Wednesday, February 26, 2020

Z900 Engine Check On - O2 Sensor

Engine Check Lamp On........ jadi momok yang bikin was-was pemilik kendaraan mengingat kendaraan roda dua dan roda empat saat ini sudah computerize semua. Apalagi kalau engine check menyala diikuti juga dengan penurunan performance engine, problem mechanical ataupun suara - suara asing yang bikin bertanya-tanya. 


Nah ketika Jakarta hujan deras sejak dini hari pada 25 Februari, kebetulan RedZee saya bawa ke kantor pagi hari pukul 05.30 karena masih gelap plus masih hujan tidak terdeteksi adanya genangan air. Alhasil menerjang genangan air sampai air genangan mengguyur helm. Tidak pakai lama lampu engine check menyala tapi mesin dan electrical lainnya just working fine.
From Z900 Forum


Kepikiran mungkin karena sensor yang basah dan belum kering jadi sampai di kantor ditinggal saja dan berharap sore harinya hilang. Sore hari, engine start ternyata belum hilang lalu kembali berharap panasnya mesin yang biasanya sampai 5 bar bisa mengeringkan sensor yang basah.


Ternyata tidak berhasil juga dan terpaksalah melipir ke Kawasaki Bintaro untuk reset engine check dan konsultasi. Menurut pak Joko kepala mekanik dan Ahmad mekanik, Z900 yang sudah ganti header knalpot sering kumat lampu engine check nya, tidak seperti Z900 dengan header standar. Ini kejadian pertama di saya sejak pegang motor ini dari 6,100 km sampai 8,000 km dan terpicu karena terjang genangan air.


Setelah colok laptop ternyata benar yang muncul adalah kode O2 sensor malfunction / short dan ternyata sudah dua kali kejadian dari historynya, mungkin yang dulu pertama kali ketika knalpot baru diganti.
Apabila motor Z900 bro ada engine check on ketika mesin hidup (normalnya setelah mesin hidup harus mati), ini langkah untuk self diagnostic sebelum ke Beres:
  • Nyalakan kunci kontak
  • Posisikan tampilan di odometer
  • Tekan tombol kiri bersamaan dengan tombol kanan dan tahan selama 2 detik
  • Akan muncul nomor error code di dashboard (2 digit)
  • Cocokkan nomor via internet



Setelah bayar jasa sebesar Rp. 85,000 langsung flying low lagi dengan RedZee 
Semoga bermanfaat.....










1 comment:

  1. Jika anda tertarik atau ingin menjadi Web Designer, anda dapat mengunjungi blog yang saya buat :)
    Web Design

    ReplyDelete