Wednesday, July 18, 2018

Captiva Ngempos - Problem Solved

Ngempos..... sudah jadi  habit di captiva diesel face lift 2012 milik bapak saya, akhir-akhir ini malah kebiasaan ngemposnya sering kumat. Gejalanya kurang lebih ketika sedang jalan kemudian mau tambah gas malah mesin no respon hanya meluncur begitu saja. Cara menanggulanginya ya lepas gas kemudian injak lagi tapi itu semua hanya sementara saja nanti bakal kumat lagi.




Analisa saya dan berdua bapak kemungkinan dari bahan bakar, konsultasi dengan mekanik chevy orang Bekasi dia menyarankan untuk fuel system flush dengan aditif khusus yang dituangkan di tangki bahan bakar. Nama chemicalnya adalah 983 micro flex dari Tunap yang berkhasiat untuk membersihkan sampai injector. Efek pemakaian aditif ini bikin tarikan mesin sangat enteng dan ringan serta konsumsi bahan bakar menurun drastis. Tapi beberapa bulan kemudian ngempos nya kembali kumat sampai di July ini kami putuskan ke bengkel khusus Badak di BAR (Badak Auto Raya) Serpong.





Chit chat dengan kepala mekanik dan langkah pertama adalah doi geber-geber di stasioner dan kelihatan memang ngebul banget ini badak punya bokap, kecurigaan sementara adalah hose turbo yang bocor. Mobil test drive sekalian dikasih tau kurang-kurangnya apa saja.
Setelah muter-muter test drive pekerjaan pertama adalah purging ruang bakar menggunakan aditif sekalian masukin aditif ke oli untuk flushing oli.



Selesai purging dan ganti oli dilanjut dengan bongkar turbo dak (turbo hose) yang ada dibawah accu and kotak sekering berarti sebelah kiri mobil (sebelah kanan sudah pernah diganti satu set di beres karena sobek)



Akhirnya benar dugaan sang kepala mekanik ada sobek di hose turbonya dan kotoran oli sudah nyiprat kemana-mana di ruang mesin. Asiknya di bengkel BAR ini hose yang pecah bisa diakali tidak perlu beli sampai klem-klemnya tidak seperti di Beres. Biayanya hanya Rp. 500,000 saja beda dengan beres yang klaim sampai Rp. 2,300,000 karena harus satu set sampai klem nya diganti baru karena satu housing.



Alhamdulillah akhirnya si Badak kesayangan tidak pernah ngempos lagi sampai sekarang dan moga-moga juga gak makan oli lagi seperti sebelumnya

semoga bermanfaat.....
*** yang mau ke BAR baiknya chat dulu dengan pihak bengkel bikin perjanjian karena memang man power terbatas dan banyak kendaraan juga yang menginap