Tuesday, November 13, 2018

Review Pirelli Angel Scooter - Aerox 155

Pirelli....... jadi ban pilihan saya untuk menggantikan ban IRC bawaan si koneng. Dulu waktu masih pelihara si Biru, merek Pirelli ini saya hindari karena termasuk ban sultan dengan harga selangit dan millagenya yang tidak tinggi tapi memang sih banyak yang bilang kalau bannya lengket betul sama aspal. Ternyata lain hal nya dengan Pirelli Angel Scooter ini yang harganya bersaing dengan ban mid class sekelasnya seperti Michelin, Maxxis, dan lainnya karena sudah dibikin lokal di Indonesia. 

Ban si koneng dari yang awalnya 110/80-14 dan 140/70-14 saya ganti dengan 120/70-14 dan 140/70-14 dengan merogoh kocek sekitar Rp. 880,000 sudah sama pasang. Alasan utama ganti ban sebenarnya untuk upgrade pengereman dan cornering. Bagaimana reviewnya setelah berjalan sejauh 3,300 km dengan kondisi shock breaker semuanya masih standar pabrikan serta sudah dibawa touring juga? cekidot....




Sebenarnya untuk ring 14 masih ada seri Diablo Scooter yang harganya ada diatas Angel Scooter tapi gak saya lirik dengan pertimbangan pengalaman. Loh kok pengalaman? karena Diablo Scooter ini kembangan sedikit mirip seperti S21 sedangkan Angle Scooter kembangan ramai seperti Pilot Road 4, pengalaman saya PR4 ini yang banyak kembangan lebih jagoan di jalan basah dibanding S21 dengan performa di jalan kering yang tidak jauh berbeda. PR4 reviewnya bisa dilihat disini, kalau S21 bisa dilihat disini. Selain itu beli ban mahal-mahal kalau komponnya gak habis pasti dalam 2 tahun akan keras dan gak enak lagi dipakai itu ban.


Cari sana sini tidak ada informasi yang tepat dari produsen mengenai kompon yang dipakai di Angel Scooter ini tapi menurut saya komponnya lebih lunak dari IRC bawan si koneng bisa jadi kompon medium. Meskipun begitu bulu-bulu ban dibagian tengah baru pada hilang setelah riding sekitar 200 km.


Penggantian ban depan dari 110/80 ke 120/70 (ini karena Angel Scooter tidak ada size 110/80) jelas terlihat dari bagian samping yang ban nya terlihat lebih pendek jadi terlihat jaraknya antara ban dan spakbor berbeda dengan ketika pasang 110/80 yang terlihat tinggi dan tidak berjarak dengan spakbor. Meski sizenya naik 1 tingkat tapi menurut saya sih lebarnya tidak terlalu kelihatan. Bagian belakang saya pertahankan di 140/70 karena saya tetap mau pakai spakbor kolong dan hanya bisa naik 1 tingkat ke 150/70 yang menurut saya juga tidak akan terlihat banyak perbedaannya.



Ban juga dibedakan design nya antara ban depan dan belakang dimana ban depan alurnya terbalik untuk menaikkan performa pengereman sedangkan ban belakang lebih diutamakan untuk cornering dan akselerasi.


Performance
Setelah pasang coba jalan untuk berangkat kantor pagi jam 05.30 supaya traffic masih sepi, coba melibas jalanan dengan speed tinggi ternyata beberapa kali motor kok narik terus ke bawah ketika cornering, hehehe ternyata efek lilinnya masih sangat terasa. Efek agak licin karena lilin ini baru berasa hilang total dari ban depan dan belakang setelah riding sekitar 400 km baru ban keluar performance aslinya tidak terasa lagi licin-licinnya. Tadinya sempat kepikir apa kalau panas ban ini kedodoran grip nya? ternyata hanya karena masih ada lilin dan tergerus cukup lama lilinnya sampai 400 km inilah feelnya jadi rada aneh.




Angel Scooter (AS) VS IRC performance
  • Pengereman ban depan dry road ==> AS lebih unggul 

  • Pengereman ban depan wet road ==> AS lebih unggul

  • Pengereman ban belakang dry road ==> AS sedikit lebih unggul

  • Pengereman ban belakang wet road ==> AS lebih unggul

  • Feed back cornering & cornering grip at dry road ==> AS jelas lebih superior lebih sering dan pede untuk mentokin standar si koneng atau bahkan dek bagian bawahnya tapi sering mentok karena ground clearance motor yang juga turun karena ban depan profilnya 120/70 bukan 110/80


Korban cornering





  • Feed back cornering & cornering grip at wet road ==> feedback lumayan ok ketika basah cuma menurut saya masih rada licin jadi masih ada kekurang pede an didalam hati. Kalau hujan deras menurut saya malah lebih nge grip dibanding yang gerimis-gerimis saja. Ketika hujan deras atau semua jalanan sudah rata basahnya malah bikin jauh lebih pede untuk gas pol dan rem pol dengan ban ini.


