Tuesday, May 22, 2018

Tips and Trick Jual Kendaraan

Jual..... menjadi opsi bagi banyak orang untuk barang kesayangan baik itu karena bosan, terlalu tua umurnya atau ada kebutuhan lain yang memerlukan dana. Semua orang yang punya kendaraan pasti juga pernah mengalami hal ini, apalagi kalau ada ikatan emosional dan kenangan khusus ke kendaraan yang di jual pasti akan ada cerita sedihnya juga. Nah kali ini saya mau coba share pengalaman saya untuk jual motor dan mobil yang pernah saya pakai, terutama gimana caranya supaya harga jualnya tinggi.




  • Persiapkan mental dulu kadang kalau emang niatnya cuma setengah-setengah kendaraan susah lakunya, belum lagi kalau mental belum rela melepas kendaraan ya gak bakal kejual deh. Termasuk juga mental ketemu pembeli yang tidak menyenangkan seperti menjelek-jelekkan kendaraan kita di depan kita sendiri.

  • Bagi kendaraan yang sudah di modif menurut saya baiknya preteli saja part modifnya dan pasang lagi part standarnya, kenapa? mostly calon pembeli itu akan melihat harga pasar dan sudah mematok target harga mereka disitu tapi ya mungkin akan ada juga satu - dua orang yang selera modifnya sama dan mau menghargai part modif jadi harga jual diatas harga pasaran. Pengalaman saya yang baru jual si biru ER6F saya, hampir semua part modif saya pretelin dan jual terpisah duluan kemudian baru motor dijual. Hasilnya 66 juta buat motor yang sudah berjalan 34,735km dan hampir 5 juta buat part asesorisnya yang terjual semua dalam waktu relatif cepat, sehingga total harga motor hampir mencapai 72 juta, yah not bad lah buat yang kilometernya udah keriting. Selain itu jual part standar kadang lebih susah lo dibanding aftermarket.


  • Bersihkan kendaraan anda sampai bersih dan kinclong kalau perlu ya masuk salon. Spend uang lebih supaya kendaraan jauh terlihat kinclong seperti baru itu sangatlah worthed lo. Apalagi salon punya chemical yang benar-benar merontokkan kotoran plus kembali membuat kinclong seperti baru. Tapi hati-hati dengan efeknya...... bisa jadi gak jadi dijual, hahaha. Kalau potential buyer dari pandangan pertama saja sudah jatuh cinta pengalaman saya ada minus-minus dikit tidak masalah bagi mereka

  • Mensamarkan bekas lecet, jatuh, cat mengelupas, dll. Ini penting juga untuk mensamarkan luka yang ada di kendaraan. Kalau cat hitam bisa pakai cat pylox yang di semprot ke kertas / plastik kemudian kita totol pakai filter bekas rokok baru di oles ke bagian yang mau di cat. kalau buat body bisa pakai cat kecil seperti kutek yang banyak dijual di online / ACE hardware karena warna catnya sudah pasti sama dengan warna cat kendaraan. Kalau kepepet bisa pakai kutek yang warna nya paling mendekati

  • Servis kendaraan? menurut saya sih gak perlu karena pemilik baru biasanya nanti akan membawa kembali kendaraan ke bengkel untuk ganti oli dan servis sekalian cek-cek kekurangan kendaraan. Lebih baik siapkan saja track record maintenance kendaraan yang akan dijual karena ini bisa jadi nilai jual lebih kalau track record maintenance jelas. Saya seringnya ya servis kendaraan sendiri di rumah tapi selalu saya catat juga apa saja yang dikerjakan, waktu, dan bacaan odometernya.

  • Jujur pada calon pembeli. Misalkan ada kenyataan pahit pada kendaraan baiknya bilang saja pada calon pembeli atau ya diam saja asalkan tidak ditanya, hehehe Dalam hal ini juga jujur tidak memundurkan kilometer ya demi harga jual yang lebih tinggi. Ini menurut saya sama saja kita makan uang haram karena banyak mudaratnya seperti servis interval yang berubah semua kalau di mobil jadwal servis besar atau ganti timing belt jadi berubah dan resikonya bisa fatal.

  • Jual lah kendaraan sebelum lebaran. Akan banyak orang yang punya THR dan biasanya akan cari kendaraan baru untuk dipakai pulang kampung untuk pamer gengsi (ini gak usah dipungkiri yah). Sebelum lebaran harga kendaraan bekas biasanya akan meninggi dan suka pada jual mahal gak mau nurunin harga karena memang banyak yang cari. Setelah lebaran biasanya harga lebih turun karena banyak yang jual juga.

  • Iklankan kendaraan di grup FB kendaraan tersebut, penghuni grup FB tersebut isinya para pemakai atau para calon pemakai yang sedang mencari kendaraan yang pengetahuannya juga lebih tinggi untuk kendaraan yang mau dibeli. Si biru waktu itu di iklankan jam 10.30 tidak sampai jam 11.00 sudah 2 orang mengontak dan jam 14.30 sudah dibayar lunas motornya. Jual di OLX juga tidak ada salahnya cuma biasanya banyak juga yang mau nipu dan cuma sms-sms saja.

  • Selalu taruh harga diatas expected price kita, kalau ditanya net berapa juga kasih turun sedikit saja. Contoh: saya buka si biru di 70 jt (expected saya minimal laku di 60-an) ditanya net saya turunkan ke 68. Buyer awalnya tawar di 64 akhirnya ketemu lah harga di tengah yaitu 66. 

  • Pembeli yang serius adalah yang intens menawar harga dan bertanya tentang kendaraan tersebut, so be serious too..... kadang kita menahan beberapa jam saja sudah dapat kendaraan lain pembeli tersebut apalagi menahan beberapa hari kan? belum tentu nantinya akan ada yang menawar lebih tinggi, malah bisa jadi lebih rendah karena kendaraan selalu terdepresiasi

  • COD di rumah atau medan yang kita paham betul. Apabila rumah ada di komplek satu pintu seperti cluster, seandainya pembeli mau test ride mulailah dari pos security saja dan test didalam komplek saja. Ingat lo banyak kejadian kendaraan dibawa kabur ketika di test, atau test ride di dalam parkiran mall / kantor dan tiket keluar kita yang pegang. COD diluar minimal kita juga ada teman yang menemani dan harus selalu waspada.

  • Always use transfer fund, jangan minta bayar cash ya. Ini untuk keselamatan diri sendiri, kadang hanya karena uang 500 ribu saja nyawa bisa melayang. Ketika transfer pun juga make sure dulu uang betul-betul masuk ke rekening dan kalau bisa kita sendiri yang melihat proses transfernya.

  • Persiapkan dokumen-dokumen kendaraan seperti, kunci cadangan, STNK, BPKB, dan Faktur.


Semoga bermanfaat dan berhasil.....