Wednesday, February 27, 2019

CVT Modification - Aerox 155

CVT..... continous variable transmision merupakan bagian yang bertugas untuk memindahkan daya dari mesin ke ban pada sepeda motor matic. Pada komponen inilah daya dari mesin terbuang, dari beberapa literatur ada yang bilang sampai 30% terbuangnya. Tapi ini juga make sense sih karena kalau kita test akselerasi motor matic ditandingkan dengan motor rantai seringkali yang berpenggerak rantai lah yang lebih unggul bisa ngacir duluan.

Si Koneng Aerox 155 saya jadi korban kali ini untuk di oprek sektor CVT nya, berdasarkan ubahan yang sudah dilakukan di
Burgman bapak saya yang artikelnya bisa dilihat disini. Keluhan utama Koneng adalah top speed yang saya rasa hanya mentok di 110 kpj dengan berat badan saya sekitar 78 kg, jadinya saya penasaran untuk menaikkan top speed Koneng meski akselerasi menurut saya sih sudah cukup meski terasa ada sedikit sekali lag di RPM bawah. Nah kalau bro sis mau tau karakter Aerox 155 bisa intip di artikel ini






Karena cukup malas untuk pergi dan antri di bengkel berkah Cahaya Matic Pondok Cabe yang oprek Burgman bapak saya jadinya saya beli part modifikasi yang dijual via online antara lain:
  • 6 buah roller NKS 10 gram. Roller ini saya mix selang seling dengan roller bawaan Aerox 13 gram. Menurut saya ini supaya roller lebih cepat terlempar keluar dan membuat drive pulley (depan) mengecil mendorong belt ke diameter besar dan efeknya mengecilkan posisi belt di driven pulley (belakang) untuk mengejar akselerasi

10 gr (atas) dan 13 gr (bawah)

selang seling 10 gr dan 13 gr (standar)


  • Per CVT dari DZM Bandung saya pilih yang tune up harian, sepertinya sih 1,000 rpm speknya karena masih lebih keras yang standar. Menurut saya ini supaya RPM naik agak tinggi dahulu dan mangkok pulley belakang baru membuka jadi saluran torsinya lebih terasa di ban belakang. Meski begitu untuk di speed lambat tetap masih enak jalannya tidak harus terlalu mengerung di RPM tinggi mesinnya



Per standar (kiri), per tune up (kanan)


  • Rumah roller yang sudah di coak dan sudut pulley 13.8 derajat untuk satu set pulley depan. Menurut saya ini ditujukan supaya belt di pulley depan bisa lebih naik lagi dan top speed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Kalau disandingkan ternyata rumah roller baru ini diameter luar yang bersinggungan dengan belt lebih besar diameternya dibandingkan  rumah roller standarnya

kiri rumah roller standar, kanan rumah roller modifikasi

atas pulley baru, kiri pulley standar



  • Mangkok CVT di bagian yang menempel dengan kopling beli custom dari pae garage. mangkok CVT ini di lubangi dibagian sisinya, bagian yang menempel dengan kopling, dan ada tambahan rel di bagian yang menempel dengan kopling. Menurut saya bagian yang menempel dengan kopling ada rel dan lubang ini berfungsi untuk membuang kotoran dari ampas kopling sehingga gredeg yang jadi penyakit Aerox gak balik lagi. Sedangkan bagian samping dilubangi untuk meringankan beban mangkok CVT saja
atas mangkok standar, bawah mangkok modifikasi



atas mangkok standar, bawah mangkok modifikasi


Hasilnya adalah:
  • Motor berjalan di RPM yang sama sekitar 3,000 RPM. Tapi motor terasa agak mengerung di RPM 5,000 jadi seperti ada lag torsi antara 3,000 ke 5,000 tapi mesin dari 5,000 ke atas mulai menjambak. Dibandingkan dengan kondisi standar lag torsi ini juga mirip-mirip.

