Wednesday, September 14, 2022

Ban Continental Comfort Contact CC6 - Karimun Wagon R

 Ban depan..... setelah 3 tahun mengaspal sejauh 24,600 km ban bawaan GT Radial Champiro Eco bagian depan sudah waktunya diganti, terlihat sekali dengan adanya kebotakan di sisi luar ban dan bagian tengah sudah habis rata sampai TWI nya (mohon maaf kelupaan saya foto). Performance juga semakin memburuk karena sudah sering selip di jalan beton menanjak dikala hujan. 

Setelah browsing-browsing dan mencari ban yang gradenya diatas Champiro Eco, Continental Comfort Contact CC6 menjadi pilihan dan terpaksa ditebus dengan harga relatif tinggi dari Jakarta karena penggantian dilakukan di Balikpapan. Sebenarnya saya cari Dunlop LM series cuma kok tidak ada di toko ban incaran saya ini, sekalian juga mencoba brand lain selain Dunlop.



Sebelum beli ban Continental saya cek dulu di tyrereviews.com dan dibandingkan dengan GT Radial dengan hasil dibawah ini yang secara umum terlihat CC6 lebih unggul dibandingkan Champior Eco.






Size sengaja saya naikkan dari yang aslinya 175/65 R14 menjadi 185/70 R14 karena size standar velg roda terlalu menonjol keluar sehingga sering sekali codet terkena benda keras. Tadinya mau pilih size 185/65 atau 185/60 tapi disayangkan tidak ada stoknya. 


Ban baru saya taruh dibagian belakang dengan pertimbangan ban belakang karena tidak ada setirnya maka tidak boleh selip, berbeda dengan ban depan kalau selip masih ada setir untuk dikoreksi. Sedangkan ban belakang yang GT Radial dan masih sangat tebal saya taruh dibagian depan, tidak lupa juga setir saya spooring supaya ban tidak habis bagian luarnya sekalian koreksi setir yang agak miring kekanan.


Impresi fisik terlihat bahwa bagian buritan mobil meninggi dan oleh penumpang juga dirasakan bahwa duduk dibelakang juga lebih tinggi. Selain itu juga terlihat ruang spakbor terisi lebih penuh dan padat, plus untuk menyikat kolong spakbor spacenya jadi lebih sempit.




Perubahan dari kenyamanan yang terasa adalah suara road noise dari ban yang lebih senyap secara signifikan serta bantingan yang lebih empuk dibanding GT Radial, meskipun ban baru yang terpasang buatan 2021. Performance di tikungan serta high speed belum sempat dirasakan mengingat hampir tidak pernah keluar kota atau masuk tol ketika tinggal di Balikpapan.


Review jarak jauh nya mungkin akan saya tuliskan kemudian, mengingat sekarang sudah kedatangan titipan baru Daihatsu Sigra sehingga si Karimun akan lebih lambat lagi penambahan millagenya.


semoga berguna......




No comments:

Post a Comment