Wednesday, November 15, 2017

Broken Rear Wheel Bearing - ER6

Bearing.... Sekitar 2 tahun yang lalu teman -  teman NSFO yang sudah upgrade ban belakang dengan velg 6" dan ban lebar ketika touring sering rusak bearing atau lager ban belakangnya. Oleh karena itu untuk antisipasi hal hal yang tidak diinginkan saya sangu juga bearing ban belakang ini ada 2 buah dengan seri 6204 untuk bagian kanan dan kiri velg serta satu buah 6205 untuk dibagian sproket daripada kejadian pecah di antah berantah.





Setelah berjalan sekitar 23,000 km dengan velg 6" dan ban 180/55 di belakang akhirnya bearing yang terpasang di motor saya sudah lelah dan pecah ketika saya pulang solo touring dari Bandung.


2 km sebelum sampai rumah setelah melewati polisi tidur tiba tiba ban belakang agak oleng dan berbunyi seperti ada yg menyangkut. Setelah motor pelan baru ban belakang berasa nge lock tidak bisa bergerak.


Telepon sana sini ke teman teman yang punya jasa storing tidak ada yang available. Akhirnya call go box mobil pick up saja buat angkut ke rumah.



Sampai di rumah bongkar velg belakang barulah ketahuan kalau ban belakang berhenti berputar karena baut disc cakram ada 2 buah yang kendor dan sempat nyangkut dan bergesekan dengan breket kaliper rem belakang.


Bearing sisi kanan yang rusak sampai seal karet pelindung bearing juga rusak tergerus


Saya pikirkan lagi root cause nya seperti nya hal ini terjadi karena baut yang tidak pernah di beri lock tite ketika memindahkan cakram dari velg standar ke velg lebar dan juga di perparah oleh efek getaran bearing ban belakang yang sudah tidak sehat.

Bearing sisi kiri yang sehat semua

Kira-kira apa gejala bearing ban belakang yang tidak sehat? Sekitar seminggu sebelum solo touring atau 700 km sebelum kejadian, setiap tarik gas ketika posisi motor tegak kadang terasa ban belakang seperti selip slide ke samping.
Waktu itu saya coba identifikasi satu persatu mulai dari tekanan ban yang ternyata masih ok, kemudian curiga ada paku atau benda asing menancap di ban yang ternyata juga tidak ada. Sempat juga teridentifikasi kalau rantai mulai menyenggol ban dan makin parah ketika berangkat ke Bandung sampai saya kencangkan lagi setelan rantai nya.

Bekas senggolan rantai dibagian samping bibir ban kiri yang sudah memutar penuh


Alhasil terjawab juga ketika kejadian ban belakang stuck setelah pulang dari Bandung. Alhamdulillah kejadian terjadi di low speed below 40 kpj sehingga tidak menjadi catastrophy.




Buat brother yang sudah merasa ban belakang suka slide ketika akselerasi pada posisi tegak tidak ada salahnya mulai di cek kembali bearing nya apalagi kalau sudah upgrade size velg dan ban. Buat ER6 yang pakai 6" plug  and play dan juga yang velg standar bisa beli bearing 6204 2 buah dan 6206 1 buah merek bebas bisa apa saja karena itu kode universal.

Semoga bermanfaat......