Saturday, September 28, 2019

Peremajaan Kaki - Kaki Grand Livina

Gruk..... suara yang semakin sering terdengar di Silvi terutama ketika turun dari polisi tidur, kalau jalanan menikung dan bumpy juga sudah mulai terdengar gluduk gluduk tipis dari roda depan. Karena lumayan menggangu kenyamanan, ketika servis interval 40,000 km saya minta cek kaki-kaki depan dan laporannya semua bagian termasuk shock, ball joint, tie rod OK semua. Kecurigaan mulai mengarah pada support shock yang letaknya ada di bagian atas shock breaker dan sebagian bagiannya terlihat dari balik kap mesin. Setelah menempuh jarak 50,000 km barulah sempat dibawa ke bengkel lagi untuk dilakukan penggantian part yang dimaksud











Benar saja ketika di bongkar dari shock bagian metal dari support shock sudah lepas dari karetnya dan karet juga sudah terasa getas baik itu support shock kanan dan kiri.

Support shock depan besinya sudah terlepas dari karet

Support shock depan yang baru

Support shock depan yang baru


Sekalian juga saya ganti karet tatakanpegas bagian atas shock breaker belakang pakai punya Nissan Xtrail T31 dimana banyak user berikan input karet ini anti ambles untuk Livina yang dimuati full, begitu juga karet support pegas yang bagian bawahnya saya ganti karena sudah pada pecah bisa dengan mudah terlihat kalau kita lihat ke kolong mobil.


Support pegas belakang kanan kiri bagian belakang yagn sudah getas

Support pegas belakang bagian atas Xtrail T31

Support shock belakang bagian bawah Xtrail T31


Hasilnya bagian depan bunyi-bunyi alhamdulillah menjadi hilang dan respon setir menjadi lebih baik. Sedangkan bagian buritan ketika kosong bertambah tinggi belakangnya sekitar 5 jari sebelumnya sekitar 3 jari dengan ban 195/65 R15 dan harusnya sudah anti ambles tapi rasa-rasanya agak jadi keras sedikit. Manuver high speed gimana? Teorinya hrusnya gejala limbung berkurang karena yang belakang lebih keras bantingannya.

Before

Before


After

After

Total damage costnya adalah Rp. 988,000 termasuk jasa dan material
  • tatakan per bagian atas shock belakang Xtrail T31 seharga Rp. 55,000 / each
  • tatakan per bagian belakang shock belakang Xtrail T31 seharga Rp. 55,000 / each
  • support shock depan Rp. 162,500 / each (sudah putus sebelah)
  • karet boot shock depan Rp. 42,500 / each 
  • Total material Rp. 638,000
  • Jasa pemasangan Rp. 350,000 di bengkel langganan



semoga membantu



No comments:

Post a Comment