Racing Exhaust...... Arrow dan Akrapovic adalah 2 brand racing exhaust yang banyak beredar di rider ER6 series, alasannya? sepertinya 2 brand ini suaranya masih tolerable dan tidak biadab bikin rider yang lain "panas". Kebetulan teman saya yang pakai ER6N knalpot Akra main ke rumah dan saya ada kesempatan untuk jajal perbedaan keduanya. Seperti apa kira-kira? cekidot.....
Physical:
- Akrapovic mostly yang saya lihat nemplok di ER6 adalah silencer titanium dan tipnya carbon. Sedangkan Arrow ada 2 macam yaitu silencer titanium dengan tip carbon serta yang full body silincer carbon
- Silincer Akra terlihat lebih panjang dan ramping sizenya dibandingkan Arrow yang lebih pendek dan besar diameter silencernya
- Kedua knalpot bukaan kesampingnya kurang lebih hampir selebar bukaan footstep dan juga ujung tipnya kurang lebih dekat dengan footstep belakang
Sound (semua direkam dengan HP Asus Zenfone 2)
- Arrow ketika idle bersuara lebih nge bass dibanding Akra yang lebih terdengar treble nya dan ada serak-serak basahnya. Arrow ketika idle dan di geber - geber dan ditahan di 6,000 RPM bisa dilihat disini, untuk Akra bisa dilihat disini. Ketika keduanya hidup dan idle bisa dilihat disini
Performa
- ER6N dengan Akra saya rasakan lebih enteng dan responsif dibandingkan si biru motor saya Ninja 650 dengan Arrow. Eit..... ada tapinya yang pakai Akra itu naked dan velg belakang standar beda dengan si Biru yang sudah velg 6" ban 180 plus tambahan breket box serta pakai fairing. Rupanya ER6N kawan saya yang pakai Akra ini juga sudah setel CO di beres untuk pakai knalpot racing sedangkan saya belum sama sekali
Verdict
Patut di akui Akra memang lebih soft dan senyap sedikit dibandingkan Arrow yang lebih gahar dan galak. Tapi tetap kedua knalpot ini kalau digeber keluar juga bacotnya
Kira-kira segitu dulu reviewnya, semoga berguna......
*** detail lengkap pemakaian knalpot Arrow ada disini
No comments:
Post a Comment