Monday, June 2, 2025

Michellin Pilot Road 5 Review - 6000 km on the road

 PR5..... jadi ban pilihan saya untuk RedZee Z900 sekitar 5 tahun yang lalu (artikel ada disini). Mengingat waktu untuk motoran saya sudah drop drastis maka selama 5 tahun ini ban nya hanya habis dimakan angin saja alias banyak parkir. Penambahan km nya selama 5 tahun hanya sekitar 7,000 km saja tidak seperti dulu ketika masih berdomisili di Jakarta dalam 1 tahun bisa jalan 9,000 km ++. Baiklah, mari kita lihat seperti apa reviewnya after 5 years usage (udah kadaluarsa hitungannya ini yah harusnya)




Ban Depan

Ban depan PR5 ini sedikit berbeda habisnya tidak seperti PR4 saya yang habis di bagian sebelah kanan dulu, mungkin karena jalur ketika pakai PR4 ini seringnya lewat aspal yang bagian tengahnya meninggi (artikel PR4 bisa dilihat disini).

Mostly yang terlihat adalah bagian off center dari ban tergerus kasar seperti lewat sirkuit lintasan balap. Sepanjang 7,000 km kurang lebih compoundnya masih ada 50%. Ban depan saya ganti duluan karena RedZee sudah mulai sulit untuk di tekuk belok di trek bukit Suharto dan mulai mengkhawatirkan. 

Saya belum dapat referensi mengenai tipe compound ban depan PR5 ini, kalau di PR4 ban depan bagian tengah adalah medium sedangkan bagian sampingnya soft, sedangkan ban belakang tengahnya hard dan bagian sampingnya medium.




Performa di jalan basah karena kembangan masih ada 50% bisa dikatakan masih bagus saja begitu juga dengan pengereman di jalan basah, sedangkan di jalan kering karena compound sudah mulai mengeras maka jarak pengereman menjadi lebih panjang.

Retak-retak bisa dikatakan minor saja dan compound juga masih agak lembek tidak kelihatan jelas retaknya serta keras compoundnya seperti ban Maxxis semi offroad yang terpasang 3 tahunan di CBX.


Ban Belakang

Compound jelas masih tebal dikisaran 70% lagi sisanya, yang bikin cukup sedih sebenarnya ketika touring melintasi Banten sempat terkena paku reng jadi terpaksa ditambal tubeless (bukan patch dari bagian dalam). Anyway, udah hampir 5 tahun masih bagus loh ini tambal tubless nya gak bocor tetapi kurang enak dilihat mata saja.



Performa ban belakang setelah 5 tahun ini juga masih bisa dibilang bagus karena compound belum begitu keras dan retak-retak nya minor saja. Performa pengereman menurun karena umur tetapi perfoma di jalan basah dan juga untuk manuver masih OK saja.

Mohon maaf foto-foto khusus ban belakang tidak ada karena motor keburu dijual, yang jelas ban belakang ini tidak saya ganti karena masih tebel sekali compoudnya dan performa tidak mengkhawatirkan.

Tanda-tanda compund tergerus ala lewat aspal sirkuit pun tidak terlihat di ban belakang.

Hanya saja..... dengan PR5 ini ban belakang tidak pernah habis chicken stripnya, mungkin faktor umur ridernya dan motor yang berbeda ya.



Overall dua kali pakai Michelin seri pilot road (PR4 dan PR5) saya puas sekali. Ban nya awet compundnya tidak cepat getas termakan usia dan juga di jalan basah handling jempolan dan di jalan kering juga tidak kalah seperti Battlax S series. Nah ban depan RedZee saya ganti sebetulnya dengan Pilot Road 6 cuma karena motor keburu dijual ya belum bisa banyak bercerita deh.


Semoga membantu....



No comments:

Post a Comment