Thursday, June 23, 2016

Tips Parkir Motor Saat Ditinggal Mudik

Mudik..... pulang kampung merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang dilakukan orang Indonesia ketika lebaran. Mudik banyak moda transportasi yang digunakan mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api, kapal laut, sampai dengan pesawat terbang. Mudik dengan kendaraan pribadi sih yang perlu dipersiapkan pastinya servis dulu persiapan menghadapi jalan jauh, macet, dan mengakali barang bawaan yang banyak. 
Nah kalau mudik dan kendaraan kesayangan ditinggal baiknya apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kendaraan kita ini? Lets check it out..... eh ini berlaku juga kalau kita tidak gunakan kendaraan kita dalam waktu lama juga seperti dinas keluar kota beberapa minggu misalnya.



  • Isi penuh tangki bahan bakar kendaraan kesayangan. Hal ini ditujukan untuk mengurangi akumulasi uap air didalam tangki yang bisa menyebabkan karatan seperti tulisan saya di artikel disini

  • Cek tekanan ban, bila perlu di pompa. Seringkali motor atau mobil yang disimpan lama anginnya akan berkurang kalau ban terlalu kempes dan diam dalam waktu lama akan merusak struktur ban itu sendiri karena berat kendaraan.

  • Cuci bersih dulu motor atau mobil kesayangan, Nah pastinya gak mau kan motor or mobil masih kotor kita tinggal. Bisa-bisa kotorannya lebih lengket dan susah dibersihkannya nanti setelah pulang mudik.

  • Standar tengah motor kesayangan serta posisi stang dibuat lurus saja Hal ini bertujuan supaya motor tegak lurus dan tidak membebani sebelah shock depan terutama yang sebelah kiri. Motor tidak punya standar tengah? nah gunakan paddock, di kasih paddock depan belakang lebih sip lagi jadi ban tidak kontak ke lantai terlalu lama. Jangan lupa setir dibuat lurus ya jangan berbelok.

  • Lepaskan katub positif accu ==> kenapa yang positif bukan yang negatif? karena kadang ada beberapa komponen yang kabel negatifnya nyambung langsung ke sasis motor or mobil jadi akan tetap ada perputaran arus kalau hanya kabel negatif yang kita cabut. Seringkali kalau masih ter connect maka akan habis setrum accunya.

  • Nah untuk keamanan gunakan lah kunci ganda atau kunci triple, kwartet, dst sebagai pengamanan tambahan. Baik parkir didalam, teras, atau diluar rumah saya selalu biasa menggunakan kunci tambahan. At least yang punya niat gak baik akan mikir-mikir dan cari sasaran lain dulu yang lebih mudah. Pakai gembok ber alarm juga lebih sip lagi atau parkir motor dekat dengan CCTV yang terlihat supaya malingnya berfikir ulang.

  • Untuk keamanan juga dan kalau mau, cabutlah sekering utama atau sekering ignition or sekering ECU or Fuel Injection, hal ini sering saya lakukan juga baik itu untuk motor and mobil juga. Jangan lupa sekeringnya disembunyikan juga, hahaha. ER6 series posisi rumah sekering ada di tutup plastik disamping kunci kontak. Silahkan cabut yang kodenya FI alias fuel injection

  •  Lanjut dengan cover up your bike or car. Hal ini ditujukan untuk melindungi terhadap debu dan kotoran serta mempersulit kendaraan dipantau oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Parkir dibawah kanopi covernya tidak perlu yang tebal, tipis saja sudah cukup, kalau didalam rumah malah gak perlu di kasih cover. Tapi beda halnya kalau memang akan terekspos dengan panas dan hujan baiknya cover harus khusus supaya cat dan interior kendaraan awet.
Sebelahnya beat adalah si Biru yang lagi disarungin

  • Pengalaman saya juga kadang si pus atau kucing suka tidur di balik cover motor terutama dibagian jok motor jadi bulunya kemana-mana. Ini bisa diakali dengan taruh benda lain diatas jok motor, dijamin si pus gak akan tidur lagi diatas motor atau menjatuhkan barangnya. Nah kalau kucingnya membandel suka tidur di bagian atas cover coba isi botol minum kosong dengan air dan taruh saja di tempat kucing suka tidur. Gak tahu kenapa tapi ini berhasil juga lo. 

Botol air bekas isi dengan air mentah dan taruh di tempat kucing suka tidur
  • Hati-hati juga tidak ada kucing nanti malah tikus yang mampir ke motor atau mobil kesayangan dan ngerogoti kabel bisa lebih kacau lagi. Menurut saya usir tikus bisa saja pakai buah bintaro atau kasih sekalian kamper di jalur dimana tikus bisa naik ke area perkabelan.

  • Tadi sempat disinggung dengan setang motor tetap lurus jadi tidak dikunci stang. Kalau bro and sis gak setuju juga gak masalah tetap mau di kunci stang dengan dibelokkan ke kiri. Tapi di motor matic ada baiknya kita kunci stang ke arah kanan saja dan shutter lock jangan lupa ditutup bagi yang dilengkapi. Kenapa? karena dengan stang ke arah kanan maka upaya kunci T untuk merusak lubang kunci akan lebih sulit lagi karena space terbatas

  • Motor diparkir di carport begitu juga mobil? ada baiknya motor taruh dibagian dalam dan bagian luar dipepet dengan mobil yang kita parkir juga supaya makin sulit itu motor diangkut

Ok, kira-kira sekian dulu tips nya. Selamat mudik, semoga selamat sampai kembali lagi ke rumah. 
Nanti jangan lupa cek kembali tekanan angin ban jangan langsung geber motor, sempat ada kawan saya jatuh karena nikung dengan ban yang kempes