Tuesday, April 4, 2017

How to Fix Starter Relay ER6 (DIY)

Relay Starter..... starter motor ER6 anda pernah hanya berbunyi ctek ctek ctek dan sulit start dalam artian tidak mau nyangkut untuk dinamo starternya ? nah buat ER6 yang sudah berumur sudah saatnya cek relay starter yang ada di bawah jok rider sebelah kanan. Saya kebetulan dapat tips ini dari teman di NSFO yang sharing di grup WA dan lengkap sekali penjelasannya, hanya dengan gambar saja sudah cukup jelas. Cekidot stepsnya....





  • Siapkan niat

  • Siapkan tools yaitu obeng, kunci L, amplas halus, obeng kecil tajam untuk cabut socket

  • Buka jok motor dari yang belakang lanjut copot jok depan

  • Lepas terminal accu yang positif (supaya kabel di starter relay tidak short ketika dilepas

  • Lepas karet penutup relay dan lepas kabel yang menempel

  • Lepaskan soket dari rumah soketnya sehingga terlihat skun kuningan (pakai obeng kecil tajam

  • Bersihkan skun kuningan dari kerak air dengan amplas halus bisa juga di semprot WD40 atau contact cleaner

  • Copot unit relay dari rumah sekering yang ada

  • Bersihkan kerak yang ada di male plug unit relay

  • Bila diperlukan bisa sekalian ganti relay starternya dengan relay starter punya yamaha Xeon 125 harga Rp. 75,000 kalau punya ER6N atau Ninja 650 harganya Rp. 350,000 beda di gengsi aja, hehehe kemudian beda di posisi terminal sekering yang aktif (Xeon beda tidak seperti ER6 punya) serta ukuran sekeringnya ninja punya 30 ampere dan Xeon punya 10 ampere. Selain Xeon bisa pakai juga yamaha Byson isinya 15 ampere malah info dari temen-temen komunitas plug and play gak perlu tukar kepala sekering nya.

  • Kalau mau ganti relay starter nanti tinggal tukar saja rumah sekeringnya pakai punya ER6 yang lama toh plug and play saja

  • Rakit kembali seperti awal.

Si biru sih belum minta ganti relay starternya cuma kadang suka gak respon memang ketika pencet starter atau responnya lama kayanya harus mulai diberikan belaian kasih sayang lagi nih motornya biar tokcer.

Satu lagi jangan lupa sekalian bersihkan komponen yang ada di handle bar sebelah kanan biasanya mulai berkerak juga butuh belaian.

In case of emergency, gak mau start sama sekali padahal lagi di jalan. Caranya nyalakan kunci kontak kemudian short kepala kabel yang dari accu ke kepala kabel ke motor starter pakai obeng bawaan, cuma jangan sering-sering karena obengnya rusak dan ini banyak percikan apinya.

semoga bermanfaat...... special thanks for om Sentana NSFO untuk sharingnya




2 comments:

  1. Thank you very much - this helped me fix my 2012 ER6N in Malaysia :)
    Kawasaki part was RM230 - the Yamaha part was only RM48.
    You have made my day :) :) :)

    ReplyDelete