Friday, June 16, 2017

Radial Tire VS Bias Tire

Ban.... lagi-lagi coba nulis lagi tentang ban, kali ini perbedaan antara design ban radial dengan bias. Kenapa baru ditulis sekarang? karena si biru baru ganti sementara ban depannya dengan ban tipe bias yaitu Michelin Pilot Street setelah sebelumnya selalu pakai yang radial type yaitu T30 dan Pilot Road 4 (PR4) jadi pembandingnya lebih apple to apple dan fair karena dipakai di motor yang sama untuk merasakan perbedaannya. Review dari Michelin Pilot Street sendiri sedang saya persiapkan karena masih kurang jauh jalannya.









Bias Tire
Ban ini dibuat dengan lapisan-lapisan karet yang saling menumpuk satu sama lainnya sehingga bagian samping ban dan bagian crown alias kembangan adalah bagian yang saling mempengaruhi.

Bias tire (courtesy of http://agricultural.michelinman.com)

Kelenturan dari sidewall ini yang most likely akan dipengaruhi oleh beban yang diterima yang akan di transfer ke bagian thread atau kembangan sehingga beban berlebih akan menyebabkan bagian thread melengkung dan memperkecil kontak ban ke aspal.
Pada sepeda motor hal ini terjadi ketika akselerasi dimana ban belakang akan bertambah loadnya dan deselerasi menggunakan rem dimana ban depan akan bertambah loadnya.

Courtesy of www.sheehan.com


Dari gambar diatas terlihat kalau ban bias ketika sepeda motor menikung dan melawan gaya sentrifugal maka kontak ban ke aspal akan berkurang. 

Berkurangnya kontak ban ke aspal inilah yang akan meningkatkan resiko ban slide. Kalau di motor saya si biru seringnya ban seperti sepersekian detik hilang kendali ketika motor di flip cepat kanan ke kiri atau sebaliknya, sempat terasa seperti ban depan late respon meski tidak sliding. 
Pernah di motor scoopy yang masih pakai ban standar pabrikan which I believe pasti ban bias ketika nikung rebah ban depan sempat sliding bikin sport jantung.

Bisa jadi berbeda ceritanya kalau saya pasang bias tire di ban belakang bisa jadi efek slidingnya akan lebih besar. 




Radial Tire
Ban ini terdiri dari lapisan dasar yang sama antara sidewall sampai ke bagian crown kemudian dilanjutkan dengan beberapa lapisan tambahan di bagian crown sehingga ban ini mempunyai dua bagian independen atara side wall dengan bagian thread. 

Radial tire (courtesy of http://agricultural.michelinman.com)


Kelenturan dari bagian side wall tidak akan mempengaruhi bagian thread sehingga bertambahnya beban tidak akan mempengaruhi kontak ban ke aspal.

Akselerasi hebat atau deselerasi mendadak yang kita lakukan tetap akan membuat kontak ban optimal sebagaimana di design. Begitu juga ketika menikung maka tapak ban tetap optimal bersentuhan dengan aspal tidak seperti bias tire.

Courtesy of www.sheehan.com

Well selama ini yang saya rasakan untuk radial tire memang tidak pernah slip kecuali kondisi karet ban yang sudah getas dan memang radial tires jauh lebih ok performancenya dan heavy duty termasuk untuk urusan high speed cornering.





Verdict
Menginginkan performance lebih dari ban silahkan pilih tipe radial tapi biasanya ban ini termasuk premium tires kalau di sepeda motor. Bias tire untuk motor dengan cc kecil sebetulnya juga cocok tapi silahkan pilih yang mid class seperti FDR sport XR evo atau Michelin City Grip Pro yang pernah saya pakai atau yang diatasnya lagi karena gejala sliding tidak pernah saya alami