Saturday, July 8, 2023

Review Center Dop / Penutup Roda Velg Kaleng

 Velg dan Ban..... menurut saya merupakan bagian eksterior mobil yang kalau sedikit saja kita berikan touch up maka efek visualnya langsung jelas terlihat. Baik itu melakukan pergantian velg, ubah size ban, maupun permainan warna velg. Sejak ambil Sigra September tahun lalu, saya paling kurang sreg sama bagian velg nya memang, velg masih standar dan menggunakan penutup velg / dop roda yang sayangnya dop tersebut udah banyak lecet maupun terkelupas cat silvernya.


Mau ganti velg bisa saja tapi kok sayang karena ujung-ujungnya toh mobil ini kalau saya pindah tugas pasti akan saya jual kembali di Balikpapan, mau cat ulang dop nya kok mahal juga ditawari harga Rp. 700,000 - Rp. 1,000,000 (dengan cat Suzuka - Danagloss) malahan hampir seperti beli dop ori yang baru, mau beli dop model lain kuatir dengan build qualitynya atau bentuk actualnya kurang bagus dan tetap harus diberikan cable ties sebagai proteksi.




Akhirnya pilihan datang ke model dop yang kecil hanya menutup bagian center velg saja, dengan modal sekitar Rp. 200,000 beli online dari Jawa Barat sampai delivery ke Balikpapan. Seller punya beberapa model yang di lem saja tanpa jepit baut dan yang jepit baut. Ketika saya mau beli yang model di double tape, sang owner malah tidak merekomendasikan karena beberapa case buyer sering kesulitan ketika memasang baut sehingga saya belilah yang model jepit baut.

Before dengan dop standar


Before setelah copot dop standar

Proses pemasangan cukup mudah, supaya presisi maka semua ban di dongkrak satu per satu dan di copot semua bautnya, masukkan dop, lalu pasang lagi dengan dijepit oleh baut roda. Pastikan pemasangan baut sudah merata dulu sebelum dikencangkan bersama-sama, ini supaya meyakinkan velg sudah terpasang dengan benar. Hasilnya bisa kita lihat dibawah ini, langsung terlihat berbeda kan.


After



Alhamdulillah sudah test jalan total hampir 1,000 km penuh muatan dan hi speed juga via tol Balikpapan Samarinda so far tidak ada masalah maupun kendala berarti. Mekanik langganan yang sempat lihat juga malah dia pikir saya ganti velg.

Semoga berguna......







No comments:

Post a Comment