Wednesday, February 27, 2019

Perbaikan Performa Shock Depan - Aerox 155

Shock depan...... merupakan salah satu yang saya keluhkan di motor Aerox karena ketika hard breaking dengan rem depan dan jalan keriting sering terasa shock seperti oblak dan klotok-klotok berasa sampai ke stang rider. Ini terjadi lebih parah lagi kalau sedang berboncengan jauh lebih terasa lagi oblaknya.



Berhubung saya panggil mekanik untuk ganti CVT set (artikel bisa dilihat disini) sekalian saja shock depan ini saya garap. Tadinya mau kuras dan ganti semua olinya tapi berhubung cukup menyita waktu dan motor baru clocking 8,000 km di usia 8 bulan akhirnya diputuskan untuk menambah oli shock depan saja 10 mL untuk masing-masing shock.


Oli pun tidak perlu yang special high performance segala macem, tapi kebetulan punya oli shock kawasaki sisa si biru jaman dulu jadi ya pakai ini saja deh


Pekerjaan yang perlu dilakukan adalah:
  • Lepas spakbor dan ban depan 

  • Lepas shock kanan kiri dari segitiga 

  • Dorong penutup shock bagian atas ke arah bawah melawan pegas shock (nomor 14 dorong dan part 16 di congkel pakai obeng)

  • Sambil ditahan lepas ring penganjal penutup shock

  • isi oli shock sebanyak 10 mL (bisa pakai sendok takar obat)

  • Pasang penutup shock atas dengan didorong masuk ke arah bawah melawan pegas shock (nomor 14 dorong dan part 16 pasang kembali posisinya)

  • pasang ring penahan penutup shock

  • pasang shock ke segitiga

  • pasang ban dan spakbor depan


Perlu diingat kalau volume oli shock harus imbang kanan dan kiri supaya imbang kerjanya shock breaker depan
Kalau mau upgrade lagi bisa pasang stabilizer shock depan atau fork brace tapi sayangnya space dengan segitiga bawah sudah dekat sekali bahkan akan mentok stabilizer shock depannya, padahal dengan stabilizer shock depan kalau lewat jalan jelek akan lebih enak bantingannya karena imbang antara kanan kirinya

contoh fork brace alias stabilizer shock


Ok setelah tambah oli shock masing-masing 10 mL kanan kiri apa perubahannya?
  • bantingan terasa lebih rigid dan antep
  • gluduk-gluduk sudah tidak terasa lagi ketika hard breaking di jalan keriting
  • cornering feel dan feedback ban depan lebih enak
  • haluan motor lebih berisik lagi karena saya simpan 2 relay dan modul hazard di balik tebeng depan, ditambah bunyi spakbor extension yang sering beradu dengan bagian bawah depan motor.

semoga berguna......



2 comments:

  1. Kenapa engga sekalian diganti olinya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu ngejar waktu om, selain itu belum waktu nya juga. Dengan tambah 10ml masing masing saja sudah sangat cukup bagi saya

      Delete