Wednesday, May 4, 2016

Review Box Shad SH29

SH29..... box shad ini menjadi pilihan saya untuk menambah kapasitas bagasi motor honda beat pop istri saya. cukup beli yang SH29 saja supaya tidak terlalu besar dan masih lebih kecil dibanding lebar stang motor. Kenapa gak beli merek Givi or Kappa (gak tau kappa ini masih ada gak sih) ya karena mau coba merek lain saja. Dulu pernah tahunan pakai merek Kappa K35 yang tidak beda jauh dengan Givi series sistemnya dan berhubung dapat diskonan dari Honda ya sekalian deh beli box.



Sebetulnya box ini sudah lama terpasang bahkan terpasang duluan sebelum saya ganti ban motor, kira-kira di umur beberapa hari sudah ditambahkan box. Pertimbangan untuk menambah box antara lain untuk menaikkan kapasitas bagasi yang hanya cukup jas hujan, jaket, dan beberapa perintilan kecil saja kalau pakai box bisa masukan tas sekolah anak dan peralatan lenong lainnya.
Review motor beat pop bisa dilihat disini dan review ban pengganti beat ke FDR sport evo XR bisa dilihat disini




ada beberapa perbedaan antara Givi dan Shad ini selain modelnya tentunya antara lain:
  • Sistem penguncian yang berbeda pada Givi buka tutup box harus putar kunci dan tekan tombol pembuka begitu juga untuk penguncian dibalik urutannya. Lain halnya dengan box Shad yang mirip sistem bagasi pada beberapa mobil apabila posisi lubang kunci vertikal box tetap bisa dibuka tutup tanpa harus colok kunci (tidak perlu colok kunci) tapi bila posisi lubang kunci horizontal box sama sekali terkunci tentunya ini menambah kepraktisan sendiri tidak perlu bolak balik cabut dan putar kunci tapi kalau lupa di kunci ya box dan isinya bisa raib
  • Base plate bagian pengait sudah menggunakan metal pada box Shad sehingga menambah ke awetan dan bagian metal ini bisa diganti apabila sudah aus karena ada pengunci dengan bautnya


Breket juga saya beli yang lokalan merek Dahs dengan sedikit potong besi breket didekat baut behel supaya tempat duduk bisa menutup. Menurut istri saya yang sering bonceng ada besi yang nongol sedikit jadi bikin sakit bagian paha karena bersentuhan dengan besi ini, akhirnya saya akali dengan tutup menggunakan pipa peralon yang dipotong supaya lebih rounded bentuknya.

Kira-kira demikian review untuk box Shad ini, untuk handling motor sendiri menurut saya tidak banyak terpengaruh kecuali box diisi beban berat jadi mempengaruhi bantingan nya motor dan setir jadi kelewat enteng. Beda tidak seperti penumpang karena box posisinya di buntut paling belakang jadi ya kalau ada beban lebih besar pengaruhnya.

semoga berguna