Wednesday, January 27, 2016

Touring To Darajat Garut

Garut.... kota di sebelah tenggara Bandung menjadi destinasi touring kali ini bersama VICO riders. sampai hari H dari 6 rider ternyata ber 4 saja akhirnya, kelihatannya banyak yang decline karena musim hujan dan intensitasnya masih meninggi. Tujuan utamanya adalah Darajat daerah pegununggan dengan air panas nya.

Kali ini teman perjalanan si biru adalah 1 er6n, dan 2 Nmax jadi yang ada 2 N max ini dikawal Er6 depan dan belakangnya. Tanggal 23 Januari diputuskan untuk memulai perjalanan sejauh 274 km ini dan si Biru dilengkapi dengan side box barunya E22.

a View from Puncak Darajat at 0530



23 Jan 2016
Setelah tunggu menunggu dan hujan dari awal keluar rumah akhirnya jam 07.00 kami berangkat dari ex McD kalimalang, yang saya baru tahu juga bahwa McD ini sudah pindah ke Caman sejak 1 Januari 2016. Perjalanan dimulai dengan speed yang tidak bisa tinggi karena masih hujan dan jalanan kalimalang becek karena sedang pembangunan flyover. Gas terus via Cikarang - Kerawang Bypass lanjut belok ke Bukit Indah and stop by di Purwakarta pas 2 jam dijalan.

Purwakarta sudah gerimis rambut saja lanjut gas lagi Cikalong Wetan salah satu jalur favorit saya untuk mereng-mereng karena aspalnya mulus dan sepi kendaraan sampai kami masuk Cimahi jam 10.15. Disini jadi tempat latihan dan menajamkan teknik menikung. Jadi teringat dulu sempat gas pol di jalur ini waktu pakai ninja 250 merah ber iringan dengan GS1200 teman bisa sampai 90 - 100 kpj di tikungan (jangan ditiru ya), kalau sekarang sih pelan-pelan saja gak tega mau ninggalin yang lain cukup di 60 -70 kpj aja max. Nikmati dulu video enjoy riding nya di spot paling adem jalur ini


video

Asik miring ke kanan


Kebetulan si Biru ada problem menjelang masuk Padalarang ketika di gas ada bunyi aneh dari rantai or gearbox, trobleshoot akhirnya saya putuskan untuk mengencangkan rantai dan melumasi rantai. Problem solved.... Mungkin terlalu asik betot gas di beberapa spot sambil nikung and menanjak sampai rantai kendor, maklum juga sudah clocking mendekati 17,000 km. Ternyata nikung di jalur Cikalong Wetan ini bisa ngabisin chicken strip ban sebelah kanan saya meski yang kiri masih ada sisa. Kayanya efek side box yang kiri banyak tool kit jadi sedikit ngayun and kurang pede bawanya ketika nikung kiri kalau ke kanan enak bener motor anteng banget.



Pit Stop


Pukul 11.00 kembali gas lagi via Cimahi - Soekarno Hatta - Cibiru - Cileunyi dan istirahat makan siang sekitar pukul 13.00 di rumah makan mafia karena jualan senjata laras panjang alias senapan angin, hehehe


Pukul 14.00 gas via Nagrek dan masuk jalan raya Garut yang sudah macet penuh kendaraan pribadi sampai masuk ke pendakian Derajat sekitar pukul 15.00. Capek dan penat hilang ketika lihat pemandangan alam disini semakin menambah rasa syukur kepada Allah SWT apalagi ditambah hawa dingin. 16.00 alhamdulillah tiba di hotel Puncak Darajat, selesai check in and leyeh-leyeh sebentar langsung berendam air panas. maknyus.... capek hilang semua plus karena lokasi penginapan ada di tempat paling tinggi di area Darajat ini.

video







hasil olahraga naik motor menurut pedometer or penghitung langkah kaki


24 Jan 2016
Dikarenakan sarapan baru ready jam 0700 maka kami ganjal perut dulu dengan pop mie dan jalan jam 06.00. Ngobrol-ngobrol dengan pegawai penginapan beliau menyarankan via Cijapati tanpa via Nagrek infonya jalan nya bagus dan naik turun tembus langsung Cileunyi. Ternyata benar saja 30 menit dari Darajat belok ke arah Cijapati mulai masuk jalanan yang indah pemandangannya plus banyak kelokan dan naik turun nya. Bagi yang suka motoran saya sangat rekomendasikan jalur ini buat latihan nikung.





Karena jalan awal di pagi jalanan masih kosong sehingga jam 09.00 break dulu sebelum masuk Cimahi sempat tersendat sebentar ada pasar kaget di daerah Soekarno Hatta dan saya gak berani ambil jalur cepat takut kena tilang.
Setelah break lanjut tancap awalnya mau lewat Cianjur tapi ada pemberitahuan dari kepolisian Cianjur ditutup total kemungkinan besar memang ada longsor dan sering terjadi akhir-akhir ini, jadi diputuskan kami lewat Cikalong Wetan - Purwakarta lagi sampai break di pom bensin daerah Bukit Indah pukul 11.00, saya memutuskan rebahan dulu di rumput dibawah pohon karena mata mengantuk sekali dan pinggang pegal maklum karena semalam sulit tidur.

11.30 tancap gas dan istrirahat pukul 13.00 di Kalimalang sebelum Caman break Lunch and solat, tadinya ragu mau lewat Kalimalang takut macet berat karena pembangunan flyover tapi setelah intip Gmap dan Waze titik kemacetan hanya sedikit dan benar saja aman lancar.

Sempat ada insiden ketika saya lewat bahu jalan dan ada tanah si biru ambles. Untung saja pakai box jadi senderan ke box plus mendarat di tanah merah yang lembut, lumayan ada aksen tanah merah biar kelihatan abis adventure offroad

Alhamdulillah sampai lagi ke rumah 15.30 pas adzan Asar, mantap touringnya bisa pulang cepat dan gak banyak kena macet mungkin karena tanggal tua juga
Thanks riders, sampai ketemu pada touring selanjutnya


Berbaur dengan pemakai jalan lain. No vooreder and no siren