  • Torsi lebih terasa dibanding kondisi standar apalagi di sweet spot nya yaitu di kisaran 5,000 - 7,000 RPM. Saya test di ramp naik parkiran kantor sampai berasa mau wheelie

  • Top speed tersunat dikit biasanya 110 kpj lebih sedikit masih sering ini ke 100 kpj lebih sulit

  • Nafas di RPM 8,000 ke 9,000 sudah terasa penurunan torsinya tidak seperti CVT kondisi standar

  • Gredeg harusnya hilang karena sudah pakai mangkok yang dilubangi sehingga kotoran cepat keluar dari mangkok. 

  • Fuel consumption sepertinya masih sama saja tergantung cara bawa motornya, meski karena lebih enteng maunya di geber terus si Koneng ini. Saya masih dapat sekitar 35 - 35.8 km / liter

  • Ketika starter pagi sepertinya rumah roller lebih berisik bunyinya

Total biaya modif diluar ongkos pasang adalah sekitar Rp. 650,000, mungkin kalau mau lebih murah bisa juga di oprek oleh Berkah Cahaya Matic di sebelah lapangan terbang Pondok Cabe Cirendeu, bisa cek di gmap untuk lokasi persisnya.


Next projectnya saya mau ganti per kopling yang 1,000 RPM dan pakai filter udara Ferrox, stay tuned.....
Mungkin ada yang punya resep buat naikin top speed tanpa bore up cc tolong dong di share ya brothers.


semoga bermanfaat dan gas....


53 comments:

  1. MENURUT saya om,

    ada lag itu krn roller selang seling,,, saya udah nyoba roller 11,12,kombinasi ukuran itu dg stndar,,, g ada yang lebih nikmat dari roller 15gram...lohhh...g berat? endak om...krn output mesin aerox itu besar kan...

    biar motor lebih instan jalan dri Nol, ganti per sentri 1.000rpm atau bisa pake beat dan mio...

    kalo per cvt saya suka standar, krn lebih smooth feelnya..pernah pake pcx thai..kasian banget kyk d paksa cvt nya..

    tp kalo berandai andai, misal saya sekaya om. saya pasti beli cvt custom dari R1 matic shop jakarta/om ikim..hehe

    btw doakan saya bisa punya z800 ya om..hehe..salam kenal 0896 6907 9207

    ReplyDelete
  2. Om kalau pakai 15 gr feel nya gimana ya?
    Per sentri saya udah ganti yg 1,000 rpm tapi ya masih rada nahan larinya.
    Sama top speed masih tersunat belum bisa lepas plong


    Kalau saya masih nganut modif yg murah2 aja lah, hehe

    Salam kenal juga om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om nanya yg dirubah apa aja? Btw 15 gram seling apa full

      Delete
  3. aq suka om...kecepatan linear ma naiknya rpm....nanjak aman2 iq om, cz tenaga aerox kan besar...

    menurutku nahan krn per cvt dan roller nya om,, coba deh balikin standar dl.. or kalo mau nyoba sekalian 15gr monggo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip makasih inputnya. Nanti eksperimen lagi.
      Sementara lagi ganti knalpot racing dulu biar gak disenggol mobil lagi

      Delete
  4. Kalau seperti itu per kampas ganda yang 3 per itu juga harus diganti om, supaya singkron, aerox saya pake per cvt punya pcx 1,500rpm, per kampas ganda juga pake punya pcx 1,500rpm, roller saya pake 11 12, aman atas bawah dapet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sudah saya ganti om yang per kampas ganda. Cuma menurut saya sih masih so so alias ya gak beda jauh.

