Thursday, December 17, 2020

Dimple Porting dan Pembersihan Mesin Aerox 155

Dimple Porting........ bahasa ini awalnya asing bagi saya karena lebih sering mendengar oprekan porting polish dimana porting polish adalah membuat licin permukaan intake dan output ruang bakar sehingga udara lebih mudah masuk kedalam ruang bakar. Nah bagaimana dengan dimple porting? kalau kita lihat bola golf yang banyak memiliki coakan di permukaan bolanya nah seperti itulah yang akan dilakukan pada mesin kita.


Friday, November 13, 2020

Turun Mesin Karena Cyclone - Nmax

Turun Mesin...... ketika saya dan teman-teman touring ke Citorek Banten, nasib kurang baik harus dialami oleh Nmax teman saya karena Nmaxnya ketika sampai di puncak gunung Luhur Citorek mati dan tidak mau hidup. Analisa awal memang mesin nya terlihat panas kelihatannya panas dari area CVT karena memang pada etape terakhir tanjakannya cukup sadis dan menyiksa motor Nmax dan Vespa Primavera teman saya. Memang sih kedua teman saya ini bobotnya memang lebih jadi mesin motor masing-masing pasti bekerja lebih extra dibanding si Koneng Aerox saya.



Friday, October 2, 2020

End Of Use Pirelli Angel Scooter - Aerox 155

Angel Scooter...... sudah menemani si Koneng selama 2 tahun dan sekitar 15,000 km. Performancenya memuaskan selama saya pakai AS baik itu di aspal kering maupun aspal basah, bisa diintip juga disini untuk impresi awalnya. Langsung saja deh gimana reviewnya setelah 15,000 km pemakaian, cekidot.....


Friday, September 18, 2020

Modifikasi Knalpot R9 Misano Part II - Aerox

R9....... Misano series adalah knalpot yang sudah terpasang di si Koneng Aerox saya selama 1 tahun lebih ini. Riset cukup panjang juga saya lakukan mulai dengan pasang DB killer (artikel disini) sampai mengecilkan leher knalpot (artikel disini). Tapi tetap saja namanya manusia pasti tidak puas juga jadi kembali saya mau oprek. Di konfigurasi terakhir suara nya jadi lembut banget dan tarikan lebih ngisi, saya inginnya knalpot ini lebih galak suaranya dan juga tarikannya lebih yahud lagi. Setelah sebelumnya melakukan perbaikan karbon di mas Birin dari BR knalpot (artikel disini) jadi saya percayakan lagi modifikasi ini ke bengkel yang sama. 




Sunday, September 6, 2020

Repair Muffler Karbon

Karbon....... jadi barang yang tidak asing lagi saat ini terutama bila menyangkut aftermarket part untuk kendaraan. Karbon jadi pilihan karena ringan, sifatnya yang menggungguli metal, tahan karat, dan tahan korosi. Karbon atau serat karbon ini sekarang jadi part yang lumrah juga yang ada di knalpot atau bodi motor tapi jangan lupa dibedakan antara stiker karbon dengan serat karbon beneran ya bros. Karbon terdiri dari serat karbon yang kemudian di mix dengan matrix atau resin sehingga menghasilkan karakteristik serat karbon yang saya sebutkan diatas, berbeda dengan stiker motif karbon ya cuma stiker dengan motif serat karbon saja dong. 


Nah RedZee ketika saya beli sudah pakai knalpot SC project yang tip belakangnya memakai material karbon, dikarenakan kesalahan ketika parkir di tanjakan tidak masuk gear si RedZee melorot turun dan rebahan sehingga karbon jadi rusak. Setelah sekian lama ketemu juga bengkel knalpot yang bisa memperbaiki karbon ini karena material karbon kalau sudah pecah maka dia akan merembet kerusakannya.

After Repair


Tuesday, September 1, 2020

Review Bantalan Kursi Motor

Bantal..... jadi opsi saya untuk membuat kursi belakang RedZee menjadi lebih empuk sebelum diputuskan untuk merubah bentuk seat belakang. Istri saya komplen karena RedZee ini tidak enak buat boncengan karena bentuk seatnya yang kecil dan keras busanya (review Z900 bisa diintip disini). Sayangnya, dipasaran tidak tersedia aftermarket product untuk pillion seat sehingga saya mencari bantalan saja. Pilihan jatuh pada bantalan seperti foto dibawah ini.



Sunday, August 23, 2020

Review Singkat Ninja 1000 Z1000SX vs Z900 vs ER6

Ninja 1000.... aka Z1000SX merupakan sport touring 4 cylinder bike,  saudara satu darah dengan Z1000 Sugomi yang merupakan naked bike kasta tertinggi di Kawasaki. Bedanya Ninja 1000 ini sudah dipakaikan baju alias fairing, kapasitas tangki yang lebih besar, dan riding aid.

Kebetulan beberapa waktu lalu teman saya baru membeli N1000 dengan Nik 2013 tentunya dengan peremajaan tangki serta fuel pump nya sehingga segar bugar tidak mengidap penyakit karat tangki seperti di ER6N yang artikelnya bisa dilihat disini.  Setelah kawan saya ini melakukan modifikasi di knalpot dengan membuang middle muffler dan ganti slip on custom, saya sempatkan untuk jajal N1000 ini. Gimana quick review dari N1000 terutama kalau dibandingkan dengan Z900 dan ER6? Cekidot......

*** review Z900 bisa intip disini, kalau N650 ER6F bisa diintip disini


Saturday, August 22, 2020

Review Paddock Depan

Paddock..... jadi barang wajib yang harus ada di parkiran motor semenjak saya pakai motor sport jaman dahulu. Paddock belakang sering dipakai untuk membuat motor sport berdiri tegak lurus karena ketiadaan standar tengah. Efek buruknya pengunaan standar samping yang terus menerus adalah seal shock depan sebelah kiri bisa jadi aus duluan dan minta diganti karena bocor. 

