Thursday, June 8, 2017

Bracket Caliper ER6 Broken - Patah

Breket..... setelah hampir 28,000 km saya mau ganti kampas rem belakang si biru untuk pertama kalinya. Putar dua baut allen pakai kunci L dan copot kaliper nya loh kok breket yang ada lubang dudukan kaliper bagian bawah sudah patah?????




Sempat sebel juga dan sekaligus heran kok itu breket bisa patah? kalau dilihat-lihat sepertinya patahan sudah lama karena ada bagian yang tidak mengkilap lagi sudah gelap. Kalau diingat-ingat juga memang sudah lama kalau abis cuci motor dan caliper belakang tersentuh kadang ketika motor jalan pelan kelihatan ada bunyi di bagian rem belakang cuma saya mikir karena keset aja abis di cuci.

Akhirnya telisik dan cari nomor partnya yaitu 43034 kemudian tanya ke Beres didapatkan harga Rp. 400,000 tapi inden selama sebulan. Bah, mana tahan sebulan gak naik si biru.



Tadinya mau nekat cuma di lem aja dan pakai jalan sambil nunggu tapi kok diskusi sama teman-teman dan mekanik katanya bahaya, hehehe iya bahaya setelah tahu sudah patah kalau belum tahu alhamdulillah aman-aman saja.

Di lem dulu

Akhirnya pakai cara murah saja yaitu di las babet atau las aluminium di bengkel bubut deket rumah.
Dengan mahar Rp. 40,000 which is hanya 1/10 dari harga barang barunya, breket kembali utuh lagi oh ya plus modal dikit pilox warna hitam.


Copot ban belakang memang jauh lebih mudah tapi ketika masang sulit juga karena space kanan kiri mepet dengan spee atau spacernya

Kenapa saya memutuskan hanya di las saja?
  • Saya tidak dominan menggunakan rem belakang ketika pakai si biru proven dengan kampas rem yang baru ganti hampir di 28,000 km. Rem belakang saya pakai mostly ketika macet di speed rendah dan kalau terpaksa ketika di tikungan. Rem depan gimana? sudah ganti 3 kali

  • Melihat sudut posisi caliper mostly beban ditahan oleh bagian vertikal dan ini patah di arah horizontalnya

  • Inden nya lama dan bisa jadi more than 1 month


Result


Sekarang root cause kenapa bisa patah
  • Dulu ketika safety riding disini dan disini motor dipaksa block rem atau full breaking dengan rem belakang saja beberapa kali dari speed 60 kpj mungkin ini menyumbangkan panas berlebih di caliper meski gak sampai bikin loss rem belakang karena saya masih pakai selang standar

  • Pernah ketika pakai gembok di cakram belakang kelupaan dan motor terdorong maju tapi ini pelan saja harusnya gak ngaruh

  • Ketika ganti ban di sekitar 17,000 km bisa jadi ada salah handling dari teknisi ban sehingga patah cuma gak bilang-bilang

oh well, ya sudah di ikhlaskan saja sambil berharap hasil las kuat dan aman sentosa sampai nanti

No comments:

Post a Comment