  • Aquaplanning ==> tidak dirasakan sama sekali karena banyak kembangannya bisa jadi karena tenaga mesinnya kecil tidak seperti pakai moge

  • Light offroad and gravel track ==> keduanya berimbang hampir sama feedbacknya tapi AS berasa lebih empuk bantingannya. Serta tida se licin IRC bawaan

  • Millage ==> cannot talk to much sementara baru bulu-bulu halus saja yang hilang, kelihatannya sih compond nya medium to hard karena sudah tanda-tanda keausan minim
after 3,300 km

after 3,300 km (itu batu yang nyempil bukan paku)

  • Crossing road marking (marka jalan) ==> sedikit unggul AS jarang berasa olengnya

  • AS lebih banyak kerikil suka nyempil karena profil nya banyak celah

Touring boncengan pakai side bag via Cikalong Wetan



Verdict
Dengan harga Rp 880,000 untuk ban middle class menurut saya sangat worthed dengan performanya yang ada di atas ban bawaan standar IRC. Apalagi ketika naik motor nyawa kita tergantung pada beberapa cm ban yang menapak di aspal. Kalau bro and sis doyan speeding and cornering ban ini boleh dicoba pasti feel motornya akan berbeda tidak seperti dengan ban standar. Menurut saya malah coba ganti ban dulu baru upgrade part lainnya yang dirasa kurang.

Bagaimana dengan long range reviewnya? bisa di cek disini ketika saya ganti ban.

Semoga bermanfaat....











15 comments:

  1. Angel scooter jangan lawan IRC bos lawannya Maxxis

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru juga jalan 7,000 km ini angel scooter masih tebel belum saatnya ganti ke maxxis karena saya nanti akan review lagi disaat ban di ujung umur seperti apa performanya.

      nanti kalau sudah ganti maxxis baru tulis review lagi bandingkan sama angel scooter

      kenapa bandingin sama IRC? karena sebelumnya pakai IRC

      Delete
  2. 6 bulan baru 7.000 km bro ? sekarang dah berapa km dan brapa bulan setelah beli ? kira" compounya sudah menipis brapa % ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah 8,000km sejak beli. Ban belakang bagian tengah nya dari pucuk Kembangan ke twi sekitar 2-3 mm lagi. Ban depan ada sekitar 4 mm kalau dipersen kan yang belakang sudah kemakan 70an% depan 60%. Yang belakang prediksi saya kalau sampai botak bagian tengah bisa 3,000-4,000 km lagi untuk dipaksakan tapi semua balik lagi ke riding style masing-masing ya bro

      Delete
  3. Saran nihh buat yg low budget boleh coba tuh pake Aspira Premio Sportivo, ban keluaran Astra Serasa Pake ban PirellišŸ¤¤

    ReplyDelete
  4. Saya juga pake di aerox 155...tapi ukuran depan 120/70 terlalu ndonat...dan tapak ban yg menyentuh ke aspal cuma bagian tengah efek ndonat. Ahkirnya ganti ke ukuran 100/80 depan belakang tetep 140/70.. lebih mantap karena GC aerox berkurang sehingga di kecepatan tinggi gejala limbung yang terkenal di aerox jadi berkurang. Mantap angel scooter...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul om, terpaksa ambil yang 120/70 karena angel scooter tidak ada yang size 110.

      nah limbung ini sudah penyakit bawaan, sumbernya sebenarnya dari tangki bensin yang cuma 4 literan jadi lebih pendek tangkinya dibanding nmax sehingga beratnya bensin agak ke atas dibanding nmax yang berat cairan bensin lebih kebawah.
      saya lagi mau coba untuk upsize tangki bensin jadi bisa merubah weight distributionnya supaya lebih anteng lagi di high speed

      Delete
    2. Oh itu ya gan penyebabnya...ni juga saya coba lari 115km/jam stang depan berasa goyang2 dikit...kalo ganti pake tangki nmax yg 6liter bisa ga ya gan? Btw ban pirelli ini lebih irit dr pada bsn ori gan...saya pake ban ori di mid paling hemat 1:41,5 pake ban ini bisa tembus 1:45 dengan cara berkendara yg sama.

      Delete
    3. tangki banyak yang jual aftermarket di marketplace bro coba aja dibeli, kalau pakai tangki nmax saya kurang tau.

      fuel consumption pakai pirelli gak tau saya, gak pernah hitung-hitung. Kalau saya sih paling irit cuma 1:39 seringnya di 37 paling borosnya di 34 dengan ban ori atau pirelli

      Delete
    4. Bang saya juga pake aerox 155 dgn ban depan 100/80 juga, kerasa lebih enteng sih memang handling dan manuver nya, tapi yang mau saya tanyain untuk masalah kestabilan saat menikung itu apa akan berpengaruh ? karena kan otomatis lebar ban nya lebih kecil yang membuat permukaan ban lebih sedikit nyentuh aspalnya, mohon pencerahan nya bang. Terimakasih

      Delete
    5. Tidak masalah kok karena masih toleransi nya. Ban standar nya kan size 110/80 masih diperbolehkan naik turun 1 size dengan ukuran velg yang sama. Jadi bisa ke 100 atau 120, kalau diluar dua itu tidak recommended

      Delete
  5. Saya pakai tuh angel scooter di vario 110,basah kering conernering gas teruss...wkwkkwk

    ReplyDelete
  6. 880 ribu sama pasang beli dimana om?? Mau tau dong tempatnya. Ditempat saya mahal bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jaman dulu om masih murah karena stok yang ada dipasaran ban keluaran 2017. Kalau sekarang sudah lebih fresh jadi harganya naik banyak bener

      Delete