Tuesday, November 7, 2017

Crash Scene Investigation - Sembalun Lombok Scene

Crash..... inilah kali kedua saya crash atau accident seumur hidup saya. Kejadian ini udah beberapa bulan yang lalu tapi karena kesibukan kerjaan baru sempat saya posting lagi disini, lokasi kejadian ada di Lombok tepatnya didaerah Sembalun serta crashnya sendiri kebetulan pakai motor sewaan yaitu Z250 yang baru saya pakai di hari ketiga. Artikel touring to Lombok bisa disimak disini



Pada hari ketiga touring beberapa km selepas tempat bermalam saya crash. Kejadian dimulai ketika saya dan teman saya menikmati jalan. Saya overtake teman saya kemudian mengerem untuk bersiap masuk ke tikungan ke kanan. Ketika didalam tikungan ke kanan itu saya berusaha mempertahankan line di jalur kiri dengan menginjak rem belakang supaya tidak makan jalur seberang yang ternyata ada motor penduduk dari arah sebaliknya. Ternyata titik pengereman ketika sedang cornering ini tidak rata ada sedikit berbukit aspalnya sehingga bukannya smooth mengerem malah ban belakang mengunci serta slide ke arah luar tikungan yaitu sisi kiri. Jalan yang sedikit berbukit ini yang tidak termonitor dan tidak ter antisipasi seharusnya jangan melakukan pengereman atau breaking setelah melewati bukit ini.

Video youtube bisa dilihat disini


Karena merasakan motor mulai slide maka saya lepas rem belakang, baru beberapa saat ban belakang mau meraih grip lagi tapi ternyata tidak sempat karena ban belakang sudah keburu turun dari aspal (ban depan masih di aspal) dan membuat motor seketika berbalik arah dengan arah putaran ke kanan sehingga motor menyentuh tanah dengan posisi mundur. Crash terjadi di speed sekitar 50 - 60 kpj, motor berbalik arah dan saya berguling beberapa kali dan ini terjadi tidak sampai 2 detik. Sempat disorientasi arah dan tidak tahu kenapa crash untungnya teman saya ini sedang mengaktifkan action cameranya jadi lebih jelas terjadi seperti apa, dan teman saya yang ada di rombongan paling belakang juga akif action cameranya jadi bisa dilihat dengan jelas crash scene seperti apa dan saya ceritakan kembali disini. Action cam saya gimana? ternyata cuma on saja tapi tidak merekam, hiks......

Breaking sebelum masuk corner


Sudah lepas break dan mulai memiringkan motor

Start breaking lagi dengan rem belakang

Bagian buritan mulai slide

Disini sudah lepas rem belakang dan ban belakang sedang mencari grip


Ban belakang masuk gravel

Sudah memutar 135 derajat

Sudah jatuh dan terseret mundur



After crash. Stang kanan dan frame slider menekuk ke arah depan, footstep kanan patah

Too bad teman saya yang pegang action cam di belakang saya ikut crash entah kenapa dan motor sempat jadi sandwich dimana motor saya berbalik arah dan motor teman saya ada dibawahnya



Posisi motor didepan persis ini sedang diatas bukitnya dan itu titik pengereman saya


Jejak ban belakang yang slide hanya sisa sekitar 50 cm buat grip kembali

Hikmahnya? jadi banyak bersyukur karena hanya rugi materi saja yang masih bisa digantikan bukan hilang nyawa dan juga betis kaki kanan shock yang butuh dipulihkan selama satu bulan (sepertinya efek tertimpa motor). Masih beryukur juga bukan nyawa yang hilang meski sebelum trip sudah sedekah tapi saya berfikir mungkin inilah jalan yang maha kuasa untuk mengeluarkan uang yang bukan hak saya meski saya tidak sadar. Beberapa bulan kemudian barulah asuransi yang saya ikuti ditutup semua karena saya pikir inilah yang bikin gara-gara karena tinggal asuransi ini yang masih berbau riba yang saya ikuti.


After crash selama beberapa waktu sempat kehilangan ritme menikung ke kanan mungkin karena masih trauma tapi ya tetap saja dipaksakan sampai alhamdulillah sudah kembali lagi ritme dan kepedean nya untuk cornering ke kanan. Jadi ingat beberapa tahun lalu juga jatuh ketika cornering ke kiri malah lebih parah sampai bertahun-tahun trauma dan salahnya tidak di terapi lagi untuk menghadapi traumanya, hahaha

semoga berguna and keep safe.......













No comments:

Post a Comment