Thursday, March 23, 2017

Liburan Keluarga ke Kuningan Cirebon

Kuningan...... jadi salah satu destinasi liburan sekolah kali ini berhubung anak-anak ada libur 1 minggu jadi kita manfaatkan untuk liburan saja. Seperti biasa hari kerja jadi pilihan saya untuk pergi liburan instead of weekend days karena pasti lebih sepi dan dapat special price untuk hotelnya. Ini adalah kali kedua saya pergi ke Kuningan dimana sebelumnya touring dengan menggunakan motor disini tapi kali ini pergi pakai mobil beserta kedua orang tua saya.

Hari pertama berangkat pukul 06.15 dari Bintaro langung masuk tol JOR dan tancap ke Cipali keluar di gerbang tol Ciparna serta lanjut santap siang di empal gentong pinggir jalan pukul 10.00. Selesai santap siang lanjut ke pemandian Cibulan tapi kita tidak berendam atau mandi disini cuma lihat-lihat ikan Dewa dan fish teraphy saja. Geli juga rasanya kalau berendam satu kolam dengan ikan Dewa yang ada disini meski ikannya jinak dan tidak mengganggu. Tempat disini lumayan bersih dan menyenangkan juga bagi anak-anak bisa sambil kasih makan ikan yang mau dengan kacang polong atau kacang atom. Yang lebih menyenangkan lagi ya suasananya yang sepi pengunjung. Di area ini selain bisa santai sambil ngopi dan nyemil juga bisa sekalian beli oleh-oleh baik itu makanan atau kerajinan rotan.

Ikan Dewa yang juga jadi ikon kota Kuningan

Fish teraphy - Ikan Nilam yagn sudah besar-besar

Ikan Dewa

Sekitar pukul 13.30 kami check in di hotel Grage Sangkanhurip yang kebetulan dapat special rate yang sebesar Rp 585,000 hanya 50% saja dari weekend rate. Dengan kamar yang besar sekitar 50 M2 plus ruang tamu dan balkon ya sangat worthed untuk ditebus, belum lagi hotel punya fasilitas kolam air panas dan mini waterboom yang free untuk pengunjung hotel. Air panas disini tidak mengandung belerang tapi mengandung 60% Sodium (garam). Sementara Istri dan ibu saya memilih ikutan terapi Aquamedic dari hotel dengan rate Rp. 115,000 untuk tamu hotel, padahal ada iklan di resto Grage Lanai yang ada di depan hotel happy hour hanya Rp. 80,000 saja.

Lepas solat magrib, lanjut makan di Grage Lanai yang ada di depan hotel. Makanan menurut saya biasa saja tidak terlalu spesial tapi suasana makannya enak karena dipinggir kolam besar ikan dan kalau siang hari cantik sekali ada background nya gunung Ciremai. Selesai makan lanjut jalan-jalan ke kota Kuningan yang jam 20.00 sudah sepi banyak sekali yang tutup toko-tokonya even di tengah kota. Sempat juga test jalan ke outer ringroad Kuningan yang jalurnya naik ke atas gunung tapi jalan sendirian saja mobil kami gak ada temannya.

Esok hari, pagi-pagi setelah sarapan kami lanjut jalan-jalan di taman depan hotel yang satu komplek dengan resto Grage Lanai
Suasana Breakfast

Background Gunung Ciremai

Puas dari taman Grage Lanai lanjut lagi muter-muter di area outbond Grage Hotel dimana ada playground dan kids acivity corner (mewarnai kerajinan tangan)

Setelah puas di hotel mulai kami packing dan meluncur menuju Gedung Museum perjanjian Linggarjati tapi hanya foto dari luar saja karena pasti kurang menarik bagi anak-anak, dari sini jalan sedikit ke Wisata Alam Linggarjati yang menurut saya seperti hutan kotanya Kuningan. Didalam tempat ini selain ada hutan dan danaunya banyak juga permainan anak yang bisa dimainkan seperti sepeda air, mini boat, bombom car, sepeda layang, camping ground, dan juga waterboom. Eh meski tempatnya gak bagus-bagus amat tapi air di waterboomnya bersih lo dan ada kolam arusnya. Tak lupa disini juga banyak warung makan dan tempat jual oleh-oleh. Meski sepi sekali ketika hari kerja tapi saya lihat warung-warung tetap terawat hanya tutup saja tidak beroperasi prediksi saya kalau weekend cukup ramai tempat ini dikunjungi masyarakat. Oh iya disini juga ada ikan dewa lo jadi gak perlu ke Cibulan juga bisa cuma tempatnya lebih enak di Cibulan menurut saya.

Gedung Perjanjian Linggarjati

Adem dan segar

Sepeda Air

Pukul 10.30 kami lanjut jalan ke arah Cirebon dan mampir ke Toko Batik Trusmi yang besar dan lengkap oleh-olehnya ada di jalan Syekh Datul Kahfi (di GPS google map tinggal cari TB Trusmi karena banyak Trusmi-trusmi yang lain disekitar sini). Kemudian lanjut makan siang empal gentong lagi di resto H.Apud sekalian makan sate kambingnya yang empuk.

Pukul 13.45 kami kembali jalan masuk Cipali dan menuju rumah, Alhamdulillah pukul 17.00 sampai juga di rumah kembali dengan selamat dan sempat dapat bonus lihat mobil Suzuki Ignis yang baru mau dilaunch di Indonesia sini