Friday, May 15, 2015

Klaim Ganti Tangki si Biru

Tangki........ si biru ini kelahiran mid 2012 tapi baru sampai di rumah sekitar September 2014. Dipakai dulu harian ngantor setelah 1,000 km diajak tour ke Guci Tegal padahal STNK belum keluar. Alhasil jalan saja, pulang dari Tegal ketika coba berakselerasi sampai high RPM di sekitar 5,000 - 6,000 RPM kok brebet persis seperti telat bensin. Berkali-kali tetap begitu juga ndut-ndutan. Tapi kalau motor diisi full tank hilang gejalanya. Jadi inget dulu Jupiter saya suka mati mesinnya karena telat bensin turun.


Setelah selidik menyelidik di dealer rupanya ketahuan tangki berkarat dan karat banyak nempel ke fuel pump. Kalau seperti ini juga diganti fuel pump gak bakalan ngaruh.


akhirnya claim saja deh tunggu tangki baru dan fuel pump baru, fuel pump dibersihkan dan tangki dibersihkan tetap tidak banyak membantu kadang kumat juga.

hari berganti hari, bulan berganti, hampir 2 bulan tangki baru si biru datang dari Thailand. Pantas lama soalnya si biru ini kan spesial limited edition gitu loh.....



setelah ganti tangki baru dan fuel pump baru langsung kembali tokcer and bisa gas pol lagi.
Analisa sementara adalah ketika lama di gudang pasti hanya diisi bensin sedikit sehingga akan ada vapor air terperangkap dan menyebabkan karat. Seharusnya kalau disimpan lama harusnya disi bensin sampai full atau dibiarkan kosong kering sama sekali.

thanks kawansakti bintaro memang top pelayanannya. Bersyukur juga cepet ketahuan kalau sudah lama mungkin gak bisa juga di klaim ya
buat rekan-rekan yang mau test tangki berkarat atau enggak bisa kelihatan dari mulut pengisian BBM setelah kita buka tutupnya, kalau yang sudah parah digeber pasti brebet dan susah naiknya.
Artikel pembersihan tangki dan fuel pump bisa dilihat disini