Friday, October 2, 2020

End Of Use Pirelli Angel Scooter - Aerox 155

Angel Scooter...... sudah menemani si Koneng selama 2 tahun dan sekitar 15,000 km. Performancenya memuaskan selama saya pakai AS baik itu di aspal kering maupun aspal basah, bisa diintip juga disini untuk impresi awalnya. Langsung saja deh gimana reviewnya setelah 15,000 km pemakaian, cekidot.....


Kebutuhan akan penggantian ban tadinya mau saya tunda selama periode WFH ini. Tapi kalau si koneng saya bawa jalan-jalan kok makin gak enak dan keras ya, efeknya bodi-bodi juga jadi ikutan berisik karena ban yang keras dan mulai mati ini. Memang sih kalau di telaah ban ini umurnya sudah hampir 3 tahun karena pembuatan Desember 2017 meski saya pasangnya di Agustus 2018. 


Ban Depan

Ban depan ini terlihat paling tebal tidak tergerus signifikan hanya saja karet nya getas dan sudah mulai pecah-pecah di dasar kembangan ban. Mungkin masih bisa dipakai 10,000 km lebih lagi kalau tidak masalah dengan getasnya. Selain getas tentunya grip juga menurun karena kekuatan pengereman juga berkurang terutama untuk bagian depan ini. 






Ban Belakang

Ban belakang terlihat penipisan signifikan terutama di sisi sebelah kanan sampai sudah menyentuh TWI. Selain itu juga karetnya sudah mulai getas dan pecah-pecah juga di dasar kembangan. Tentunya ban yang tipis ini sudah tidak di rekomendasikan lagi untuk dipakai terutama di musim hujan karena akan menyebabkan kehilangan grip. Pengereman juga mulai berasa kedodoran karena karetnya yang sudah getas


Ban belakang ini cukup babak belur juga karena selain menahan akselerasi juga menahan deselerasi serta mempertahan kan cornering line. Dulu juga saya sempat mengalami accident sehingga ban belakang sobek cukup parah juga di sisi sebelah kiri tapi masih terus-terusan bisa saya gunakan sampai saya ganti ban nya, detailnya bisa dilihat disini. Di ban belakang ini juga sudah ada 1 tambalan tubless, 1 paku yang sudah ribuan kilometer belum saya cabut dan 2 paku kecil yang menancap. So far angin tidak pernah berkurang signifikan jadi ya saya biarkan saja.


Selain ban yang habis ternyata ada part yang habis juga karena saya pakai Pirelli Angel Scooter ini yaitu standar samping dan standar tengah





Tadinya mau ganti lagi 1 set dengan Pirelli Angel Scooter lagi tapi setelah dipikir-pikir nanti gak merasakan ban enak lainnya jadinya saya putuskan untuk ganti ke Maxxis Victra S98ST saja dengan size 110/80-14 dan 140/70-14 dimana yang depan balik lagi ke ukuran standar.


Verdict

Pirreli Angel Scooter menjadi salah satu ban premium yang performance nya mupuni untuk scooter / matic terutama di aspal basah karena kembangannya ramai untuk menyingkap air tapi performance di aspal kering juga tidak perlu diragukan karena bisa bikin semua standar motor jadi ikutan habis. Pada tahun 2018 dulu saya beli dengan harga Rp. 880,000 untuk 1 set 120/70 - 18 dan 140/70-14 saat ini sepertinya sudah diatas Rp. 1,000,000 untuk 1 set nya.



Semoga bermanfaat......









4 comments:

  1. sayang banget ya sama aerox nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keharusan ini om, meski benda mati dirawat dengan baik pasti benda itu juga gak akan rewel dan menyusahkan nanti nya

      Delete
  2. mantab reviewnya om. kalo maxxis victra price to performancenya gimana om? apakah lbh baik dr pirelli angel scooter om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru jalan 1,000 km om belum bisa bicara banyak apalagi sedang WFH terus. Tapi impresi awal masih lebih unggul Pirelli menurut saya

      Delete