Tuesday, April 3, 2018

Hose Penyebab Brebet - ER6

Brebet..... jadi salah satu momok yang menyebalkan di ER6 baik itu ER6N atau ER6F, salah satu penyebabnya kalau di ER6 ini adalah tangki yang berkarat dan karatnya yang menyumbat fuel pump. Cara menanggulanginya sudah pernah saya ulas disini.


Nah, kalau tangki dan fuel pump sudah bersih kemudian tetap RPM mesin tidak rata gimana?
saya sempat mengalami RPM susah rata di sekitar 4,000 padahal posisi ini paling enak buat gantung RPM ketika cornering efeknya malah sering agak kehilangan keseimbangan karena motor agak nyundul-nyundul, gejala lainnya antara lain kadang di pagi hari juga RPM suka naik turun, knalpot yang lebih berbau bensin, serta konsumsi bensin yang lebih boros (biasanya 1:17 ini sampai ke 1:14 dengan knalpot racing dan fuel 92)





Setelah diselidiki oleh mekanik, barulah ketahuan kalau ada hose udara yang pecah dan posisinya nyempil ada di bawah tangki depan sebelah kiri. Hose ini connect ke throttle body, mungkin adalah secondary air inlet kayanya (part number 92192)? ketika mesin hidup langsam juga terdengar suara desis terputus-putus seperti knalpot bocor.


Karena tidak bawa hose jadi solusinya adalah di potong bagian yang pecah kemudian disambung lagi, lumayan berhasil bertahan sampai sekitar 1,400 km lagi sampai saya ganti hose nya dengan yang baru hanya Rp. 15,000 saja asli Kawasaki.



Kalau hose ini dibiarkan bocor maka motor hanya akan enak di RPM 4,000 keatas dan tidak mau dibawa pelan karena akan nyundul-nyundul.



semoga berguna.....