Monday, August 27, 2018

Hilangkan Ngelitik Livina Tanpa Gurah

Ngelitik..... atau knocking sudah jadi momok bagi pemilik grand livina baik yang lama atau yang generasi baru ANGL. Mesin HR15DE ini emang punya penyakit bawaaan ngelitik baik yang selalu pakai RON 92 dan lebih parah lagi buat yang langganan pakai RON dibawah 92. Untuk antisipasi kualitas BBM yang jelek ini dan mengurangi efek ngelitik, Silvi saya sudah pasang broquet yang artikelnya saya taruh disini. Tapi setelah 2 tahunan pemakaian mobil atau sekitar 25,000 km kok mulai timbul ngelitik di livina saya ini ya??? cukup sering memang saya isi premium dan akhir-akhir ini minimal isi pertalite serta pertamax jarang-jarang.



Ngelitik sering timbul ketika di kecepatan rendah dibawah 20 kpj ketika injak pedal gas. Awalnya hanya ngelitik tipis saja dan terdengar ketika buka kaca tapi kok lama-lama mulai terdengar kencang suaranya ya meski tidak sampai terdengar di kabin kalau sedang tutup kaca full. Ngelitik mulai parah terdengar setelah saya isi mobil pakai Shell super yang RON nya 92 padahal sebelumnya saya kasih pertalite atau pertamax ngelitik tipis saja. Entah ini kebetulan atau bukan setelah isi Shell super ngelitik agak berat.


Beberapa teman-teman di grup Livina melakukan engine cleaning alias di gurah supaya hilang ngelitiknya dan berhasil, sedangkan saya karena penasaran apakah bisa tanpa gurah akhirnya saya coba pakai STP complete fuel system botol abu-abu seharga kurang dari Rp. 90,000 karena salah satu khasiatnya adalah menghilangkan ngelitik. 

Ok langsung isi pertamax 92 dan tuang 1 botol full serta harap-harap cemas dengan hasilnya. Tapi setelah satu cycle isi bensin lagi yaitu sekitar 300 km tidak ada perubahan berarti alias masih ngelitik meski tidak semakin parah.


Langkah kedua saya pakai aditif ecoracing karena di klaim menaikkan oktan, membersikan saluran bahan bakar, serta menghilangkan ngelitik seharga Rp. 10,500 per tabletnya. Berdasarkan petunjuk pemakaian 1 tablet untuk 20 liter bensin menaikkan 4 bilangan RON sedangkan untuk 40 liter bensin menaikkan 2 bilangan RON. Supaya lebih joss saya isi pertamax RON 92 plus 2 butir ecoracing sekaligus, besoknya ketika coba respon mesin ngelitiknya hilang total dan tidak kembali lagi sampai saya isi bensin lagi. Tarikan jadi tambah enteng tapi tidak terlalu signifikan, yang penting suara ngelitik hilang saya sudah puas. Mungkin berhasil karena taraf ngelitik Silvi saya masih tipis saja kali ya belum sampai taraf berat sampai tenaga mesin drop jadi gak tau pengaruhnya kalau sudah ngelitik berat apa bisa sembuh dengan ecoracing apa tidak.



Isi bensin terakhir saya coba pakai pertalite dan masukkan 1 butir ecoracing, sepertinya 2 cycle selanjutnya saya mau coba pertalite tanpa ecoracing bakal kembali lagi gak ya knockingnya? nanti akan saya update lagi di blog ini


Oh iya, ada cara lagi menghilangkan ngelitik dan berhasil yaitu ITU (Italian Tune Up). Ini juga berhasil ketika saya road trip ke Jawa di tol Cipali sempat saya geber sampai 170 kpj dan cukup lama RPM 6,000 mungkin sekitar 1 menit. Hasilnya blas hilang juga ngelitiknya meski lama-lama akan timbul lagi setelah rajin isi Pertalite. Menurut saya buat ngejar RPM tinggi tapi speed rendah bisa dengan cara memasukkan ke gear 1 or L dan tekan gas dalam-dalam cuma kasihan aja gearbox dan mesinnya ya.
Foto dari FB

semoga bermanfaat....