Friday, April 22, 2016

Review Chevrolet Captiva 2012

Captiva....... well another review about car, berhubung belum ada motor baru jadi coba tulis lagi aja tentang mobil yang dimiliki keluarga. Kali ini mau bahas captiva diesel yang 2,000 cc dengan turbo charge. Captiva itu ada dua versi yang diesel (2,000 cc turbo) dan bensin (2,400 cc). Disamping itu ada varian tertingginya yaitu AWD alias all wheel drive (4WD) dimana varian normalnya hanya 2WD atau lebih tepatnya FWD (front wheel drive), berbeda tidak seperti para kompetitornya seperti Fortuner dan  Pajero yang RWD (rear wheel drive)

Stuck

Monday, April 18, 2016

Review Toyota Fortuner 2014 VNT TRD

16,000 km bersama........ Fortuner VNT TRD putih ini adalah varian fortuner yang bermesin diesel sudah hampir 1.5 tahun menemani saya dan keluarga besar bersama. Fortuner ada 2 versi yaitu yang bermesin bensin dan yang bermesin diesel dan masing-masing versi ini ada lagi variannya mulai dari yang 4WD, TRD version, dan yang reguler. Kebetulan yang ada di saya ini dan yang mau saya review adalah yang versi TRD diesel dan 2 WD berpenggerak roda belakang.



Friday, April 15, 2016

Review AP Boot Moto 3 & Moto 1

AP boot...... merek yang sudah tidak asing lagi untuk kalangan biker di Indonesia ditambah lagi dengan harganya yang terbilang tidak mahal, ada dikisaran 100 ribuan saja paling mahalnya untuk sebuah boot dari karet. AP boot ini sudah keluar 4 model mulai dari AP boot moto 1 - moto 2 - moto 3 yang semuanya model boot dan terakhir all bike yang merupakan model sepatu pendek.

si bontot aja seneng makenya



Tuesday, April 12, 2016

Cek Alternator - Generator - Spul ER6 series

Spul...... salah satu nama lain dari alternator atau generator yang fungsinya untuk menghasilkan listrik dari putaran mesin. Bahasa fisikanya dari energi kinetik yaitu putaran mesin motor atau mobil diubah menjadi energi listrik. Energi listrik ini nantinya akan disalurkan ke regulator atau kiprok dan oleh regulator akan diarahkan ke accu atau ke sistem kelistrikan kendaraan, kalau di kendaraan bahan bakar bensin ya listrik ini sangat penting untuk detonasi busi. Spul terdiri dari 2 komponen utama yaitu stator yang berupa kumparan kabel kuningan dan rotor bagian berputar mengikuti RPM kendaraan yang mengelilingi stator yang berupa magnet. 

Saat ini saya mau sharing mengenai cara cek kondisi spul kendaraan khususnya ER6 series karena sudah banyak sekali kasus spul pada jebol atau hangus sektiar 3 tahun dari masa perakitan motor baik itu motor yang standar-standar saja tidak ada ubahan apa-apa pada kelistrikan atau yang modif kelistrikannya sudah kronis, termasuk motor saya si biru juga sudah ada beberapa modif kelistrikan ringan tapi spul jebol juga.  


Thursday, April 7, 2016

Voltmeter - Fungsi dan Kegunaan

Voltmeter...... kira-kira apa yang terbayang kalau terlintas kata ini? kalau saya sih jujur yang terlintas pertama sih ya voltmeter atau multitester berbentuk kotak yang suka dipakai teknisi-teknisi.


bukan yang diatas ini yang mau saya bahas tapi yang seperti ini lebih tepatnya adalah voltmeter yang dipasang khusus di motor yang bentuknya lebih manis dan bisa dibilang permanen ditempelkan di motor. Pilihan pun sangat beragam mulai dari murah sampai yang paling mahal sekalipun, ada juga yang integrated didalam dashboard kalau gak salah dulu banyak dasboard custom untuk ninja 250 sudah include voltmeternya. Kalau buat si biru sih saya pasang yang posisinya di handle sebelah kanan dibawah switch on off mesin. Masang voltmeter ini juga cukup mudah tinggal cari kabel arus dan massa saja terserah mau dimana saja ambilnya. Buat penggunaan di mobil yang paling praktis adalah yang colok di lubang lighter.




Monday, March 28, 2016

Review Battlax T30 part II - End of Use

Battlax T30..... sepasang ban ini sudah menemani saya sejauh 10 rb km baik itu touring maupun commuting sudah cukup puas pakainya setelah sekitar 1 tahun pakai. Review awal saya memakai T30 bisa dibaca disini



Thursday, March 10, 2016

List Spare Part ER6 series

Spare Part...... Bagian yang tidak lepas dari pikiran kalau kita memelihara kendaraan terutama kalau spare partnya agak-agak langka nih. Rider yang membesut motor dengan pabrikan tertentu pasti sudah familiar dengan langkanya spare part padahal motor masih tergolong baru, apalagi kalau motor-motor jadul yah. 

Kali ini saya coba share list spare part yang pernah saya ganti atau yang saya tahu part substitusinya untuk Er6 series yaitu motor saya sendiri Ninja 650 yang banyak kemiripan dengan saudara nakednya ER6N. Mungkin beberapa part juga sama untuk Versys and Vulcan karena mengusung mesin yang sama. Artikel ini lanjutan dari artikel saya sebelumnya review ER6 setelah 11,000 km yang saya tuliskan disini. Saat ini si biru sudah clocking 17,500 km sudah lumayan melambat karena gantian dipakai sama si putih unyu motor istri saya :)







Friday, February 26, 2016

Rain Mode - Tips and Tricks

Hujan..... adalah rezeki yang diturunkan Allah SWT kepada kita. Sebagian orang banyak juga yang mengumpat kalau hujan apalagi yang bawa motor dan tidak bawa jas hujan, hehehe. Apalagi kalau hujannya deras dan awet ya seperti pakai formalin.
Kali ini saya coba share pengalaman berkendara motor yang aman ketika hujan, cekidot...





Wednesday, January 27, 2016

Touring To Darajat Garut

Garut.... kota di sebelah tenggara Bandung menjadi destinasi touring kali ini bersama VICO riders. sampai hari H dari 6 rider ternyata ber 4 saja akhirnya, kelihatannya banyak yang decline karena musim hujan dan intensitasnya masih meninggi. Tujuan utamanya adalah Darajat daerah pegununggan dengan air panas nya.

Kali ini teman perjalanan si biru adalah 1 er6n, dan 2 Nmax jadi yang ada 2 N max ini dikawal Er6 depan dan belakangnya. Tanggal 23 Januari diputuskan untuk memulai perjalanan sejauh 274 km ini dan si Biru dilengkapi dengan side box barunya E22.

a View from Puncak Darajat at 0530