Thursday, April 9, 2015

Cornering Techniques

kalau baca judul diatas kira-kira apa yang terlintas?
teknik menikung begitulah kira-kira kalau di bahasa Indonesiakan.

Menurut saya ya naik motor paling seru ketika cornering ini, disitu terlihat sampai mana batas kita bisa bersinergi antara tubuh dengan motor yang kita kendarai.
Menaklukkan tikungan dengan motor beda dengan mobil, di motor semua bagian tubuh mengambil peranan dan gerakannya sangat mempengaruhi arah motor.
Sedangkan di mobil, pergerakan hanya di kaki bagian bawah dan tangan saja, ibarat kata mau sambil nungging or loncat ya gak bakal ngaruh ke gerakan mobil selama tangan dan kaki piawai.



Sebetulnya tulisan ini saya bikin karena sudah lama lihat gambar yang saya ambil dari internet yaitu gambar dibawah, memang sih saya bukan expert dalam cornering cuma saya suka aja eksperimen dengan teknik-teknik yang ditulis tersebut dan sekedar sharing saja

, many thanks for who create it. Banyak sekali yang bisa digali dari gambar ini


Semua foto diambil dengan berbagai teknik dan di posisi tikungan yang sama.
jadi kira-kira gini kalau diterjemahkan dengan kata-kata:

  1. Rider siting in line with the bike (rider duduk berpelurus dengan motor)
Rider duduk tegak lurus di jok motor sehingga pusat gravitasi dari motor dan rider ada di bagian tengah dari motor. Angle yang didapatkan? 52 degree
Saya suka pakai teknik ini untuk tipe short turn, dan mulai pakai sejak pakai si merah ninja 250R. Cenderung ke santai saja body gesturenya.
  1. Rider above the bike pushing it down (Rider dibagian atas motor mendorong motor ke bawah)
Rider duduk dibagian ats mesin maka berat dari rider akan membuat center dari gravity naik diatas center line dari motor. Sehingga sudut kemiringan motor lebih besar lagi. Angle yang didapatkan? 55 degree
Dulu saya sering pakai teknik ini waktu pakai motor-motor dibawah 250cc, menegakkan motor masih enteng tapi sekarang gak pernah lagi pakai teknik ini kecuali kalau tiba2 terpaksa ngiris kedalam tikungan dikarenakan ada obstacle.
Teknik seperti ini kurang asik aja lihatnya ya genk, hahaha makanya saya tidak pakai teknik ini lagi
  1. Rider hanging off below the bike (Rider bergelantung dibawah motor)
Rider bergantung dibawah motor membuat pusat gravitasi berada di bawah center line motor sehingga motor tidak terlalu miring. Tapi dengan posisi knee down dengan teknik ini tidak terlihat asik. Angle yang didapatkan? Hanya 39 degree
Teknik ini kadang suka saya praktekan kalau mau sok-sok knee down dengan speed rendah, hahaha banyak juga sih yang suka pakai teknik ini padahal motor tidak seberapa miring. Menurut saya yang asik itu ya motor harus ikutan miring dengan degree tinggi seperti teknik favorit saya di nomor berikut
  1. Rider crouched right down (rider membungkukkan badan kebawah)
Rider yang membungkukkan badan / menekan ke tangki akan lebih memiringkan motor karena center of gravity akan lebih turun sesuai dengan center line dari motor. Hal ini disebabkan karena berat motor dan rider lebih dekat dengan bumi serta lebih kecil gayanya untuk melawan efek sentrifugal. Angle yang didapat? 52 degree
Nah ini dia yang gayanya paling keren….. ini juga bisa di combine dengan mencondongkan badan ke depan sehingga grip ban depan motor lebih enak. Ini enak banget buat long turn / curve
Contoh yang saya praktekan seperti ini




Berat bener rupanya kalau gak ada gaya sentrifugal, kl ada gaya sentrifugal semiring ini gak capek di badan

  1. Rider sitting high (rider duduk tinggi)
Dengan speed yang sama rider duduk lebih tinggi tidak membungkukkan badan, dengan cara ini rider tidak perlu terlalu miring dan berarti ban cenderung untuk sliding dan bisa berbelok dengan lebih cepat. Angle yang didapat? 47 degree
Teknik ini suka saya praktekkan kalau malas crounch down seperti di nomor 4 tapi dengan si biru kalau kasar runut gas plus masih pakai ban Dunlop bawaan sering sekali jadi power slide or nge drift

Tambahan dari source kenapa sulit untuk knee down:
1.     Celana terlalu ketat è jelas bakal sulit karena sulit menggerakkan kaki
2.     Ban yang sudah expired è careful with this genk, ujung-ujungnya bisa ndlosor
3.     Tidak punya knee slider dan tidak mau merusak celana yang dipakai è jelas lah ini sih
4.     Motor ente tidak didesain untuk mereng-mereng è motor cruiser jelas belum terlalu mereng pasti akan mentok di footstep or knalpot
5.     Tidak pede dengan orang lain yang menonton

Tambahan dari saya:
1.     Pastikan mengenal betul track or lintasan yang dilalui
2.     Be prepared for the unpredict è binatang nyebrang, kendaraan lain yang memotong jalan, material di jalan
3.     Pastikan kondisi ban motor dan shock breaker è watch for expired tyres / bad tyres dan shock bocor or rusak sehingga tidak seimbang. Pemilihan ban motor bisa dilihat di artikel ini
4.     Pandangan jauh kedepan kearah lengkungan tikungan
5.     Harus terlihat dengan pemakai jalan lain è pemakai jalan lain yang kita overtake or dari arah berlawanan harus aware dengan kita for safety, bisa dengan suara knalpot or klakson
6.     Jangan rem mendadak or tambah gas mendadak è melintir pasti genk or ndlosor
7.     Berdoa supaya lancar
r


Genk, masih banyak teknik yang ada bisa di browsing diluar sana, mohon maaf kalau artikel ini banyak kekurangannya. Silahkan didiskusikanJ

No comments:

Post a Comment