Friday, October 7, 2022

Electrical Error - Daihatsu Sigra

 Mogok....... karena ada mainan baru si Sigra tentunya saya tidak tahan untuk mulai modif sana sini terutama modif perlampuan. Additional stop lamp yang saya pasang sendiri ada di artikel sini, selain itu saya berencana pasang DRL untuk di bagian depan. Supaya DRL ini menyala ketika kontak maka kita harus cari listrik yang akan on ketika mobil di stater, disinilah masalah berawal dimana saya mau test ambil listrik dari fuse ECU yang ada di bagian mesin. Cabut sekering lalu masukkan kabel, karena feeling gak enak saya cabut kabel lalu pasang sekering lagi, ealah ternyata mobil gak mau hidup mesin nya cuma cranking bunyi stater saja.


Cek semua fuse yang ada di mobil tidak ada yang putus, dugaan pertama adalah fuel pump yang tidak bekerja karena tidak ada suara fuel pump (ternyata baru diketahui belakangan memang tidak ada suaranya). Mas Sugeng mekanik langganan sudah datang dan cek juga belum berhasil sehingga besoknya saya coba panggil mekanik Daihatsu untuk datang ke rumah.


Pengecekan awal sama seperti yang dilakukan mekanik langganan yaitu scan ODB II, dimana hasil scan mas Sugeng mekanik langganan dan Daihatsu sama-sama tidak ada fail code, cek apakah ada GPS terpasang ternyata tidak ada yang terpasang, cek setrum di semua sekering juga tidak membuahkan petunjuk juga, cek koil ternyata voltase lemah dan busi tidak mau memercik, coba untuk ganti ECU juga belum membuahkan hasil. Disini mekanik Daihatsu cerita seringkali ada case di Sigra dan Terios error di ECU karena adanya lampu variasi, saya teringat langsung dengan additional stop lamp lalu saya cabut saat itu juga. Sebelum meninggalkan rumah, accu dan soket ke ECU dan fuse dicabut karena sempat ada case Daihatsu Alya yang mati misterius setelah dicabut semua kembali bisa hidup setelah 2 hari didiamkan.





Next day, dengan avometer terbaca strum di coil hanya 4V seharusnya 12 V. Mekanik coba cabut semua busi dari tempatnya lalu di start dengan harapan ruang mesin banjir dengan bensin. Kembali colokkan semua busi kemudian coil nomor 2 di jumper ke accu. Coba start masih belum mau, kemudian cabut soket-soket dibawah fuse box lalu colokkan lagi kemudian coba start eh alhamdulillah hidup. Senang dan bersyukur akhirnya mobil bisa hidup setelah 2 hari mogok meski root causenya masih misterius, selama ini saya pakai beberapa hari sepertinya sehat-sehat dan normal semua.



Dari sini bisa diambil kesimpulan mungkin karena LCGC maka toleransi voltase nya sangat kecil, sehingga ada gangguan sedikit seperti pemasangan lampu tambahan atau arus yang terganggu akan sangat berpengaruh. Selain itu juga ada suspect karena mobil sempat saya tinggal dinas dan parkir di rumah kosong bisa jadi ada hewan yang usil dan menyenggol perkabelan. Demi jaga-jaga daripada probem dikemudian hari lebih baik memang tidak pasang electrical tambahan, salah satu hal yang membuat saya sedih juga.

Duo Grey


demikian sharingnya, semoga bermanfaat......







No comments:

Post a Comment