Tuesday, June 21, 2016

Fork Brace / Fork Stabilizer for ER6 - Ninja650

Fork Brace.... sering juga disebut fork stabilizer merupakan komponen tambahan yang dipasang sebagai penghubung shock kanan dan kiri bagian depan untuk suspensi teleskopik. Suspensi teleskopik merupakan suspensi standar yang banyak juga dipasang di motor kecil tapi ya motor gede juga ada sih yang masih pakai teleskopik seperti ER6 series contohnya dan CB500 series juga mengadopsi suspensi type ini. Sebenarnya tipe suspensi ini dipakai karena biaya produksinya murah dan perawatan yang relatif lebih mudah. Back to topic, kenapa fork brace ini tidak pernah dipakai di motor dengan suspensi USD atau upside down? menurut saya sih karena suspensi USD ini cenderung lebih rigid dan kestabilannya diatas suspensi teleskopik.



Setelah sekitar 17 ribu km bersama si biru alias ninja 650 saya sudah paham betul bantingan suspensi depannya berikut kelemahannya:
  • Feedback di jalanan keriting dan rusak sangat terasa dan relatif keras feedbacknya seperti memukulkan palu ke besi
  • Cornering dan jalan keriting biasanya ban depan akan terasa lari ke kanan atau ke kiri, harus diakalin dengan menekan stang ke depan


Nah, akhirnya saya putuskan pasang fork brace untuk si biru dan berikut impresinya setelah sekitar 3,000 km berjalan pakai fork brace:
  • Fork brace terbuat dari bahan duralium yang sudah di poles jadi terlihat mengkilat, sekilas memang terlihat seperti aluminium. Tapi bahan duralium ini lebih ringan dan lebih rigid daripada aluminium. Belinya dimana? beli sama teman karena ini custom made.


  • Kestabilan menikung lebih terasa, dulu sempat tiap menikung ke kiri motor terasa sedikit oleng tapi dengan fork brace ini lebih stabil dan enak buat ngabisin chiken strip. Ditambah dengan ban baru michelin pilot road 4 lebih mantap lagi melibas tikungan. Review PR4 bisa dilihat disini

  • Yang paling terasa adalah di jalan rusak atau melibas polisi tidur jadi berasa empuk seperti menusukkan pisau panas ke mentega saja sehingga tangan tidak mudah pegal kalau lewat jalan rusak.

  • Sempat sekali sedang nikung dan masuk lubang lumayan dalam, motor tetap dalam lengkungan parabolic as per desired. Dulu sempat juga seperti ini langsung motor melebar menikungnya ketika belum pasang fork brace


  • Teman saya yang pasang fork brace juga sempat mengalami pecah bearing roda depan pada high speed. Disaster memang tapi stang tetap lurus dikendalikan tidak terlalu liar pergerakannya hanya bergetar hebat saja.

nah begitulah kira-kira impresi berkendara setelah menggunakan fork brace dan memang worthed untuk dipasang pada tunggangan kesayangan. Terutama sangat membantu karena shock depan kanan dan kiri jadi naik turun bersamaan tidak seperti sebelumnya yang tidak bersamaan.
Nantikan artikel selanjutnya mengenai riser untuk shock belakang Er6 series supaya motor terlihat lebih nungging.


semoga berguna......