Ninja650 2017….. atau dikenal dengan ER6F new generation
2017. Artikel kali ini akan membahas mengenai N650 terbaru gimana feel and
impressionnya terutama setelah dibandingkan dengan old N650 keluaran tahun 2012
yang pernah saya pelihara kurang lebih selama 3 tahun. Kebetulan sekali teman
saya lagi dapat pinjaman unit dari seseorang so mostly ini review dari big
bro saya Muhammad Taufik yang sudah jajal sejauh 1,400 km dalam 2 minggu,
sedangkan saya sempat icip geber-geber dan ride santai di sekitaran Episentrum
Kuningan. My big bro ini juga sama dengan saya sempat pelihara old N650 selama
2 tahun dengan millage yang fantastis kalau saya sampai di 34,000 km saja.
Gimana riding impressionnya? Cekidot….
Salah satu
perbedaan yang saya rasakan diawal-awal adalah panas, panas yang dulu dirasakan sangat menyengat
disekitaran paha kadang terasa
sampai muka ketika bermacet-macetan tidak dirasakan lagi pada New Ninja
650 ini. Kalau diintip di belakang radiator terlihat fan yang punya housing mengarahkan udara panas ke arah bawah tidak seperti old N650 yang udara panasnya menyebar kemana-mana.
Selain itu handling
juga terasa lebih ringan, lincah dan agresif untuk ukuran motor 650 sport
tourer. Motor terasa jauh lebih nurut dan predictable, mungkin efek pengurangan
bobot dan swing arm yang baru dan pemindahan titik berat yang cenderung lebih
condong maju kedepan, malahan
saya merasa seperti sedang bawa N250 dengan tenaga yang lebih besar for sure.
Suspensi yang baru dirasa jauh
lebih empuk dibandingkan dengan pendahulunya, terasa lebih mengayun ketika
berada di tikungan namun mungkin karena ini adalah standar nya atau mungkin
masalah bobot pengendaranya juga
(bro Taufik quotes). Seharusnya ini bisa di perbaiki dengan menaikkan setelan suspensi atau
upgrade ke ban premium
Kopling juga sudah di upgrade dengan
teknologi "Assist & slipper clutch" sehingga tarikan ringan serta tidak terlalu bikin pegal
ketika bermacet ria.
Tarikan mesin terasa lebih lembut, power delivery-nya terasa sangat smooth di RPM bawah dengan tenaga yang terasa tetap mengisi
sampe ke RPM atas khas motor sport. Karakter
mesin seperti ini yang
dirasakan benar - benar baru dimana linear serta lebih mudah di manage jika di bandingkan dengan old N650. Even back
torque ketika menutup gas secara spontan yang sangat menyiksa khas ER6 /
N650 tidak terasa lagi disini, hanya saja pada rentan RPM 6000/7000
hingga ke 11000 bro Taufik merasakan vibrasi yang agak lumayan dibanding old N650. Bisa dikatakan N650 baru lebih jinak
dari N650 lama yang membuat rider terpontal-pontal dengan hentakan torsi serta
back torque nya apalagi kalau old N650 sudah ganti knalpot aftermarket. Dari suara
mesin new N650 ini juga masih memiliki suara yang khas 2 silinder inline
pendahulunya dan sama seperti
ninja 250.
Salah satu
improvement yang paling terasa bagi
bro Taufik adalah sisi pengereman. New N650 ini sudah memiliki fitur ABS dan menggunakan
kaliper terbaru dari Nissin yang terkesan lebih compact namun memiliki daya
pengereman yang sangat tinggi
(Old N650 menggunakan master rem Nissin serta caliper Tokico). Menurut bro
Taufik ketika di compare dengan Z800 miliknya
malah masih terasa lebih baik N650 yang membuat nya semakin pede serta menyenangkan untuk bermanuver dengan kondisi
High Speed dan juga filtering pada saat macet.
Dari segi ergonomi
terasa sedikit lebih sporty dari
N650 yang lama, mungkin
karena posisi stang nya sedikit lebih maju kedepan dengan model stang jepit tapi stang masih di posisikan
diatas kursi rider demi esensi sport touringnya.
Dan terakhir
konsumsi BBM didapatkan
1:23 untuk perjalanan luar kota dan 1:18 untuk dalam kota dengan knalpot yang masih standar
tapi kapasitas tangki sedikit menurun dari 16 liter menjadi 15 liter. Mostly fuel consumption masih relatif sama dengan old N650
Pro :
- Motor nyaman
dipakai buat harian
- Cocok dipakai
touring dengan posisi ergonomi stang yang masih diatas jok
- Tenaga yang lebih
smooth dan predictable
- Tampilan yang jauh
lebih sporty di banding pendahulu nya serta turunan dari N1000 kakaknya
- Kaki rider bisa menapak sempurna dimana di pendahulunya masih agak jinjit
Cons :
- Untuk harga dari
varian terbawah berada di kisaran 164-165 juta yang menurut kami overprice, mungkin jika di
pasang di rentan 130-150 bisa lebih menggaet konsumen yang ingin bermain moge
di entry level.
- Moge look kurang tidak seperti old
N650 karna body karena
terlalu ramping jadi sering
dikira new N250.
Verdict:
- Motor ini nyaman
dan menyenangkan namun pride nya agak kurang, cocok untuk moge entry dan untuk
orang yang tidak memperdulikan perkataan orang lain. - Feels and look seperti N250 dengan tenaga yang hampir 3 kali
lipat.
- Motor yang benar
benar baru dibandingkan dengan pendahulu nya dengan karakter mesin dan handling
yang benar benar baru, cocok untuk merasakan moge entry level.
Semoga berguna…..
Tulisan ini juga untuk mengenang sahabat kami Taufik yang passed away 15 September 2018. You will be missed bro...
Tulisan ini juga untuk mengenang sahabat kami Taufik yang passed away 15 September 2018. You will be missed bro...
No comments:
Post a Comment