kalau baca judul diatas
kira-kira apa yang terlintas?
teknik menikung
begitulah kira-kira kalau di bahasa Indonesiakan.
Menurut saya ya naik
motor paling seru ketika cornering ini, disitu terlihat sampai mana batas kita
bisa bersinergi antara tubuh dengan motor yang kita kendarai.
Menaklukkan tikungan
dengan motor beda dengan mobil, di motor semua bagian tubuh mengambil peranan
dan gerakannya sangat mempengaruhi arah motor.
Sedangkan di mobil,
pergerakan hanya di kaki bagian bawah dan tangan saja, ibarat kata mau sambil
nungging or loncat ya gak bakal ngaruh ke gerakan mobil selama tangan dan kaki
piawai.
Sebetulnya tulisan ini
saya bikin karena sudah lama lihat gambar yang saya ambil dari internet yaitu
gambar dibawah, memang sih saya bukan expert dalam cornering cuma saya suka aja
eksperimen dengan teknik-teknik yang ditulis tersebut dan sekedar sharing saja
Saya ambil gambar ini
dari http://www.southbayriders.com/forums/threads/33243/
, many thanks for who
create it. Banyak sekali yang bisa digali dari gambar ini
Semua foto diambil
dengan berbagai teknik dan di posisi tikungan yang sama.
jadi kira-kira gini
kalau diterjemahkan dengan kata-kata:
- Rider siting in line with the bike (rider duduk
berpelurus dengan motor)
Rider
duduk tegak lurus di jok motor sehingga pusat gravitasi dari motor dan rider
ada di bagian tengah dari motor. Angle yang didapatkan? 52 degree
Saya
suka pakai teknik ini untuk tipe short turn, dan mulai pakai sejak pakai si
merah ninja 250R. Cenderung ke santai saja body gesturenya.
- Rider above the bike pushing it down (Rider dibagian
atas motor mendorong motor ke bawah)
Rider
duduk dibagian ats mesin maka berat dari rider akan membuat center dari gravity
naik diatas center line dari motor. Sehingga sudut kemiringan motor lebih besar
lagi. Angle yang didapatkan? 55 degree
Dulu
saya sering pakai teknik ini waktu pakai motor-motor dibawah 250cc, menegakkan
motor masih enteng tapi sekarang gak pernah lagi pakai teknik ini kecuali kalau
tiba2 terpaksa ngiris kedalam tikungan dikarenakan ada obstacle.
Teknik
seperti ini kurang asik aja lihatnya ya genk, hahaha makanya saya tidak pakai
teknik ini lagi
- Rider hanging off below the bike (Rider bergelantung
dibawah motor)
Rider
bergantung dibawah motor membuat pusat gravitasi berada di bawah center line motor
sehingga motor tidak terlalu miring. Tapi dengan posisi knee down dengan teknik
ini tidak terlihat asik. Angle yang didapatkan? Hanya 39 degree
Teknik
ini kadang suka saya praktekan kalau mau sok-sok knee down dengan speed rendah,
hahaha banyak juga sih yang suka pakai teknik ini padahal motor tidak seberapa
miring. Menurut saya yang asik itu ya motor harus ikutan miring dengan degree
tinggi seperti teknik favorit saya di nomor berikut
- Rider crouched right down (rider membungkukkan badan
kebawah)
Rider
yang membungkukkan badan / menekan ke tangki akan lebih memiringkan motor
karena center of gravity akan lebih turun sesuai dengan center line dari motor.
Hal ini disebabkan karena berat motor dan rider lebih dekat dengan bumi serta
lebih kecil gayanya untuk melawan efek sentrifugal. Angle yang didapat? 52
degree
Nah
ini dia yang gayanya paling keren….. ini juga bisa di combine dengan
mencondongkan badan ke depan sehingga grip ban depan motor lebih enak. Ini enak
banget buat long turn / curve
Contoh
yang saya praktekan seperti ini
Berat
bener rupanya kalau gak ada gaya sentrifugal, kl ada gaya sentrifugal semiring
ini gak capek di badan
- Rider sitting high (rider duduk tinggi)
Dengan
speed yang sama rider duduk lebih tinggi tidak membungkukkan badan, dengan cara
ini rider tidak perlu terlalu miring dan berarti ban cenderung untuk sliding
dan bisa berbelok dengan lebih cepat. Angle yang didapat? 47 degree
Teknik
ini suka saya praktekkan kalau malas crounch down seperti di nomor 4 tapi
dengan si biru kalau kasar runut gas plus masih pakai ban Dunlop bawaan sering
sekali jadi power slide or nge drift
Tambahan
dari source kenapa sulit untuk knee down:
1.
Celana terlalu ketat è jelas bakal sulit
karena sulit menggerakkan kaki
2.
Ban yang sudah expired è careful with this genk,
ujung-ujungnya bisa ndlosor
3.
Tidak punya knee slider
dan tidak mau merusak celana yang dipakai è jelas lah ini sih
4.
Motor ente tidak
didesain untuk mereng-mereng è motor cruiser jelas belum terlalu mereng pasti akan
mentok di footstep or knalpot
5.
Tidak pede dengan orang
lain yang menonton
Tambahan dari saya:
1. Pastikan mengenal betul track or lintasan yang
dilalui
2. Be prepared for the unpredict è binatang nyebrang,
kendaraan lain yang memotong jalan, material di jalan
3. Pastikan kondisi ban motor dan shock breaker è watch for expired tyres
/ bad tyres dan shock bocor or rusak sehingga tidak seimbang. Pemilihan ban motor bisa dilihat di artikel ini
4. Pandangan jauh kedepan kearah lengkungan
tikungan
5. Harus terlihat dengan pemakai jalan lain è pemakai jalan lain yang
kita overtake or dari arah berlawanan harus aware dengan kita for safety, bisa
dengan suara knalpot or klakson
6. Jangan rem mendadak or tambah gas mendadak è melintir pasti genk or
ndlosor
7. Berdoa supaya lancar
r
Genk, masih banyak teknik
yang ada bisa di browsing diluar sana, mohon maaf kalau artikel ini banyak
kekurangannya. Silahkan didiskusikanJ
No comments:
Post a Comment