Friday, September 18, 2020

Modifikasi Knalpot R9 Misano Part II - Aerox

R9....... Misano series adalah knalpot yang sudah terpasang di si Koneng Aerox saya selama 1 tahun lebih ini. Riset cukup panjang juga saya lakukan mulai dengan pasang DB killer (artikel disini) sampai mengecilkan leher knalpot (artikel disini). Tapi tetap saja namanya manusia pasti tidak puas juga jadi kembali saya mau oprek. Di konfigurasi terakhir suara nya jadi lembut banget dan tarikan lebih ngisi, saya inginnya knalpot ini lebih galak suaranya dan juga tarikannya lebih yahud lagi. Setelah sebelumnya melakukan perbaikan karbon di mas Birin dari BR knalpot (artikel disini) jadi saya percayakan lagi modifikasi ini ke bengkel yang sama. 




Saya hanya order ke mas Birin supaya tarikan lebih enak dan tidak apa kalau suara knalpot menjadi lebih kecil, setelah di oprek hampir 1 minggu langsung saja kita rasakan perbedannya.

After



Before dengan DB killer setengah masuk


Perubahan hanya dilakukan pada saringan sehingga penampakan bagian luar tidak terlihat perubahan signifikan. Nah gimana dengan performancenya?

Mantap mas bro, tarikan mulai dari bawah lebih responsif bahkan di rpm atas juga lepas tidak terasa tertahan lagi. Suara yang dihasilkan  karena tidak dipakai DB killer maka suaranya jadi lebih keras dari sebelum dimodifikasi dengan DB killer dan di RPM atas suaranya menjadi lebih treable serta serak - serak basah seperti knalpot RedZee. Plus juga ada tambahan efek nembak-nembak nya meski jarang, tapi nembaknya ini tidak bikin tenaga melempem malah saya suka karena jadi tambah garang. Dibanding ketika R9 ini masih standar pabrik saringannya dan tanpa DB killer maka sekarang suaranya lebih kecil sedikit serta lebih ke treable serta serak-serak basah.

After

Downsidenya hanya ketika lepas gas di RPM tertentu ada suara mber nya, tapi dibandingkan dengan performance dan suara lainnya sih jadi ya minor saja masalah ini. Selain itu knalpot lebih bau bensin dan saya tidak bisa pasang DB killer nya karena lupa bilang ke mas Birin dan bagian dalam diameter saringan nya lebih kecil. Total biaya untuk perombakan saringan ini adalah Rp. 150,000 saja


DB killer

After


Before

Mau lebih puas? bisa juga custom ulang semua dan bentuk mufflernya di sesuaikan sesuai selera sehingga hasilnya lebih mendekati keinginan. Bagi yang berminat bisa hubungi bengkel BR muffler dengan mas Birin 081210073151


Semoga bermanfaat.....





1 comment: