Monday, December 5, 2016

Review Metzeler Feelfree Scooter

Feelfree..... salah satu varian dari Metzeler untuk ban motor skuter jadi pilihan bapak saya untuk disematkan ke Suzuki Burgman nya. Ban yang merupakan unsur terpenting dari motor memang harus diutamakan dan dipilih yang bagus kualitasnya. Feelfree dipilih untuk menggantikan ban IRC bawaan dari Suzuki yang sudah mulai menipis karena pemakaian. Tempo hari saya sempat rasakan sensasi berkendara dengan feelfree sejauh kurang lebih 350 km ++ ketika touring ke pantai Sawarna






Maxi scooter sekelas Burgman peruntukannya mostly di jalanan perkotaan dengan aspal yang relatif mulus dengan demikian pastilah desain ban nya didesain untuk running di aspal perkotaan. Perlu diingat juga bahwa scooter dengan ring ban yang kecil (Burgman 13 inch depan dan 12 inch belakang) beda sekali bantingannya kalau kita biasa naik motor dengan ring 17 terutama kalau melewati jalanan rusak atau bergelombang.



Performance
Mostly ketika touring ke pantai Sawarna jalanan yang dilalui dalam keadaan kering dan motor saya kendarai berboncengan serta digendoli side bag dibagian buritan. Center of weight Suzuki Burgman juga menurut saya rendah dulu sempat saya test melewati jalanan top hill gak mau terbang motornya, hehe beda ketika saya naik si biru ninja 650 atau honda beat saya yang selalu bisa terlontar ke udara.



Tikungan-tikungan di area Cikidang dengan mudah dilibas oleh Burgman sampai kadang saya dibuat frustasi..... frustasi karena dek bagian bawah selalu bergesekan dengan aspal kalau terlalu tinggi speednya, padahal kan lebih enak nikung di speed tinggi ya. Beragam teknik sudah diterapkan terutama dengan posisi hanging on bike supaya posisi motor tidak terlalu miring tapi tetap gagal juga dek bagian bawah bergesekan terus sampai bapak saya bilang awas nanti bolong pastik dek nya, hahaha mungkin kalau dek bagian bawah dikasih plat besi bisa percikan api terus yang terlihat. Bahkan area cover CVT sebelah kiri pun ikutan jadi korban keganasan tikungan Cikidang. Hmmmm..... seandainya ini motor lebih tinggi sedikit saja ya





Pengereman juga dibilang sangat terbantu terutama saya lebih merasakan ban belakang yang lebih erat grip nya ketika melakukan pengereman dibandingkan ketika pakai IRC dulu. Untuk ban depan menurut saya masih so so sama saja seperti performa IRC

Ketika melintasi sambungan aspal dan beton yang memanjang juga motor lebih stabil tidak seperti IRC dulu yang sering oleng dan cenderung limbung.

Performa di jalanan rusak juga menurut saya soso saja karena cenderung melintas di kecepatan rendah, yah ring ban yang kecil membuat melintas di jalan rusak memang tidak nikmat bro.

Jalanan hujan deras dan gerimis juga gripnya saya acungi jempol masih bisa pede cornering and high speed karena performa pengereman yang juga baik.

Millage
Belum sempat terlihat tanda-tanda keausan pada ban mengingat ban ini baru jalan dibawah 5,000 km. Claimnya di website sih long millage tapi pembuktian dilapangan lah yang akan berbicara nanti




Cons
Cukup sulit saya cari kekurangan produk ini apa, mungkin karena Burgman hanya 200 cc jadi tenaga yang keluar segitu-gitu saja tidak bikin kewalahan bannya. Bisa jadi ketika cc lebih besar bisa saja ada efek sliding ketika menikung atau selip karena tenaga yang terlalu besar. Sayang saya tidak sempat test untuk efek aquaplanning nya karena memang tidak ketemu genangan air tipis selama di perjalanan.




Verdict
Bagi anda penyuka performance dan cornering ban ini cukup layak dijadikan pilihan, kalau dulu pakai IRC tidak pernah sampai sentuh aspal tapi dengan Metzeler Feelfree bisa sampai bergesekan dek bagian bawahnya or even cover CVT nya.
semoga berguna.....



No comments:

Post a Comment