      Terimakasih input nya

      Delete
  5. Om 15 gram seling apa full 15 gram btw dah drbah apa aja

    ReplyDelete
  6. Kalo pake Per CVT PCX 150 Thailand enak nya Roller ganti 15 Gram, tenaga tetap galak kok, di tanjakan enteng, Lari santai gak Gerung, BBM juga irit...... Tapi saya Pake per CVT PCX 150 Thailand + Roller 17 Gram. Buat jalan santai enak, Tanjakan juga masih enteng, buat Top Speed Ok. Tarikan juga galak kan AEROX tenaga Gede. BBM irit 1 Liter menempuh 51,8 km, kecepatan rata-rata 70 km/jam, cara bawanya sedikit Agresif. Saya tinggal di daerah yg gak ada kemacetan jadi sy pake Roller 17 Gram. Kalo di kota besar yg sering macet pake 15 Gram aja deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice mas bro, kayanya yakin saya mau pakai yang 15 gram setelah diskusi dengan bebrapa bro-bro yang lain

      Delete
    2. @mas Ham.. mau tanya, Aerox saya diganti roller 13gram Tdr, per cvt Pcx dan per sentri mio karbu saya rasa pemakaian 1 minggu terasa berat tarikan bawah..

      yang saya mau tanya, kl saya ganti pakai per sentri pcx dengan spesifikasi : roller 13gram tdr, per cvt pcx.. aman gak yaah tarikannya..

      terima kasih

      Delete
  7. roller 15gram pakai merk/motor apa oom... saya rencana mau ganti roller.. pulley, per cvt dan mangkok sudah saya siapkan..

    ReplyDelete
  8. Tdr aja om ada kok ato after market lain ktc kawahara

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu racing atau standart om.. buat harian aja sih

      Delete
  9. Saya pakai roller 11g xeon, per cvt tdr 1000rpm, per sentri masih standar, kampas ganda pake n max. Hasil tarikan motor agak berat dan motor agak menggerung. Ada masukan gak gan biar tarikan enteng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masa om jadi lebih berat? Coba per cvt nya balikin lagi ke standar harusnya ada perbedaan deh dengan roller di 11 gr

      Delete
  10. coba rumah loler (jalan loler di bbubut) pakek loler 9 g per cvt 1000/1500rpm) sedikit gerung tapi 0 ke 100 lebih cepet speed lumayan 120 kadang bisa lebih om... tergantung jalan heheh.... #fitspeed surabaya, nanya² cek ig om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini sih setinggan buat wheelie terus nih pakai 9gr. Hahaha dengan berat badan seperti saya di 70 kg plus plus sulit ke 110kpj. Thanks infonya dan sukses om.

      Delete
    2. om bubut jalur roller di sby dimana ya?

      Delete
    3. Kurang tau gan, kalau saya beli dari online shop

      Delete
  11. bro, saya cuma ganti per cvt pcx thailand.
    tapi tarikan bawah berat banget.

    enaknya di apain ya ?
    kalo dikasih ring pulley mio j ngaruh ngga ?
    apa enakan settingan (roller di mix 8 gram + per cvt vario karbu + per sentri beat karbu) ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti roller nya aja, Jangan terlalu jauh selisih nya nanti top speed tidak dapat meski akselerasi dapat. Per sentri sepengalaman saya sih tidak terlalu ngaruh ya

      Delete
    2. ganti berapa gram gan ? full atau mix ?

      Delete
    3. Saya sih mix 10 dengan 13. Itu saja sudah berasa tersunat top speed nya cuma untuk tarikan bawahnya sudah enak

      Delete
    4. jadi cukup per cvt pcx thailand + roller mix 10 dan 13 ya omm ? roller daytona nggapapa kan om ?

      Delete
    5. Iya cukup menurut saya. Roller sih bebas mau yang mana saja. Kalau masih kurang bisa ganti yang pulley bubutan 13.8 derajat. Kalau ada gredeg bisa ganti mangkok kopling yang sudah di bolong bolongin. Masih kurang juga bore up aja. Hehe

      Delete
    6. Om punya saya pke puley set uma racing plus roller uma 10g rata, per cvt pcx thailand per sentri 1500 kawahara, tapi di bawah gerung om, kira kira suapaya atas sma bawah dapet di ubah apa nya lagi ya om?

