Wednesday, March 1, 2023

Ganti Karet Knalpot - Karimun Wagon R

 Bunyi Getar...... setelah melakukan penggantian engine mounting di Karimun (artikel ada disini) sehingga bunyi-bunyi di knalpot hilang, ternyata beberapa hari kemudian bunyi-bunyian tersebut kembali lagi hadir dan lama-lama kami menjadi terusik kembali. Last try I guess, mari kita coba dengan ganti karet gantungan knalpot dan gak pakai lama langsung saya cari di market place karet gantungan knalpot ori dimana dibutuhkan 3 buah untuk di sisi belakang Karimun Wagon R saya.



Ketika membeli salahnya saya adalah terlalu percaya sama deskripsi di market place dan tidak membandingkan dengan apa yang terpasang di mobil sehingga ada perbedaan. Proses pemasangan tidak terlalu sulit tinggal perlu ngolong dan sedikit di dongkrak untuk mempermudah bekerja, serta modal obeng minus untuk mencongkel karet dan kunci 10 untuk melepas baut di gantungan paling belakang di atasnya tip knalpot.


old bagian dalam dan tengah (kiri) -  new (saya pakai 3 untuk semua posisi) - old bagian ujung tip (kanan)


1 hari setelah pergantian semua bunyi hilang tapi next day nya mulai bunyi lagi. Setelah di usut ditemukan karet bagian tengah terlalu mepet sehingga besi pegangan knalpot yang di knalpot dan di sasis yang saling beradu. Nah khusus bagian tengah ini saya akali dengan 2 buah dipasang di gantungan sisi sasis saja dan yang di bagian gantungan sisi knalpot tidak dipasang. jadi lebih difungsikan sebagai bumper saja supaya gantungan sisi knalpot dan sisi sasis tidak beradu. Alhamdulillah semua bunyi sudah hilang sampai dengan sekarang, semoga gak balik lagi deh ya.

dua karet sebagai bumper

dua karet sebagai bumper


Kelihatannya kalau dirunut bunyi ini mulai timbul setelah melakukan ganti ban yang profilenya lebih tinggi di ban belakang (artikel ada disini) sehingga posisi knalpot ikutan bergeser karena bagian belakang mobil menjadi lebih nungging. Tau gitu coba ganti gantungan knalpot dulu ya guys, jauh lebih murah biayanya. Kemudian ada satu lagi, mungkin karena karetnya beda bentuknya ini mengakibatkan posisi tip knalpot menjadi offset kesebelah kanan tidak pas lagi di lekukan bumper.


semoga bermanfaat....






No comments:

Post a Comment