Monday, March 5, 2018

Klakson Kendaraan - How to Treat, Maintain, and Install

Klakson..... eh kayanya udah lama bener ini 2 bulanan gak nulis blog karena kesibukan parah melanda. hehehe. OK kita lanjut dulu untuk bahas soal klakson.
Seperti yang kita ketahui klakson itu terdiri dari beberapa jenis antara lain:
  • Disc horn (klakson gepeng)
  • Fanfare horn (klakson keong)
  • Compressor trumpets (klakson telolet)


Disc Horn
Klakson yang populasinya paling banyak di kendaraan bermotor baik itu motor dan mobil. Buat motor baik dari mocil sampai moge biasanya hanya single disc horn, di mobil biasanya sudah stereo alias 2 buah disc horn.

Disc horn ini boleh dikatakan paling ringkas dan tidak makan tempat untuk penempatannya.
Perawatannya juga terbilang paling mudah yang penting tidak karatan klaksonnya.
Mau adjust suara klakson juga ada baut setelan membran yang bisa bikin suara klakson lebih kencang atau soft.



Fanfare Horn
Sering disebut klakson keong atau snail horn, kenapa? karena bentuknya yang menyerupai rumah cangkang siput yang merupakan ruang resonansi suara. Biasanya klakson mobil ini  ada di mobil-mobil kelas mewah seperti BMW, mercy, volvo, termasuk juga di motor-motor yang saya miliki.
Klakson keong ini dimensinya lebih besar dan tebal dibandingkan disc horn jadi relatif lebih makan tempat terutama kalau kita mau pasang di motor harus pintar-pintar cari lokasi buat menaruh klaksonnya.

Perawatannya perlu perhatian khusus karena klakson ini takut air, alias tidak boleh kemasukan air dari corongnya karena kalau sudah masuk air maka air akan terjebak didalam klakson sehingga mempengaruhi getaran dari membran klakson. Jadi suaranya akan bindeng atau gak keluar sama sekali. Kalau sudah kejadian seperti ini ya segera copot klakson lalu semprot pakai kompresor angin atau di kocok-kocok pakai tangan sampai air pada keluar, bila didiamkan saja maka membran akan rusak dan ketika sudah tidak ada air suara tidak akan balik lagi ke awal.

Problem seperti ini biasanya sering terjadi di motor setelah cuci dengan steam, kalau mau lebih aman ya lubangnya ditutup ketika proses pencucian
Klakson jenis ini juga ada baut setelan untuk adjust suara klakson nya.



Compressor Trumpets
Sering disebut klakson telolet yang sedang ngetren saat ini. Biasanya terdiri dari terompet yang panjang, kalau mau jadi telolet haru spunya minimum 3 terompet.
Klakson jenis ini jelas dimensinya paling panjang dan besar serta banyak digunakan di truck atau kapal laut.

Berhubung saya belum pernah pakai, perawatannya menurut saya juga sama dengan klakson keong tidak boleh kemasukan air dari lubangnya



Nah itulah jenis-jenis klakson yang ada di pasaran, tergantung bro sis semua mau pilih yang mana dan senang dengan yang tipe apa.

Kalau saya ya senangnya tipe klakson keong atau fanfare horn, saya saran kan kalau mau membeli klakson pilihlah yang made in Spain / Italy karena pengalaman saya yang made in India or Indonesia durability nya kurang tangguh apalagi dipasang di moge yang mesinnya panas seringkali membrannya nyangkut kalau kepanasan. Selain itu saya pernah pakai yang Hella made in Italy tahan 10 tahun meski berulang kali kemasukan air dan dikeluarkan lagi, yang non Europe baru 2 tahun mulai sember.


Courtesy saft7.com


Memasang klakson stereo yang terdiri dari 2 klakson (hi and low freq) dibutuhkan pemasangan relay, meski ada beberapa tipe klakson keong yang bisa tanpa relay tapi suaranya kalah kencang dari klakson yang pakai rangkaian relay.
Pemasangan klakson relay sebetulnya cukup mudah dengan modal peralatan sebagai berikut:
  • Niat
  • Kabel dengan diameter tembaga minimal 1 mm, kalau diatas itu lebih bagus
  • Relay 
  • Skun kuningan
  • Sekering 10 Amp

Quick installationnya kurang lebih seperti berikut:
  • Kaki relay nomor 30 itu berasal dari kutub (+) accu (disini dipasangkan juga sekering 10 amp sebelum masuk ke relay)
  • Kaki relay nomor 85 (tinggal colok ke soket klakson dari motor / mobil)
  • Kaki relay nomor 86 (colok dari soket klakson motor / mobil yang satu lagi)
  • Kaki relay nomor 87 kita bikin cabang 2 dan masing-masing ke klakson kanan dan kiri
  • Kaki klakson yang kosong kita sambungkan ke baut yang menempel di body motor atau mobil atau ke kutub (-) accu
courtesy of gudanginfokeren.blospot.com

kalau klaksonnya sudah mulai tidak sip lagi suaranya silahkan cek lagi perkabelan biasanya kabelnya minta diperbaharui atau ada soket yang kendor


semoga bermanfaat......