Nah karena sering WFH (work from home) seperti ini, ban depan yang menjadi tumpuan ketika paddock belakang terpasang akan ter eskpos lama dengan lantai parkir, kebetulan parkiran motor di rumah pakai batu sikat jadi kalau parkir lama berbekas di ban selain itu untuk motor yang sering diparkir lama ban nya akan terdeformasi bentuknya karena tekanan yang terus menerus di satu bagian yang sama. Selain itu tentunya penggunaan paddock depan akan mempermudah proses cuci ban depan tidak perlu geser-geser lagi posisi motor.




Tuesday, July 21, 2020

DIY : Light Service Z900

Light service...... menjadi salah satu kegiatan rutin untuk kendaraan roda dua yang saya miliki. Mulai dari mocil sampai moge semua biasa saya lakukan sendiri karena pada dasarnya sama saja hanya berbeda sizenya. Kali ini RedZee saya lakukan sendiri light service untuk pertama kalinya di rumah, gimana caranya? cekidot....





Sunday, July 5, 2020

Lampu Kabin Tambahan Grand Livina

Gelap...... itulah yang dirasakan kalau masuk kabin ANGL disaat malam hari. Sebetulnya hal ini terjadi karena konsol lampu bagian tengah digantikan oleh monitor dan lampu led yang ada di kanan kirinya ber daya rendah. Sempat lihat postingan di grup FB Galiloi kok ada yang pasang flexible led tempel di roof monitor sehingga lampu menjadi terang, saya jadi ikutan ingin pasang juga deh.




Monday, March 30, 2020

Engine Check On Problem - Livina

Engine check on....... ya kali ini mau bahas engine check lagi kebetulan terjadinya sama Silvi Livina saya sekitar bulan Desember lalu. Jadi Silvi ini sejak bulan Oktober dipakai bapak ibu saya. Tapi setelah sebulan mobil disana, lampu engine check menyala terus meski tidak ada yang aneh pada transmisi atau mesin mobil.




Friday, March 27, 2020

Recall Kendaraan

Recall..... bagi fans boy menjadi momok memalukan kalau pabrikan kesayangan melakukan recall karena akan menjadi bahan olok-olokan fans boy pabrikan sebelahnya. Tapi sebaiknya tidak perlu ditanggapi seperti itu, justru recall ini merupakan bentuk tanggung jawab pabrikan yang mengutamakan keselamatan pemakai kendaraan tersebut.



Sunday, March 22, 2020

Review Z900 - 2,000 km Bersama

RedZee (Red Z900).... sudah beberapa bulan ini jadi tunggangan baik itu untuk weekend ride maupun weekdays ride ke kantor. Kebetulan 1 bulan kebelakang sedang intens menggunakan RedZee untuk commuting ke kantor dikala weekdays. So gimana impresinya mengendarai 4 cylinder inline 950 cc buat harian (bukan 900 ya guys)?




Friday, March 20, 2020

O2 Sensor Failure Again - Z900

O2 sensor..... setelah sebelumnya sempat error karena menerjang genangan air (artikel disini), O2 RedZee kembali error setelah berkendara di waktu hujan deras dan mulai banyak genangan tipis-tipis. Cukup jengkel juga karena ini failure code nongol lagi terbaca di dashboard code 33 yang menandakan O2 sensor failure / malfunction dan bakal keluar duit Rp. 85,000 sepertinya harus cari cara lain.

Error code 33



Wednesday, February 26, 2020

Z900 Engine Check On - O2 Sensor

Engine Check Lamp On........ jadi momok yang bikin was-was pemilik kendaraan mengingat kendaraan roda dua dan roda empat saat ini sudah computerize semua. Apalagi kalau engine check menyala diikuti juga dengan penurunan performance engine, problem mechanical ataupun suara - suara asing yang bikin bertanya-tanya. 


Nah ketika Jakarta hujan deras sejak dini hari pada 25 Februari, kebetulan RedZee saya bawa ke kantor pagi hari pukul 05.30 karena masih gelap plus masih hujan tidak terdeteksi adanya genangan air. Alhasil menerjang genangan air sampai air genangan mengguyur helm. Tidak pakai lama lampu engine check menyala tapi mesin dan electrical lainnya just working fine.
From Z900 Forum


Thursday, January 16, 2020

Perbaikan Mekanisme Penutup Bagasi Grand Livina

Bruuuukkkkk..... begitulah suara bagasi grand Livina baik yang old atau all new yang perlu sedikit di banting supaya bisa tertutup rapat. Karena kalau tidak agak dibanting pasti tidak rapat dan sistem alarm mobil ketika mobil dikunci tidak akan bekerja. Kebetulan kemarin sempat lihat-lihat postingan om Puguh Praz di grup FB GaLiLoi (Grand Livina Lovers Indonesia) kok ada akal-akalan yang joss betul. Cekidot.....







Tuesday, January 7, 2020

Miniatur Motor RedZee

Miniatur.... sudah lama saya cari-cari miniatur motor yang saya miliki tapi hasilnya selalu nihil. Yang pasti ada pasti motor-motor yang mahal-mahal dan belum saya miliki. Sampai akhirnya saya menemukan link pengrajin miniatur motor dengan skala 1:12. Sebenarnya ada 3 pengrajin dan ke tiganya saya jajaki apakah bisa membuat miniatur RedZee si Z900 merah milik saya. Dari ketiga itu akhirnya ada 1 pengrajin saja yang mau dan langsung di eksekusi.