      Delete
    7. Kayanya per cvt nya coba dibalikin pakai standarnya aja deh om

      Delete
    8. Per cvt sama sentri nya ganti sama 1000rpm, roller pakai 12gr dijamin bawah ngacir atas dapet

      Delete
  12. terus ring pulley mio j emng ngaruh ya om ?

    ReplyDelete
  13. Om mau tanya kombinasi roler yang enak buat aerox standart pake berapaya om? Biar tarikan bawah sama atas enteng om

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pakai 10 seling dengan 13 it top speed aja sudah berasa turun. Sulit memang main CVT kalau semuanya mau dapet, kalau kita lebih unggul ke tarikan pasti top speed akan turun. Tinggal prioritas saja jalur yang kita mau lalui lebih banyak stop and go atau top speed

      Delete
  14. kalo resep untuk kuat di tanjakan, ada ga om,,,, saya naik ke Cangar dari Pacet (jatim), notabene tanjakan curam, belum apa² udah ga kuat, nb. saya boncengan sama istri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya untuk akselerasi dan torsi bisa turunin roller ke 9 gr semua. Cuma ya top speed pasti berkurang jauh.
      Kalau jalur yang sering dilalui banyak tanjakan tidak ada salahnya coba ke 9 gr semua.
      Matic berboncengan pas tanjakan memang ada trick nya harus geber dari awal sebelum menanjak

      Delete
  15. saya kmrn juga barusan ganti yang pake dzm itu trus saya ganti kampas ganda pake daytona trus roller juga saya turunin jadi 11 gr selain itu kayak per kecil dan besarnya ttp pake yang standart pas saya coba malah rpm rendanhnya itu kosong banget kayak dari 2000-5000 itu sama sekali gaada tenaga, baru abis ngelewatin rpm itu kerasa banget tarikannya lebih gigit, kira" bisa tarika awalnya ga kosong diapain ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba per besar nya per cvt di ganti yang lebih keras deh

      Delete
    2. ini saya mau ganti per kecil yang ada 3 itu saya jadiin yang 1000 rpm, tetep perlu ganti per besarnya ga?

      Delete
    3. Yang kecil per sentri itu kalau di saya gak terlalu ngaruh. Lebih pengaruh yang per besar cvt gan

      Delete
    4. per besarnya bisa ngaru ke tarikan bawahnya gan?? soalnya grgr diapke harian jd kerasa banget tarikan awalnya kurang

      Delete
  16. Mau tanya bang. Untuk aerox 155 Per cvt 1500, Roler nya enak mix 13,11 atau rata 11. Trus untuk persentri kalo mau ganti harus 1500 juga?
    Trek bandung macet" dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandung kayanya enak 11 rata semua deh. Buat melahap track Lembang juga enak itu pasti dengan 11 semua buat stop and go kemacetan juga enak.
      Per sentri tidak terlalu signifikan kalau diganti menurut feel saya

      Delete
  17. Enakan 13,5 atau 13,8 om kira²?
    Tarikannya lebih joss an mana om??

    ReplyDelete
  18. Mas,mau tanya donks,roller yg cocok utk touring track Jakarta-cianjur,total BB 150 an sm bini.biar kuat ditanjakan?!Mohon info & ilmu nya.Thx🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas, kalau mau modif paling minimal itu turunin roller saja ke 10 gram rata 6 roller. Cuma nanti top speed akan turun dan motor nafasnya jadi pendek.
      Karena CVT jadi tidak bisa sekaligus dapat top speed dan akselerasi. Pertimbangan di atas itu saya kasih karena track Jakarta Cianjur banyak menanjaknya jadi butuh akselerasi, sedangkan di jalan raya Bogor atau Parung pasti gak perlu kejar top speed kan?

      Delete
  19. Ijin share mas Andaru Pratomo dan kawan sekalian, saya punya Aerox 2019. Sektor CVT sudah diganti rollernya ke Dr. Pulley rata 11gr, mangkok dan kampas diganti pake punyanya standar NMax 2DP. Sisanya ga ada ubahan sama sekali, cuma ganti shock belakang yang tabung haha.

