Tuesday, April 14, 2015

Touring to Curug Nangka Bogor 12 April 2015


Minggu...... Salah satu hari favorit pilihan saya untuk riding dengan pertimbangan hari libur dan pabrik tutup sehingga kemacetan berkurang. Tapi ya ada efek lain juga yaitu resiko capek and teman yang lain terganggu buat ibadah ke gerejanya.

Touring kali ini diikuti 7 riders saja beberapa decline last minute termasuk akamsi alias anak kampung sini yang orang bogor yg sudah tahu jalan and wisata kulinernya. Yah gak apa untung ada gps dari hp imut yang anti debu and air bisa dipasang di motor. Saya prefer pakai hp karena bisa search location dan melihat traffic meski data harus aktif terus via gmap. Riders yg lain? Rupanya pada save waktu terutama ijin dr keluarga masing-masing untuk event yg lebih menarik yaitu ke Kuningan Jawa Barat yg planningnya 9-10 may 15. Jangan-jangan pada seneng jalan jauh semua ya disbanding jalan dekat, hehehe ada sih satu rider setia yang spesialis jalan dekat pasti ikutan.


As usual tikum jam 6.30 kali ini bertempat di shell tb simatupang, prefer di pom bensin karena ada toilet, mini mart, serta bias isi bensin juga tentunya. Kalau dipikir-pikir sebenarnya  kesiangan enaknya sih jam 6 biar masih seger hawanya. Setelah menunggu sampai 6.45 kami berangkat rombongan 7 riders. Si biru, tiga matic, satu R15, and satu R25 akan jadi teman dalam perjalanan kali ini tujuannya curug Nangka Bogor. Setelah diskusi akhirnya berangkat diputuskan lewat cinere dan sayangkan dengan pertimbangan jalur baru yang belum pernah saya lewati dan menghindari pasar Parung.




Akhirnya sampai juga di first stop yaitu sop ayam pak min dari Klaten yg bertempat di Yasmin seberang RS Hermina Bogor. Alhamdulillah badan hangat lagi setelah late breakfast soalnya sudah pukul 8 baru diisi makanan.

Setelah kenyang dan set gps serta arah tujuan pukul 8.45 kami meluncur melewati Pagelaran -  Ciherang akhirnya sampai juga di curug Nangka, yang jalannya mulai dari Pagelaran adalah jalan kecil yang hanya cukup 2 mobil saja kurang-lebih lebarnya. Ada pos retribusi bayar Rp. 7,500 per orang harusnya bayar Rp. 52,000 tapi ada salah satu rider yang langsung nego dengan bahasa sunda eh bisa bayar Rp. 50,000 saja. Baru maju 50 meter ada lagi pos yang minta bayaran dengan harga yang sama. Rupanya ini pos yg asli karena yg awal tadi pungli pungutan dari desa. Masuk pos kedua langsung hawa sejuk diantara hutan pinus setelah sebelumnya panas terpanggang. Tidak lupa kami foto foto dulu. Waktu menunjukkan sekitar pukul 09.00 rombongan dengan selamat tiba di lokasi curug Nangka





Kalau dibandingkan area hutan pinus ini dari pintu retribusi tidak seberapa jauh kira-kira sekitar 400 meter ke tempat parkir. Lihat-lihat peta yang ada rupanya ada 3 curug yang ada disini yaitu curug Nangka yang paling dekat, curug Daun, dan curug Kawung


Masuk tempat parkir buat parkir ditarik lg Rp. 5,000 per motor. Di nego lagi sama rider dengan bahasa setempat akhirnya 1 motor Rp, 2,000 aja. Haha Dinego bisa ya rupanya termasuk banyak juga nih pungutannya tidak seperti curug cigamea yg dekat situ juga yang Cuma dua kali bayar saja termasuk yang terakhir di tempat parkir.

Masuk ke curug Nangka ini menarik juga, dari parkiran kita berjalan sedikit menanjak sekitar 300 meter melewati pepohonan pinus kemudian kita harus turun kebawah kemudian berjalan menyusuri sungai kecil yang paling dalam sekitar betis saja ketinggian airnya dan kanan kiri nya bebatuan tinggi sehingga kita seperti berjalan di lembah. Awalnya ragu apa benar ini jalan ke curug nya, ternyata setelah sekitar 100 meter barulah curug terlihat. Wah baru kali ini jalan ke curug tidak terlalu melelahkan dan dapat pengalaman baru juga. Gak sabar rasanya ingin ajak krucil kesini karena tidak terlalu melelahkan juga jalan ke curugnya. Logo VICO riders ini juga di resmikan sekalian dimandikan oleh riders yang tidak kuat menahan godaan untuk mandi di curug. Sungguh segar rasanya air curug ini.










Sekitar pukul  11.00 kami meluncur turun dari curug menuju ke rumah orang tua saya di Ciherang sekalian lunch disana. Suguhannya apalagi selain ikan lele segar, nyam nyam….  Nikmatnya







Pukul 13.15 rombongan berjalan lagi menuju Jakarta, kali ini lewat jalur CIherang – Dramaga dan arah Yasmin. Rombongan berpisah 3 riders kea rah raya bogor dan 4 riders belok kiri kearah raya Parung. Seperti biasa kalau pulang setelah di Bogor pasti berpisah demi cepat sampai ke rumah masing-masing.  Seperti biasa saya coba jalur baru lagi yang ternyata tembus di Pamulang, lumayan jalan tidak terlampau rusak hanya macet sebelum masuk pondok Benda tapi masih relative lancar. Dari sini tembus ke BSD lanjut lewat tembusan ke jalan Jomblang dan Alhamdulillah sampai di rumah sekitar pukul 15.00 pas juga dengan adzan Ashar berkumandang.

Thank you riders yang sudah ikutan touring kali ini, sampai jumpa lain waktu