terpasang di Ninja 650 saya yang sudah expired karetnya getas jadi performance amburadul kemudian Dunlop Sport SP300 yang terpasang sekitar 2 tahunan di Livina saya gampang bocel-bocel dan shouldernya habis duluan terutama ketika dipasang di ban depan.



Monday, August 27, 2018

Hilangkan Ngelitik Livina Tanpa Gurah

Ngelitik..... atau knocking sudah jadi momok bagi pemilik grand livina baik yang lama atau yang generasi baru ANGL. Mesin HR15DE ini emang punya penyakit bawaaan ngelitik baik yang selalu pakai RON 92 dan lebih parah lagi buat yang langganan pakai RON dibawah 92. Untuk antisipasi kualitas BBM yang jelek ini dan mengurangi efek ngelitik, Silvi saya sudah pasang broquet yang artikelnya saya taruh disini. Tapi setelah 2 tahunan pemakaian mobil atau sekitar 25,000 km kok mulai timbul ngelitik di livina saya ini ya??? cukup sering memang saya isi premium dan akhir-akhir ini minimal isi pertalite serta pertamax jarang-jarang.



Monday, August 13, 2018

Review New Ninja 650 ER6F MY 2017 - 1,400 Km Bersama


Ninja650 2017….. atau dikenal dengan ER6F new generation 2017. Artikel kali ini akan membahas mengenai N650 terbaru gimana feel and impressionnya terutama setelah dibandingkan dengan old N650 keluaran tahun 2012 yang pernah saya pelihara kurang lebih selama 3 tahun. Kebetulan sekali teman saya lagi dapat pinjaman unit dari seseorang so mostly ini review dari big bro saya Muhammad Taufik yang sudah jajal sejauh 1,400 km dalam 2 minggu, sedangkan saya sempat icip geber-geber dan ride santai di sekitaran Episentrum Kuningan. My big bro ini juga sama dengan saya sempat pelihara old N650 selama 2 tahun dengan millage yang fantastis kalau saya sampai di 34,000 km saja.

Gimana riding impressionnya? Cekidot….



Thursday, August 9, 2018

Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin

AC... air conditioner jadi andalan untuk mengatasi suhu yang panas baik itu ketika didalam bangunan atau di kendaraan. Bagaimana jika udara kelewat panas dan AC sampai-sampai tidak berpengaruh banyak meski setelan temperatur sudah paling mentok dan fan nya sudah paling kencang? nah kali ini saya mau coba berbagi tips dan trick supaya AC mobil lebih dingin




Friday, July 20, 2018

DIY Ganti Saklar / Handle Kanan Aerox 155 - Hazard Lamp and Fog Lamp

AHO...... automatic headlamp on, bagi sebagian orang kurang suka dan dianggap membebani spul pengisian ketika motor pertama kali hidup dan lampu langsung hidup. Belum lagi ditambah kalau mesin dimatikan lalu lampu tidak ikut mati jadi ikut makan setrum accu. Hal inilah yang memicu saya untuk membeli saklar kanan electricity untuk si koneng, beli yang murah aja cuma sekitar 100,000 saja sudah ada saklar tambahan untuk idling stop. Ya kelihatan murahan sih lebih kusam gak kinclong apalagi saklar kecil merah idlingidling nya, but who cares?



Wednesday, July 18, 2018

Captiva Ngempos - Problem Solved

Ngempos..... sudah jadi  habit di captiva diesel face lift 2012 milik bapak saya, akhir-akhir ini malah kebiasaan ngemposnya sering kumat. Gejalanya kurang lebih ketika sedang jalan kemudian mau tambah gas malah mesin no respon hanya meluncur begitu saja. Cara menanggulanginya ya lepas gas kemudian injak lagi tapi itu semua hanya sementara saja nanti bakal kumat lagi.




Monday, July 2, 2018

Review Accent Wire dan Cyclone - Aerox 155

Racun..... kali ini yang mau di coba adalah racun untuk akselerasi yaitu accent wire atau dikenal kabel setan dan  intake cyclone. Pertama yang saya pasang adalah accent wire kebetulan karena penasaran serta sangat happening saya pilih tipe yang performance series bukan yang reguler. Kemudian cyclone yang saya pilih adalah ITC trump cyclone mark III yang warna kuning.




Tuesday, June 12, 2018

DIY Body Protector Pad, Spakbor, Klakson Keong, and Hand Guard Aerox

Protection...... adalah hal yang pertama saya lakukan kalau memiliki tunggangan baru. Sama juga dengan nasib si koneng ini pasti saya kasih protection. Tadinya saya mau stiker full wrap body, cuma dengan pengalaman yang sudah-sudah kok rada males liat stiker transparan yang suka "ngangkat" dan jadi kurang sedap dipandang. Iseng-iseng cari di tokopedia kok dapet pad body protector dengan merek Iejimo.



Friday, June 8, 2018

Meet My New Buddy - Si Koneng

Aerox..... dari awal kemunculannya saya langsung jatuh hati pada modelnya. Model yang sporty, laki banget dan juga gagah. Ketika dinaiki langsung berasa seat post yang tinggi sehingga karena saya yang tinggi badannya 170 cm masih jinjit kalau kedua kaki turun jadi berasa seperti naik moge. Selain itu tampilan dashboard yang komplit, lampu depan led dengan desain garang, bagasi yang luas juga menjadi nilai plus tersendiri yang bikin jatuh hati.




Tuesday, May 22, 2018

Panduan Membeli ER6 Bekas

ER6..... tidak bisa dipungkiri kalau ER6 baik itu yang N atau F (dikenal juga dengan Ninja 650) merupakan moge entry level dari Kawasaki yang paling banyak populasinya di Indonesia, by statistic di Indonesia lebih banyak populasinya ER6N dibanding yang F. Populasi yang banyak juga berarti banyak juga dong yang jual bekasnya. Nah di artikel kali ini saya coba rangkum semua penyakit ER6N dan ER6F selama saya pelihara 3.5 tahun dan yang perlu diperhatikan sebelum membeli.




Tips and Trick Jual Kendaraan

Jual..... menjadi opsi bagi banyak orang untuk barang kesayangan baik itu karena bosan, terlalu tua umurnya atau ada kebutuhan lain yang memerlukan dana. Semua orang yang punya kendaraan pasti juga pernah mengalami hal ini, apalagi kalau ada ikatan emosional dan kenangan khusus ke kendaraan yang di jual pasti akan ada cerita sedihnya juga. Nah kali ini saya mau coba share pengalaman saya untuk jual motor dan mobil yang pernah saya pakai, terutama gimana caranya supaya harga jualnya tinggi.




Monday, May 14, 2018

Starter Problem Burgman 200

Starter...... kendala akan muncul kalau sistem starter gagal menyalakan mesin matic besar ini apalagi motor tidak dilengkapi dengan kick stater. Bisa jadi motor harus di jumper dengan kendaraan lain itu juga bila accu nya yang bermasalah, final result ya towing ke bengkel.


Si putih bongsor punya bapak saya sempat bermasalah juga dengan sistem staternya dan terjadi beberapa waktu sebelum saya pinjam motornya, nah motor ini mulai rewel ketika memasuki tahun ke tiga pemakaian dari baru dan mulai jarang-jarang dipakai akhir-akhir ini.