Monday, July 27, 2015

Kredit Moge di Negri Jiran

Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin...... sudah lama rasanya gak nulis sesuatu lagi yang baru. Kali ini coba tulis sedikit hasil jalan-jalan ke negri Jiran Malaysia. Setiap kali jalan-jalan ke Malaysia khususnya Kuala Lumpur telinga ini sering mendengar deru mesin moge baik itu yang 4 cylinder, 3 cylinder maupun yang 1 cylinder, mereknya juga beraneka ragam dari HD, kawasaki, honda, yamaha, ducati, moto guzzi, triumph, suzuki, dan lainnya just name it. Varian juga cukup banyak mulai dari hyper bike, sport bike, touring bike, cruiser, adventure, sampai big matic pun banyak.







Moge tersebut gak hanya dijumpai ketika weekend saja didalam kota or luar kota tapi weekdays banyak yang pakai juga di dalam kota and beberapa di luar kota. Memang sih traffic motor di KL ini tidak seperti di Jakarta yang motornya buanyak banget sampai kebangetan malah. Infrastruktur disana juga jauh lebih baik daripada di Jakarta, selain itu juga motor boleh lewat jalan tol secara percuma alias gratis (mungkin ada juga yang berbayar ya cuma saya gak notice). Lorong motor pun ketika di gerbang tol dipisahkan di paling kiri sendiri jadi tidak perlu antri dengan mobil selain jumlah motor yang sedikit

ruas jalan turun dari Genting Highland

Karena jumlah moge yang banyak ini maka saya tergelitik juga cari tahu kenapa banyak yang minat moge disini selain memang traffic nya lebih enak untuk naik motor ternyata adalah karena adanya fasilitas kredit yang bisa sampai 7 tahun. Kalau harga motornya sendiri ya tetap sama 11 - 12 lah dengan harga motor di Indonesia


nah coba tengok sedikit simulasi kredit dari majalah fast bikes ini untuk Triumph Tiger seri XRx dengan kurs 1 RM = Rp 3,500 jadi didapatkan retail price Rp, 227,150,000. Cukup dengan bayar DP Rp. 35,000,000 dan cicilan sebesar Rp. 3,160,500 selama 7 tahun or 84 bulan sudah bisa bawa pulang triumph tiger. Seperti kredit pada umurnya kalau DP kita besarkan tentu cicilan akan turun lagi, cukup menggiurkan juga tawaran kreditnya ini. Bunga yang dikenakan 3.75% for 5 years dan 4.75% for 5 - 7 years



Lah kalau pakai motor selama 7 tahun terus keburu bosen gimana? kayanya masih bisa ada opsi over kredit tukar guling dengan motor lain deh, hahaha kalau di Indonesia yang baru saya lihat sih maksimum kredit 5 tahun saja untuk moge.
Dulu sempat juga saya lihat tawaran rumah di daerah Malaysia ini memang rate bank tidak sadis seperti di Indonesia, kalau hitung kasar sih kredit rumah selama 10 tahun harga yang dibayarkan di akhir period cicilan hanya 1.5 kali dari harga rumahnya, kalau di Indonesia wah bisa sampai 2 kali harga rumah yang kita bayarkan.

sekian dulu curhatannya, nanti saya ceritakan lagi pengalaman lainnya