Monday, August 13, 2018

Review New Ninja 650 ER6F MY 2017 - 1,400 Km Bersama


Ninja650 2017….. atau dikenal dengan ER6F new generation 2017. Artikel kali ini akan membahas mengenai N650 terbaru gimana feel and impressionnya terutama setelah dibandingkan dengan old N650 keluaran tahun 2012 yang pernah saya pelihara kurang lebih selama 3 tahun. Kebetulan sekali teman saya lagi dapat pinjaman unit dari seseorang so mostly ini review dari big bro saya Muhammad Taufik yang sudah jajal sejauh 1,400 km dalam 2 minggu, sedangkan saya sempat icip geber-geber dan ride santai di sekitaran Episentrum Kuningan. My big bro ini juga sama dengan saya sempat pelihara old N650 selama 2 tahun dengan millage yang fantastis kalau saya sampai di 34,000 km saja.

Gimana riding impressionnya? Cekidot….




Salah satu perbedaan yang saya rasakan diawal-awal adalah panas, panas yang dulu dirasakan sangat menyengat disekitaran paha kadang terasa sampai muka ketika bermacet-macetan tidak dirasakan lagi pada New Ninja 650 ini. Kalau diintip di belakang radiator terlihat fan yang punya housing mengarahkan udara panas ke arah bawah tidak seperti old N650 yang udara panasnya menyebar kemana-mana.



Selain itu handling juga terasa lebih ringan, lincah dan agresif untuk ukuran motor 650 sport tourer. Motor terasa jauh lebih nurut dan predictable, mungkin efek pengurangan bobot dan swing arm yang baru dan pemindahan titik berat yang cenderung lebih condong maju kedepan, malahan saya merasa seperti sedang bawa N250 dengan tenaga yang lebih besar for sure.



Suspensi yang baru dirasa jauh lebih empuk dibandingkan dengan pendahulunya, terasa lebih mengayun ketika berada di tikungan namun mungkin karena ini adalah standar nya atau mungkin masalah bobot pengendaranya juga (bro Taufik quotes). Seharusnya ini bisa di perbaiki dengan menaikkan setelan suspensi atau upgrade ke ban premium



Kopling juga sudah di upgrade dengan teknologi "Assist & slipper clutch" sehingga tarikan ringan serta tidak terlalu bikin pegal ketika bermacet ria.

Tarikan mesin terasa lebih lembut, power delivery-nya terasa sangat smooth di RPM bawah dengan tenaga yang terasa tetap mengisi sampe ke RPM atas khas motor sport. Karakter mesin seperti ini yang dirasakan benar - benar baru dimana linear serta lebih mudah di manage jika di bandingkan dengan old N650. Even back torque ketika menutup gas secara spontan yang sangat menyiksa khas ER6 / N650 tidak terasa lagi disini, hanya saja pada rentan RPM 6000/7000 hingga ke 11000 bro Taufik merasakan vibrasi yang agak lumayan dibanding old N650. Bisa dikatakan N650 baru lebih jinak dari N650 lama yang membuat rider terpontal-pontal dengan hentakan torsi serta back torque nya apalagi kalau old N650 sudah ganti knalpot aftermarket. Dari suara mesin new N650 ini juga masih memiliki suara yang khas 2 silinder inline pendahulunya dan sama seperti ninja 250. 

Salah satu improvement yang paling terasa bagi bro Taufik adalah sisi pengereman. New N650 ini sudah memiliki fitur ABS dan menggunakan kaliper terbaru dari Nissin yang terkesan lebih compact namun memiliki daya pengereman yang sangat tinggi (Old N650 menggunakan master rem Nissin serta caliper Tokico). Menurut bro Taufik ketika di compare dengan Z800 miliknya malah masih terasa lebih baik N650 yang membuat nya semakin pede serta menyenangkan untuk bermanuver dengan kondisi High Speed dan juga filtering pada saat macet.



Dari segi ergonomi terasa sedikit lebih sporty dari N650 yang lama, mungkin karena posisi stang nya sedikit lebih maju kedepan dengan model stang jepit tapi stang masih di posisikan diatas kursi rider demi esensi sport touringnya.

Dasboard pun juga sudah diupdate lebih fresh dan sama seperti line up Kawasaki yang lebih baru.



Dan terakhir konsumsi BBM didapatkan 1:23 untuk perjalanan luar kota dan 1:18 untuk dalam kota dengan knalpot yang masih standar tapi kapasitas tangki sedikit menurun dari 16 liter menjadi 15 liter. Mostly fuel consumption masih relatif sama dengan old N650

Pro
- Motor nyaman dipakai buat harian
- Cocok dipakai touring dengan posisi ergonomi stang yang masih diatas jok

- Tenaga yang lebih smooth dan predictable 

- Tampilan yang jauh lebih sporty di banding pendahulu nya serta turunan dari N1000 kakaknya

-  Kaki rider bisa menapak sempurna dimana di pendahulunya masih agak jinjit



Cons
- Untuk harga dari varian terbawah berada di kisaran 164-165 juta yang menurut kami overprice, mungkin jika di pasang di rentan 130-150 bisa lebih menggaet konsumen yang ingin bermain moge di entry level.

- Moge look kurang tidak seperti old N650 karna body karena terlalu ramping jadi sering dikira new N250.


Verdict:
- Motor ini nyaman dan menyenangkan namun pride nya agak kurang, cocok untuk moge entry dan untuk orang yang tidak memperdulikan perkataan orang lain. - Feels and look seperti N250 dengan tenaga yang hampir 3 kali lipat.

- Motor yang benar benar baru dibandingkan dengan pendahulu nya dengan karakter mesin dan handling yang benar benar baru, cocok untuk merasakan moge entry level.



Semoga berguna…..