Monday, October 3, 2016

Ganti Oli Er6N - Ninja 650

Oli..... bagian yang tidak terpisahkan dan wajib ada di kendaraan bermotor. Oli mempunyai beberapa fungsi antara lain sebagai pelumasan dan juga membantu pendinginan. Jangan sampai kendaraan kesayangan kekurangan oli loh, bisa jadi efek yang ditimbulkan sangat fatal karena akan ada part yang mengalami gesekan berlebih sehingga panas berlebih dan mengalami kerusakan. Kalau part mesin sudah rusak ya pastinya akan keluar ongkos lebih banyak lagi untuk turun mesin, pernah dengar seorang teman ER6 nya kudu turun mesin karena kekurangan oli dalam jangka waktu yang lama bisa sampai habis 30 juta estimasi biayanya.




Perlu diketahui oli motor dan oli untuk mobil beda peruntukannya, oli mobil berfungsi untuk melumasi bagian mesin saja tidak termasuk kopling karena kopling mobil menganut dry clutch (transmisi manual), sedangkan untuk transmisi matic olinya tersendiri tidak gabung dengan oli mesin. Sedangkan pada motor, menganut sistem kopling basah jadi kopling dan transmisi semuanya jadi satu dilumasi oleh oli mesin. Kecuali pada motor matic dimana tidak ada kopling melainkan sistem CVT dry yang tidak perlu oli hanya ada oli gardan saja dan juga motor ducati yang menganut dry clutch.
Pernah ada tetangga yang pakai oli mobil untuk motor Binter Mercy nya, alhasil motor nya nabrak karena terjadi slip kopling sehingga motor tidak bisa dikendalikan. So gunakanlah oli sesuai dengan peruntukannya bros....

OK langsung saja, pertanyaan yang sering diutarakan oleh pemilik ER6 yaitu berapa liter sih oli yang dibutuhkan oleh motor kita ini? cekidot buku panduan pemilik ini

Click to Enlarge


ternyata tanpa pergantian oil filter hanya dibutuhkan 1.6 L oli saja, dengan penggantian oil filter butuh 1.8 L. Ada tulisan lagi kondisi oli mesin benar-benar kering, ini maksudnya setelah turun mesin dan bak oli di kuras habis baru butuh 2.3 L. So jangan salah lagi ya masukin sampai 3 liter, hehehe Recommended pabrikan untuk ER6 adalah oli dengan SAE 10W - 40

Saya sendiri setiap ganti oli sendiri di rumah motor selalu saya posisikan dalam posisi tegak lurus tanpa paddock dan intip dari jendela samping, tunggu sesaat dan pastikan posisi oli ada di antara kedua garis penanda min max. Dengan mengisi sampai 2 liter saja maka level oli tidak akan lebih dari garis maksimum, mepet sedikit dibawah garis maksimum, jadi ganti oli dengan 2 botol pasti akan sisa 200 - 400 mL saja olinya.

lihat 2 garis sebelah kiri jendela oli, yang bawah itu minimum yang atas maksimum


Kalau begitu lebih baik isi lebih dari maksimum saja kah? ya ini gak baik juga karena  for some reason ada alasan kuat kenapa ada batas ketinggian oli maksimum kan? bisa jadi bagian yang tidak perlu terendam malah terendam oli terus menerus sehingga tidak optimal pelumasannya.
Jadi ya isilah oli cukup di antara garis penanda min max dengan posisi motor tegak lurus tanpa paddock, dengan paddock maka motor akan cenderung miring ke depan dan terlihat seakan-akan oli masih kurang karena posisi side glass berada di bagian belakang. Jangan lupa sering-sering juga intip ketinggian oli, daripada jauh berkurang karena menguap nanti isi dompet kita ikutan menguap juga lebih banyak lagi.

Mau ganti oli sendiri? gampang tinggal buka baut sebelah kiri dengan size 17 yang ada di dekat standar samping dan tampung olinya di kantong plastik yang tidak bocor. Setelah tunggu beberapa menit dan oli habis semua tidak ada yang keluar lagi tutup lagi bautnya putar dengan tangan dan lanjutkan dengan kunci pas or sok. Lanjut isi oli baru dari lubang oli yang ada disebelah kanan yang tutupnya plastik. 1.6 liter tanpa penggantian filter oli dan 1.8 liter dengan penggantian filter oli.
Oli bekasnya dikemanakan? kasih aja ke bengkel terdekat, mereka akan happy - happy saja karena nanti akan ada pengepul oli bekas ambil dan kasih duit ke mereka.

Baut ring 17 yang ada di atas leher knalpot

Ganti filter oli gimana? kalau ini perlu alat khusus yang berbentuk mangkok atau kunci yang universal khusus filter oli. Posisi filter oli ada dibagian depan mesin bagian bawah. Tinggal putar berlawanan arah jarum jam dan lepas filternya, siap-siap ada tumpahan sisa oli dari filter oli ini.
Pasang filter baru make sure dulu filternya mempunyai packing O ring yang bagus kondisinya tidak luka or cacat, oleskan oli sedikit kemudian pasang dengan tangan, setelah kencang di kencangkan lagi menggunakan kuncii khusus filter oli. Filter oli alternatif bisa pakai punya honda jazz (size lebih tinggi) atau toyota corolla yang tingginya sama persis

Filter alternatif honda Jazz terpasang

Filter Ori Kawasaki ER6

Filter Honda Jazz (kiri) - Filter Ori Kawasaki ER6 (kanan)

Daftar spare part dan part alternatif untuk ER6 series bisa diintip di artikel sebelumnya disini

semoga membantu.....

Ganti filter oli dibantu 3 mekanik cilik