Tuesday, July 21, 2020

DIY : Light Service Z900

Light service...... menjadi salah satu kegiatan rutin untuk kendaraan roda dua yang saya miliki. Mulai dari mocil sampai moge semua biasa saya lakukan sendiri karena pada dasarnya sama saja hanya berbeda sizenya. Kali ini RedZee saya lakukan sendiri light service untuk pertama kalinya di rumah, gimana caranya? cekidot....





Siapkan terlebih dahulu barang-barang berikut:

- Oli dengan spek 10W-40 sebanyak 4 liter ==> kebetulan saya beli Total hi perf 4T racing 10W-50 hasil di panas-panasin om Tony kalau oli ini isinya sama dengan oli elf vent vert yang harganya 3 kali lipatnya. Sebisa mungkin beli oli asli yang bisa di temui di toko oli ternama dan SPBU 

- Filter oli tidak perlu yang ori Kawasaki Z900 karena filter oli ini sama dengan punyanya R25, N250 fi, ER6 series, Grand Livina, dan Honda Jazz. Saya sendiri memilih untuk beli merek Bosch untuk Z900 seharga Rp. 50,000 kebetulan warnanya juga hitam jadi lebih bagus 

- Kunci filter oli bisa yang bentuk mangkok fixed size untuk filter oli yang mau di bongkar pasang, model universal yang punya 3 kaki tapi ini sering slack dan kurang grip, dan model universal dengan rantai

- Kunci shock, obeng, dan Allen key

- Vacuum cleaner ini sebagai pengganti angin dari compressor untuk membersihkan filter udara

- Trash bag



Lanjut dengan step dibawah ini kita mulai dari pekerjaan yang bersih dulu:
- Buka kedua jok lanjut cover hitam samping dibawah tangki sampai yang cover di samping kaki lalu lepaskan tangki ==> bisa cek di youtube banyak yang memberikan tutorial teman-teman di luar negeri




- Geser posisi ECU lalu lanjutkan buka cover filter udara. Jangan lupa ada 1 baut plus dibawah nya posisi ECU (ditengah box filter udara)




- Bersihkan filter udara dengan menggunakan vacuum cleaner


- Bersihkan bagian dalam box filter udara dan bagian atas throttle body cukup dengan kanebo. Bisa juga sekalian membersihkan ruang bakar pakai obat STP misalnya tapi harus sambil mesin hidup dan dipasang tangkinya

- Lanjut pasang lagi tangki dan cover samping sampai ke seat. Jangan lupa colok kabel fuel pump yang ada di bawah tangki ya. Ada juga posisi 1 baut L yang agak tersembunyi saya sempat kelupaan ada di cover samping tangki. Jangan lupa cek ada baut yang kelebihan tidak setelah terpasang semua? hehehe

- Sudah beres semua lanjut dengan ganti oli dengan turunkan motor dari paddock supaya posisi nya miring

- Buka baut bak oli dengan kunci shock 17, saya biasanya tampung oli bekasnya menggunakan trash bag yang di rangkap setelah di make sure tidak bocor ==> nanti bisa di buang oli nya di bengkel terdekat. Mereka akan senang dapat oli bekas karena nanti akan ada pengepul oli bekas yang nampung 


- Buka juga penutup lubang oli bagian atas dan biarkan oli bekas keluar semua

- Setelah oli bekas keluar tutup kembali baut pembuangan oli sampai kencang, putar dulu dengan tangan supaya tidak slack or miss drat kemudian lanjut dengan kunci shock

- Isi kembali oli sebanyak 4 liter menggunakan corong, kalau saya sih pakai kalender ya dan dibikin corong atau kertas bekas atau kardus pembungkus oil filter.



- Bersih-bersih and complete

- Jangan lupa tutup oli nya dan botol oli nya di rusak ya untuk membantu mengurangi populasi oli palsu

- Kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti cek tekanan ban, pelumasan bagian dalam tali kopling dan tali gas, setel ketinggian lampu, setel jarak main gas dan koling serta kegiatan perawatan body dan cat

Semoga bermanfaat.......

No comments:

Post a Comment