Monday, October 10, 2016

Upgrade Grand Livina - Led Bar / Led Alis

Led Bar..... atau led alis merupakan aplikasi lampu led yang saat ini sering digunakan di kendaraan bermotor. Sebetulnya led bar ini terdiri dari led kecil-kecil yang ukurannya lebih kecil dari kepala jarum pentul dan dibungkus oleh selongsong karet jadi berpendar semua bagian karet pembungkusnya seolah-olah tidak ada led yang kecil, yah mirip-mirip sama lampu neon panjang tapi bentuknya kecil dan elastis bisa di tekuk-tekuk.

Berawal dari DRL (daylight riding light) tipe plasma yang sebelumnya saya pasang (artikel disini) mulai pada mati di beberapa sektornya (kalau di foto gak kelihatan) dan mengamati bagian lampu depan mobil ada slot yang kosong, maka saya menyambangi toko asesoris mobil di BTC bintaro untuk pasang led bar.



Pemasangan led bar bagian depan memakan waktu yang cukup lama kalau ditotal sekitar 7 jam, memang diperlukan kesabaran karena harus bongkar head lamp dan di lem lagi. Power DRL baru ini ikut ke kontak supaya selalu menyala ketika mesin menyala jadi harus tarik kabel ke dalam dashboard, ambil setrum dari pengatur kaca spion sekalian pasang sekering 10 amp didekat situ. DRL plasma saya dulu sih ambil setrum dari sekering EFI tapi pihak bengkel tidak mau pasang di situ lebih prefer ambil setrum langsung dari dashboard. Kok gak sekalian pasang projector or devil eyes yang lagi trend? wah enggak deh, mobil jadi keramean and kurang elegan....

DRL plasma yang lama dibagian bawah.
Lihat bagian head lamp ada slot menyerupai huruf L untuk posisi DRL

New DRL, kalau di foto malah silau

Pantulan di kaca

Apakah mata bagian depan saja yang operasi mata? oh enggak juga yang belakang pun saya utak - untuk pasang led bar. Seperti kita ketahui all new grand livina (ANGL) ada mika lampu di bagian bagasi yang bagian tengahnya adalah lampu mundur, nah ini juga saya pasang led bar warna merah dan ikut jadi lampu kecil jadi tambah meriah bagian belakangnya. Bagian lampu rem asli tidak saya kasih led bar karena takut lampu rem tidak kelihatan dan membahayakan malah. Ini bersamaan dengan lampu depan jadi pengerjaan juga sama sekitar 7 jam

kondisi normal tanpa injak rem

Injak rem tanpa lampu kecil
Lampu kecil on tanpa injak rem

Lampu kecil on plus lampu sen


damage cost? bagian depan karena pakai yang 1 warna 60 cm saja kena Rp. 650,000 ada tipe yang dua warna ketika nyalakan sen dia akan berkedip kuning (Rp. 850,000) dan ada lagi yang kedipan kuning berjalan. Bagian belakang pakai warna merah saja 60 cm dan sedikit di modif buat potongannya untuk dipasang di bagian atas lampu rem jadi Rp. 1,000,000. Mahal karena ongkos bongkar 4 lampu. Totalnya jadi Rp. 1,650,000 diluar tip, alhamdulillah bisa tampil beda mobilnya malah mirip toyota Sienta.

Aplikasi lampunya juga bisa beraneka ragam, bisa diubah ikut ke lampu rem atau DRL ikut di lampu kecil juga bisa-bisa saja tergantung yang punya mobil maunya gimana.

Kelemahan? DRL tipe led bar buat bagian depan ini menurut saya kalau siang-siang terik kurang terang agak samar saja karena lumens nya tidak setinggi yang tipe led satuan, belum lagi di ANGL tertutup 2 mika bagian DRL ini (bagian berbentuk huruf L). Kemudian kelemahan lainnya ada kemungkinan bocor bagian lampunya karena di bongkar-bongkar

Mau lebih murah? beli aja di tokopedia led bar merek AES, nanti tinggal pasang di toko lampu mereka sudah biasa masangnya dan pasti gak semahal di toko asesoris mobil.
Buat motor apakah bisa? bisa juga tinggal ke tukang lampu aja buat bongkar lampunya.

semoga berguna......