Tuesday, February 7, 2017

Pressure Tank Pompa Air

Pressure tank..... adalah tangki yang biasanya ada di pompa air. Di pompa jet pump (sumur dalam) atau yang dangkal biasanya berupa tangki yang ada di bagian bawah mesin atau ada tangki terpisah dibagian atas mesin tergantung dari bentuk pompanya. Pompa jet pump saya yang tugasnya sedot dari sumur ke water toren tidak saya pasangi pressure tank karena posisinya ada di dalam tanah dan spacenya mepet. Tapi pressure tank ini saya alokasikan malah untuk pompa pendorong dari toren ke sistem air rumah.

Pressure tank bawaan pompa jet pump


Awalnya saya perhatikan pompa pendorong saya kok sering hidup mati sendiri padahal tidak ada keran atau saluran yang bocor, mungkin ada tapi tidak terlihat mata. Automatic switch sudah setel-setel sedemikian rupa supaya tidak sering hidup mati pun tetap percuma sedangkan pressure tank kecil bawaan pomp pendorong sudah saya pensiunkan karena bocor terserang karat dari dalam.
Dikarenakan ada pressure tank nganggur maka saya pasangkan saja pressure tank besar ini ke pompa pendorong yang saya punya.
Jet pump yang saya punya tapi pressure tank dicopot


Setelah pasang pressure tank besar di pompa pendorong hasilnya adalah pompa pendorong jadi tidak suka hidup mati sendiri ketika semua keran tertutup. Ketika keran dibuka juga nyala nya ada delay dan cenderung flat hidup terus tidak cetak cetek begitu juga ketika keran ditutup akan ada jeda waktu beberapa detik sampai pressure tank penuh dan sesuai dengan setelan automatic baru pompa mati. Dan saya sangat puas dengan hasil ini karena bisa mengirit listrik juga toh?

Jet pump model lain yang pressure tanknya ada dibagian bawah mesin
Dulu sebelum pasang presusre tank, keran terbuka sepersekian detik saja mesin sudah menyala dan ditutup sebentar saja juga langsung mati, hal ini akan membuat intensitas pompa pendorong lebih sering hidup mati kalau kita pakai kloset or mesin cuci yang lubang airnya kecil dan ini sangat tidak bagus buat lifetime pompa dan juga tagihan listrik.

Pompa pendorong minus pressure tank


Kita ulas sedikit apa sih pressure tank ini? 
bagian dalam tangki besi terdiri dari membran yang bisa mengembung dan mengempis persis seperti balon. 
Ketika semua keran menyala maka membran kempes sehingga otomatispompa memerintahkan pompa untuk hidup (gambar paling kiri) setelah keran ditutup maka pompa tidak akan langsung mati tapi tetap hidup untuk mengembungkan membran sampai tekanannya sesuai dengan setelan otomatis pompa (kita anggap setelan mati di 4 bar di gambar ketiga dari kiri). 
Ketika ada keran kita buka tapi cuma sebentar maka membran akan mengempis tapi tidak sampai membuat pompa menyala karena masih ada sisa tekanan yang membuat otomatis pompa tetap mati dan diam.
Begitu juga misalkan di kloset atau mesin cuci yang air keluarannya kecil cenderung membuat pompa pendorong hidup mati maka dengan dipasang pressure tank maka pompa akan berkurang intensitas hidup dan matinya.




Setelah pasang pressure tank ini juga cukup signifikan dalam mengirit listrik rumah saya lo?
penasaran step apa saja untuk mengirit listrik? cekidot artikel lawasnya disini


semoga berguna......