Monday, October 14, 2019

Kenapa Z900? - Z800 vs Z900 vs GSR 750

4 Silinder..... jadi impian dan cita-cita saya sejak lama karena faktor suaranya dimana bisa mengalami yang namanya eargasm. Setelah selesai menunaikan ibadah suci, maka saya mulai hunting motor 4 silinder yang sesuai untuk kebutuhan saya.




Sebelum membeli motor baiknya dipikirkan lagi tujuan utamanya, kalau saya sih tujuan utamanya ya memang dibawa harian ke kantor bukan sebagai weekend warrior. So motor sudah pasti harus full paper, posisi duduknya tegak, dan gampang ditekuk dalam arti agile serta tidak terlalu berat.


Pilihan mengkerucut pada 3 motor:
  • Suzuki GSR 750, motor ini pernah saya coba singkat dan memang lebih enak handling nya dibanding Z800
Pros:   CBU made in Japan; slim; good looking; esklusif karena sedikit yang punya

Cons:   sudah berumur rata-rata kelahiran 2014; populasi sedikit; ketersediaan spare part jadi pertanyaan; kurang moge look hanya moge sound saja




  • Kawasaki Z800, motor ini pernah saya test harian artikel nya ada di sini
Pros:   Made in Thailand; populasi berlimpah; spare part berlimpah; tampilan intimidatif dan benar-benar moge look

Cons:  Sudah berumur rata-rata 2013 - 2014 kelahirannya; berat serta tinggi (saya harus pakai lowering kit baru lebih pede); agile kalau sudah jalan tapi kalau manuver parkir banyak effortnya



  • Kawasaki Z900

Pros:   Made in Thailand; populasi lumayan berlimpah; spare part seharusnya berlimpah juga berkaca pada Z800 dan ER6; usia masih muda paling tua kelahiran 2017.

Cons:  harga diatas angka psikologis 200 juta (mostly buka harga diatas 250 juta); kalau dibandingkan dengan Z800 si Z900 ini penampilan nya lebih elegan dan tidak segarang kakaknya




Awalnya saya ajak istri lihat-lihat ke showroom moge bekas di area pluit. Disana kebetulan ada Z800 dan GSR750, nah istri rupanya kepincut sama GSR750 tapi karena banyak pertimbangan lain seperti yang saya sebut diatas terutama layanan after sales nya akhirnya GSR750 ini saya eliminasi dari pilihan selain tidak dapat motor GSR750 yang dilepas di pasaran.






Kesempatan kedua saya ajak lihat Z800 dari teman saya dagangan nya om Martin Kirana Big Bike yg memang saya akui kondisi mint dan bagus barangnya. Tapi tetap istri masih kurang sreg meski sudah membolehkan saya ambil. Besok nya saya ajak lagi lihat Z900 milik teman saya dan langsung sreg. Adapun kelebihan Z900 yang jadi pilihan kali ini adalah warna merah, VIN 2018, modif lumayan hedon, dan track record jelas.






Setelah satu mingguan lebih dalam kegalauan karena selisih harga yang relatif jauh (hampir 70 juta), Bismillah akhirnya saya putuskan untuk ambil Z900 milik teman saya ini dengan beberapa part saya kembalikan ke ori nya karena selera.


Welcome home RedZee








No comments:

Post a Comment