    Ada yang unik dari roller Dr. Pulley 11gr ini. Bobot saya 90kg, kalau motor saya betot dari awal langsung gaspol, top speed bakal mentok di 113-114 km/h. Ini kondisi trek pendek. Tarikan emang lumayan terasa beda dibanding standarnya. Ga ngukur detiknya, tapi pernah rolling start bareng Ninja SS, 20-60 km/h nya bisa ngejabanin. Ajib.

    Tapi, kalau di trek panjang di daerah Pasuruan- Probolinggo (saya biasa PP Surabaya-Denpasar via Pantura), dengan metode gas diurut, motor bisa sampai 121 km/h dan kerasa masih bisa naik lagi. Padahal kondisi bobot saya 90kg plus tas laptop dan ransel pakaian itu kira-kira nambah 25kg lagi.

    Ngedapetinnya adalah dengan cara "ngoper" putaran mesin ke titik terrendah. Misal, saat akselerasi, speed kita di 70km/h, RPM kisaran 8ribuan. Maka "ngoper" nya adalah dengan nutup gas sedikit, jadi di speed 70km/h tadi RPM geser turun ke 6-7 ribuan. Trik ini uniknya bisa naikkan speed di RPM 9ribuan, yang biasanya mentok 113, bisa naik ke 121 km/h.

    Entah kenapa secara ilmu fisika nya. Padahal seharusnya kalau RPM kita turunkan, gaya sentrifugal yang diterima roller bakal lebih kecil. Justru harusnya sheave bakal nge-slide balik ke posisi low, bukan malah naik ke high.
    Saya rasa ada dengan roller ringan ini justru banyak power loss yang terjadi di RPM tinggi?

    Jadi kepengen nyobain roller TDR 15 gram rata seperti yg dibilang Mas Haris diatas. Untuk responsiveness dapet dengan 11 gram, tapi saya rasa dengan 15 gram masih bisa nonjok juga tarikannya.

    Sekian terimakasih, monggo tanggapan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice mas, boleh juga saya coba nanti karena kota domisili sekarang banyak track lurus dan high speed nya.
      Untuk bobot segitu termasuk tinggi speed nya

      Delete
  20. Om.. saya mau tanya.. kalo saya pakai per cvt 1000 rpm, roller yang cocok itu berapa gram ya? Berat badan saya kurang lebih 55 kg.. terima kasih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau 55 kg sih udah menang kemana mana harusnya Aerox nya. Bila masih mau kejar akselerasi bisa turunin ke 10 gram tapi kompensasi nya top speed turun

      Delete
    2. Waduh ini masnya spek pebalap sih kalo 55 kg, kalo saya malah saya beratin itu roller ke 14-15gr biar topspeed makin terbang, ngimbangin per yang udah naik spek.

      Dan setuju sama mas Andaru, kalau mau makin njengat-jengat, bisa turun ke 10gr

      Delete
  21. asli gua baca komen kalian semua dari atas ampe abis belom nemu pencerahan harus ganti per cvt, per sentri sama roller jadi berapa² nya hahaha, pengen main di :

    per cvt 1000 rpm
    per sentri standar atau beat karbu
    roller 11gr rata
    tambain ring pulley mio j

    pengen nyoba sih kek gitu besok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung bobot aja bang biasanya. Kalo baru mulai, start dari salah satu dulu aja; misal ganti per cvt yang lebih keras, atau ganti roller 11gr rata.

      Kalau langsung ganti per cvt keras plus turun berat roller, motor jadi terlalu nggerung, dan top speed ambyar.

      Delete
  22. Saya udah pake per CVT PCX thai, per centri beat, roller 11gr rata, tapi masih kurang ngangkat, rencana mau ganti per CVT 1500 rpm, per centri 1500 rpm, sama roller mix 12 gr sama 11gr, kira2 wort it ga ya ? bobot saya 78 kg

    ReplyDelete