Thursday, August 9, 2018

Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin

AC... air conditioner jadi andalan untuk mengatasi suhu yang panas baik itu ketika didalam bangunan atau di kendaraan. Bagaimana jika udara kelewat panas dan AC sampai-sampai tidak berpengaruh banyak meski setelan temperatur sudah paling mentok dan fan nya sudah paling kencang? nah kali ini saya mau coba berbagi tips dan trick supaya AC mobil lebih dingin





Servis AC mobil anda secara berkala, recommended setiap 18 bulan (1.5 tahun) at least cuci evaporator yang ada di dalam kabin dan ganti freon. Mobil saya si Silvi setelah 2 tahunan baru servis AC meski filter kabin AC rutin diganti setiap 6 bulan tetap saja di evaporator ada kotoran membandel dan berlendir. 

Idealnya AC mobil dengan thermometer diposisikan di  kisi-kisi AC harus bisa mencapai 6 deg C apabila masih diatas itu suhunya perlu di cek ulang oleh bengkel AC mobil. Bengkel AC langganan saya menyarankan untuk ganti oli compressor AC baiknya setelah 3 tahun saja. Sedangkan untuk servis AC cuci evaporator dengan dilepas dan ganti freon biayanya sekitar Rp. 250,000



Ganti kaca film dengan yang lebih gelap. Silvi saya kebetulan masih pakai kaca film bawaan dari Nissan yaitu solar gard 60% tapi UV nya masih bisa tembus sekitar 45% kalau tidak salah. Nah kaca film bawaan ini saya timpa dengan kaca film Nexgard type premium untuk kaca pengemudi dan penumpang depan kasih 40% sedangkan sisanya ke arah belakang 60%. Kaca film windshield lama saya copot dan ganti dengan Nexgard premium 30%. 

Hasilnya sangat memuaskan bagian row kedua sampai belakang gelap dan adem serta AC hanya perlu di speed 1 serta temperature tidak perlu maksimum dinginnya, kadang malah saya kedinginan di Jakarta ini. 

Buat jalan malam dengan konfigurasi yang saya sebut diatas juga masih OK kaca spion bisa terlihat jelas dan bagian belakang memang gelap tidak silau dengan lampu kendaraan, untuk parkir mundur tidak ada kendala karena Silvi sudah pakai kamera mundur. 

Total biaya untuk pemasangan kaca film full ini hanya Rp. 1,350,000 dengan proses pemasangan sekitar 1 jaman dan harus puasa tidak buka tutup jendela atau ngelap kaca bagian dalam selama 3 hari. Selain tambah adem, kaca film juga menambah keamanan karena tidak terlihat yang nyupir siapa dan meminimalisir dari kejahatan.

Silvi saya yang posisi jauh dari kamera. Livina yang dekat kamera masih kaca film standar

Setelah lapis kaca film, temperatur didalam mobil menjadi tidak terlalu tinggi seperti sebelumnya ketika mobil di jemur. Supaya mobil cepat dingin setelah terjemur begini tricknya: 
  • Nyalakan AC dengan medium power saja 
  • Atur arah hembusan ke arah kaki 
  • Buka jendela sedikit 
Udara dingin lebih berat dari udara panas sehingga posisinya akan ada di bawah dan udara panas akan terdorong keluar. Setelah dirasa cukup dingin kembalikan lagi arah hembusan seperti semula dan speed AC diturunkan lagi



semoga bermanfaat....




No comments:

Post a Comment