Sunday, July 5, 2020

Lampu Kabin Tambahan Grand Livina

Gelap...... itulah yang dirasakan kalau masuk kabin ANGL disaat malam hari. Sebetulnya hal ini terjadi karena konsol lampu bagian tengah digantikan oleh monitor dan lampu led yang ada di kanan kirinya ber daya rendah. Sempat lihat postingan di grup FB Galiloi kok ada yang pasang flexible led tempel di roof monitor sehingga lampu menjadi terang, saya jadi ikutan ingin pasang juga deh.




Sedikit flashback, dulu saya pakai lampu led batere model stick and click yang independen dan pakai batere tapi seringkali timbul masalah seperti lepas dari dudukannya atau lem nya yang lepas. Sudah coba tempel di berbagai tempat seperti di kaca dekat spion tengah dan dekat konsol AC juga tetap masih gagal. Akhirnya lampu ini saya tinggalkan, mengingat kalau jatuh part nya jadi terpecah berkeping-keping.


Setelah beli flexible led berwarna putih di online shop (sekitar Rp. 40,000), saya minta tolong bapak saya yang pasang karena mobil ada di rumah bapak. Bongkar sekian lama ternyata tidak berhasil juga rupanya karena power dari saklar masuk ke modul roof monitor dan suatu hal lain jadi bapak saya nyerah.









Ketika saya berkesempatan bawa Livina untuk ganti kaca film depan sekalian saja saya minta pasangkan ini flexible led. Bongkar roof monitor opsinya hanya lampu yang bisa menyala kalau pintu di buka dan tidak bisa dibikin mati kecuali pasang saklar tambahan. Setelah diskusi akhirnya diputuskan ambil power dan control lewat lampu bagasi saja untuk on off dan door. Setelah menebus harga Rp. 100,000 (include perbaikan kabel head unit yang mati), alhamdulillah terang deh kabin Silvi.
Kelemahannya? sepertinya hanya masalah pengontrolan yang jauh dibelakangnya tapi dibandingkan dengan terangnya dan rapihnya hasil pemasangan sih tertutup juga kekurangannya itu. Ketika mobil berjalan butuh menyalakan lampu masih bisa di handle dengan lampu led di roof monitor yang remang-remang.









Semoga bermanfaat



No comments:

Post a Comment