Monday, March 30, 2020

Engine Check On Problem - Livina

Engine check on....... ya kali ini mau bahas engine check lagi kebetulan terjadinya sama Silvi Livina saya sekitar bulan Desember lalu. Jadi Silvi ini sejak bulan Oktober dipakai bapak ibu saya. Tapi setelah sebulan mobil disana, lampu engine check menyala terus meski tidak ada yang aneh pada transmisi atau mesin mobil.




Mobil dibawa scan ke bengkel langganan non beres untuk lihat DTC (data trouble code) yang mengakibatkan lampu check engine menyala. Kemdudian didapatkan angka P0706 yang isinya T/M range sensor A (Transmission range sensor A). Browsing di Internet dikatakan bahwa sensor transmisi bermasalah sehingga bisa jadi ketika tuas di posisikan ke P transmisi nya tidak masuk ke P malah tetap di gear N. Sebetulnya tidak berbahaya asalkan kita disiplin selalu menggunakan parking brake ketika mobil parkir. Kemudian diputuskan untuk reset saja manually.





Beberapa hari kemudian lampu engine check ini kembali menyala tapi mesin maupun transmisi tidak menunjukkan symptom yang aneh. Kebetulan juga Nissan sedang ada campaign recall air bag passenger sehingga mobil kami bawa saja ke beres untuk sekalian di cek, dan lagi-lagi keluar kode P0706 dan service advisor rekomendasinya sama seperti yang saya dapat di internet plus menyarankan penggantian sensor.

pic from google



Wah saya dan bapak saya tidak menyerah begitu saja dong, jadi setelah pulang dari bengkel bapak saya inisiatif untuk buka ban sebelah kiri dan copot cover spakbor lalu dilanjutkan semprot WD40 ke semua sensor yang tercolok pada transmisi matic Livina.

pic from google



Alhamdulillah setelah sekian bulan berlalu tidak pernah nongol lagi engine check nya alias troubleshoot yang dilakukan berhasil. Root causenya adalah kebetulan bapak saya ini orangnya rajin bersih-bersih juga bagian mesin tidak luput dari bersih-bersih. Sempat juga mesin di semprot air supaya kotoran pada rontok, padahal sudah saya wanti-wanti jangan suka semprot air karena Livina ini agak ringkih sensor-sensornya. Nah setelah acara semprot-semprot itu barulah nongol engine check, untungnya masih bisa ditanggulangi dan tidak bermasalah parah.



semoga bermanfaat......




1 comment: