Saturday, October 1, 2022

DIY Additonal Stop Lamp - Daihatsu Sigra

Stop Lamp........ merupakan piranti penting di kendaraan untuk menghindari kejadian tabrak belakang. Piranti ini harus sering di cek fungsinya karena termasuk piranti keselamatan, sering kita temukan di jalanan kendaraan yang lampu rem nya tidak mupuni entah itu tidak menyala semua atau menyala hanya sebagian saja. 

Bagaimana dengan Sigra yang baru saya beli? memang sih menyala semua dengan baik hanya saja dibagian tengah itu sepi sehingga saya berpikiran untuk pasang stop lamp tambahan dibagian tengah atas supaya bisa terlihat lebih jelas oleh kendaraan tinggi yang ada dibelakang mobil.



Setelah browsing dan memutuskan seperti apa yang cocok, saya putuskan untuk beli tipe datar yang menempel di kaca belakang. Saya beli di online shop sekitar Rp 70,000 dan  pasang sendiri karena tidak terlalu sulit hanya pasang tambahan kabel saja. Kabel arus dan negatif saya ambil dari lampu belakang sebelah kiri setelah kabel nya saya sulurkan dari cover kabel karet yang ada di pintu bagasi sebelah kiri kemudian kabel cukup diselipkan di selah antara kaca belakang dengan besi bagasi. Jadi sedikit saja kabel terlihat dari karet pembungkus kabel di kiri atas masuk ke space antara kaca belakang dan besi bagasi.







Setelah terpasang hasilnya memang tidak terlalu silau lampunya karena terpasang dibagian dalam yang sudah ada kaca film nya dan karena pasangnya ada di bagian atas, lampu jadi menghadap ke sudut atas. So far sih tidak ada masalah karena dengan tambahan lampu yang hidup dibagian tengah ini akan membuat aware kendaraan yang ada di belakang mobil.



semoga bermanfaat......






No comments:

Post a Comment