Ngelitik..... atau knocking sudah jadi momok bagi pemilik grand livina baik yang lama atau yang generasi baru ANGL. Mesin HR15DE ini emang punya penyakit bawaaan ngelitik baik yang selalu pakai RON 92 dan lebih parah lagi buat yang langganan pakai RON dibawah 92. Untuk antisipasi kualitas BBM yang jelek ini dan mengurangi efek ngelitik, Silvi saya sudah pasang broquet yang artikelnya saya taruh disini. Tapi setelah 2 tahunan pemakaian mobil atau sekitar 25,000 km kok mulai timbul ngelitik di livina saya ini ya??? cukup sering memang saya isi premium dan akhir-akhir ini minimal isi pertalite serta pertamax jarang-jarang.
Beberapa teman-teman di grup Livina melakukan engine cleaning alias di gurah supaya hilang ngelitiknya dan berhasil, sedangkan saya karena penasaran apakah bisa tanpa gurah akhirnya saya coba pakai STP complete fuel system botol abu-abu seharga kurang dari Rp. 90,000 karena salah satu khasiatnya adalah menghilangkan ngelitik.
Ok langsung isi pertamax 92 dan tuang 1 botol full serta harap-harap cemas dengan hasilnya. Tapi setelah satu cycle isi bensin lagi yaitu sekitar 300 km tidak ada perubahan berarti alias masih ngelitik meski tidak semakin parah.
Langkah kedua saya pakai aditif ecoracing karena di klaim menaikkan oktan, membersikan saluran bahan bakar, serta menghilangkan ngelitik seharga Rp. 10,500 per tabletnya. Berdasarkan petunjuk pemakaian 1 tablet untuk 20 liter bensin menaikkan 4 bilangan RON sedangkan untuk 40 liter bensin menaikkan 2 bilangan RON. Supaya lebih joss saya isi pertamax RON 92 plus 2 butir ecoracing sekaligus, besoknya ketika coba respon mesin ngelitiknya hilang total dan tidak kembali lagi sampai saya isi bensin lagi. Tarikan jadi tambah enteng tapi tidak terlalu signifikan, yang penting suara ngelitik hilang saya sudah puas. Mungkin berhasil karena taraf ngelitik Silvi saya masih tipis saja kali ya belum sampai taraf berat sampai tenaga mesin drop jadi gak tau pengaruhnya kalau sudah ngelitik berat apa bisa sembuh dengan ecoracing apa tidak.
Isi bensin terakhir saya coba pakai pertalite dan masukkan 1 butir ecoracing, sepertinya 2 cycle selanjutnya saya mau coba pertalite tanpa ecoracing bakal kembali lagi gak ya knockingnya? nanti akan saya update lagi di blog ini. After 3 cycle pakai Pertalite, ngelitik halus mulai terdengar akhirnya saya masukkan lagi 1 tablet ketika isi Pertalite dan berhasil menghilangkan cycle. Setelah 2 bulanan sepertinya setiap 2 - 3 cycle isi Pertalite harus kembali lagi memasukkan ecoracing 1 tablet untuk menghilangkan knocking tipisnya.
Saat ini tiap isi pertalite saya selalu masukkan ecoracing 1 tablet dan mobil kembali bebas ngelitik.
Another update setelah berbulan-bulan rajin isi pertalite dan eco racing lama-lama tetap keluar lagi ngelitik halus nya. Seperti nya tetap harus di selang seling dengan pertamax. Ketika parah sempat sekali waktu saya masukkan STP yang botol abu-abu di atas yang complete fuel system dan ternyata berhasil dengan bensin tetap pertalite.
Saat ini tiap isi pertalite saya selalu masukkan ecoracing 1 tablet dan mobil kembali bebas ngelitik.
Another update setelah berbulan-bulan rajin isi pertalite dan eco racing lama-lama tetap keluar lagi ngelitik halus nya. Seperti nya tetap harus di selang seling dengan pertamax. Ketika parah sempat sekali waktu saya masukkan STP yang botol abu-abu di atas yang complete fuel system dan ternyata berhasil dengan bensin tetap pertalite.
Oh iya, ada cara lagi menghilangkan ngelitik dan berhasil yaitu ITU (Italian Tune Up). Ini juga berhasil ketika saya road trip ke Jawa di tol Cipali sempat saya geber sampai 170 kpj dan cukup lama RPM 6,000 mungkin sekitar 1 menit. Hasilnya blas hilang juga ngelitiknya meski lama-lama akan timbul lagi setelah rajin isi Pertalite. Menurut saya buat ngejar RPM tinggi tapi speed rendah bisa dengan cara memasukkan ke gear 1 or L dan tekan gas dalam-dalam cuma kasihan aja gearbox dan mesinnya ya.
semoga bermanfaat....
apakah masih pakai eco racing sampai saat ini ?
ReplyDeletekira2 eco racing meninggalkan residu di tanki bensin nggak ya ?
Masih pakai om. Tidak tahu ada residu atau tidak om
DeleteTapi ya lama2 ngelitik juga kalau mobil jarang di geber dan gak pernah isi pertamax lagi.
awalnya sempat kepikiran coba pake BRQ karena ngelihat reviewer otomotif pada pake.
ReplyDeletesetelah baca blog ini saya yakin semua livina akan ngelitik pada akhirnya...wkwkwwk.tidak ada obat yang mutlak bisa menghilangkan penyakit bawaan.
Saya juga pakai broquet om tapi ya ngelitik juga akhirnya. Hahaha
DeleteArtikel ada disini https://andarupratomo.blogspot.com/2016/08/upgrade-grand-livina-part-ii-fuel.html?m=1
sangat bermanfaat om, setelah sekian lama pakai BRQ ini apakah FC nya masih mantap om ? terima kasih
ReplyDeleteSaya gak pernah itung itung lagi om wahyu soalnya mobil sering nya jadi genset buat ngadem pas jemput anak anak sekolah.
DeleteTapi balik lagi sebenarnya ke kaki kanan kita kalau disekolahin dan injak gas halus halus saja pasti bisa irit
mohon masukannya apakah penggunaan BRQ di livina msh ckp bermanfaat dlm jangka waktu yg lama...? dr sisi FC dan Ngelitik nya.
DeleteBoleh saya bilang bermanfaat om dari sisi FC dan membantu ketika kita pakai bensin oktan rendah. Hanya saja setelah 2 tahunan harus dibantu jamu yang lain seperti stp dan Eco racing misalnya untuk hilangkan ngelitik halus nya
DeleteUntuk urusan ngelitik ada banyak penyebab lain selain bensin rendah oktan seperti kotornya ruang bakar, throttle body, air manifold, atau EGR yang kotor
Untuk Italian Tune Up saya sudah praktekkan, Sebelumnya Saya mengalami hal yang sama di Livina HWS. Baru minggu kemarin saya bawa keluar kota (Cirebon-Cilegon PP) kecepatan rata-rata 110-120 kpj dengan putaran mesin di kisaran 4000-5000rpm. Setelah kembali lagi di kota cirebon dan banyak jalan stop and go jika dirasa-rasakan knocking sudah menghilang, namun untuk gigi mundur knocking masih terasa....
ReplyDeleteMungkin durasi ITU nya kurang lama om. Tapi memang paling berpengaruh ya ITU. Makasih sudah mampir
Delete