Wednesday, April 29, 2015

Touring Tips and Trick

Touring……….. kalau diartikan secara bebas berarti berjalan-jalan untuk kesenangan dan bukan berkompetisi. Bagi kebanyakan riders, touring adalah momen yang ditunggu-tunggu. Jalan ramai-ramai berserta teman-teman satu hobi sambil menikmati pemandangan di jalan dan tempat tujuan. Bagi saya ini juga menyenangkan apalagi kalau istri atau anak ikut serta.





Touring bisa saya pisahkan jadi 3 kategori yaitu solo touring, tandem touring, and group touring:
      1.       Solo touring jelas naik motor seorang diri.  (+) semua bisa di arrange sendiri dan bebas termasuk stop point, speed semua bebas. (-) all at your own risk, salah decision ya tanggung sendiri akibatnya dan kalau ada apa-apa seperti motor mogok juga pusing sendiri.



Experience saya waktu kuliah sering solo touring Jakarta – Bandung pp sebulan sekali, pernah 2 kali motor mogok ya sengsara sendiri dan harus usaha sendiri sampai motor bisa hidup lagi tapi ya ini dulu waktu naik Yamaha Jupiter ternyata bensin telat turun klep vakum rusak

     2.       Tandem touring or tandem riding. (+) ada teman bisa menikmati perjalanan bersama, stop point masih bisa leluasa, bisa gentian bawa motor. (-) capek nahan badan, tau sendiri lah kalau boncengan pasti lebih capek. Harus pintar menyiasati bawaan motor berhubung jok belakang tidak bisa diikat tas. Sama kalau boncenger tidak biasa dibonceng malah handling motor jadi amburadul




Experience saya sih so far enak-enak aja, apalagi kalau bonceng istri. Yang repot adalah kalau boncenger nya tukang tidur dan ngantukan ini jadi bahaya bisa jatuh

     3.       Group touring or grup riding. (+) rame, seru-seruan bareng, senang dan susah ditanggung bersama (-) sulit mengatur banyak riders, apalagi kalau ada yang susah diatur. Perlu petugas antara lain RC (road captain), sweeper, and officer menurut saya 3 ini sudah paling minimal.



Grup riding menurut saya sih paling enak ya dibawah 5 motor, karena RC masih bisa melihat motor sweeper yang paling belakang. Kalau diatas 5 motor perlu ada officer yang mengingatkan kalau rombongan terputus.



Ok mari lanjut ke riding gears:
     1.       SIM + STNK
     2.       Kelengkapan motor seperti lampu depan, sen komplit, dan kaca spion
     3.       Helm full face recommended
     4.       Jaket wind breaker type
     5.       Gloves (sarung tangan) full hand (disarankan jangan model buntung)
     6.       Riding pants or jeans
     7.       Boots or sepatu yang menutup sampai mata kaki untuk memperkuat kaki seandainya salah berpijak dan terhindar cedera engkel kalau crash
     8.       Jas hujan
     9.       Deker dan pelindung siku
     10.   Barang bawaan kalau bisa jangan gendong tas tapi semua tas ikat dengan baik atau pakai elastis strap di jok belakang supaya gak nguras stamina dan pegal gendong tas.
     11.   Barang bawaan di tas juga dilapis plastik lagi biasanya jas hujan tas masih tembus
     12.   Duit
1   13. Pakaian ganti (jangan lupa bungkus plastik lagi supaya gak basah terutama kalau pakai tas bukan box)
     14. Serep sarung tangan dan kaos kaki (in case basah karena hujan)
     15. Carger dan power bank
     16. Tool kit dan spare part secukupnya
     17. Safety snack in case rehat di tempat terpencil gak ada tukang jualan dan sudah kelaparan
     18. Sandal jepit (kan capek juga di tempat tujuan atau hotel masih harus pakai sepatu touring juga)
     19. Colokan T supaya bisa carge beberapa elektronik disaat bersamaan ketika di hotel atau penginapan


Tips for group touring:
     1.       Masing-masing rider secara regular check teman yang ada di belakangnya karena susah bagi yang jalan di paling depan buat lihat rombongan sampai ke belakang. Kalau jarak dengan rider belakang terlalu jauh tolong perlambat kecepatan jadi otomatis yang didepan akan memperlambat juga
     2.       Kalau ada problem silahkan berhenti dan minggir perlahan nanti sweeper or officer akan kejar ke depan buat kasih tau RC
     3.       Mau berhenti refuel or buang air silahkan kasih tau ke depan nanti kita berhenti di pom bensin terdekat
     4.       Kalau gak kuat juga berhenti aja sebelum pingsan di atas motor, hanya anda sendiri yang tahu batas kemampuan anda bukan orang lain
     5.       Riding formation kalau jalan kosong harus staggered dan jarak dengan rider di depan gak boleh terlalu dekat, kalau jalan sempit baru jalan urut satu garis
Contoh staggered:









  

     6.       Overtake make sure bisa lihat kendaraan dari lawan arah jangan asal ikutan nyalip. Kendaraan arah berlawanan sering kali terutup rider yang ada di depan
     7.       Kalau ada motor lain / kendaraan lain mau nyalip sebaiknya kasih jalan saja. Ingat jalanan bukan milik sendiri
     8.       Hand signals and foot signals sesuai kode kesepakatan.
9   9. HP nyala dalam kondisi celular data off supaya irit baterai. Waktu break atau di tempat tujuan baru nyalakan lagi celular datanya

Yang sering dilupakan pada group touring:
     1.       Rider terlalu memaksakan diri, ingat yang tahu kemampuan diri sendiri ya kita sendiri bukan orang lain
     2.       Arogan, mentang-mentang jalan ramai-ramai. Tapi ya ini menunjukkan kalau anda masih rendah level pendidikannya. Termasuk didalam sini tidak patuh peraturan lalu lintas
     3.       Rider yang ada didepan tidak memperhatiakan kawan dibelakang, seringkali dalam grup yang panjang jadi putus rombongan
     4.       Tidak mematuhi arahan RC untuk refuel, buang air, dll terpaksa ada stop point tambahan
     5.       Ada rider yang rider linenya tidak ikut riding line yang lain, nah ini bisa membahayakan pemakai jalan yang lain
     6.       Jalan terlalu dekat dengan rider yang didepan dan tidak staggered formation. Lambat repson sedikit jadi tabrakan beruntun.
     7.       Hanya konsen pada satu rider didepannya, seharusnya tetap jauh melihat kedepan juga melihat obstacle dan maneuver dari RC
     8.       RC terlalu cepat lupa dengan kemampuan rider yang lain, memang kemampuan orang beda-beda apalagi kalau motornya juga beraneka ragam

Saat ini sudah ada juga radio komunikasi atau Bluetooth jadi resiko tabrakan beruntun or accident bisa jauh ditekan

Kira-kira segitu sekedar coret-coretan saya semoga berguna braders. Have a safe and fun touring semoga selamat sampai kembali ke rumah

Gas……………..

No comments:

Post a Comment