Monday, December 3, 2018

Review MAF Spacer - Grand Livina

MAF spacer..... Mass air flow (MAF) tugasnya adalah membaca flow udara yang akan masuk ke throttle body sebelum ke ruang bakar mesin. MAF adalah salah satu sensor yang bertugas untuk mengatur debit bensin yang masuk ke ruang bakar melalui injector (sensor lainnya antara lain oxygen sensor or AFR sensor). Nah kebetulan kakak saya baru pasang MAF spacer di Mitsubishi Grandis nya dan impresi awalnya jadi lebih responsif dan penggantian transmisi matic konventionalnya jadi lebih smooth. Ok lah mari kita coba juga apa efeknya di Silvi.

Add caption



Friday, November 23, 2018

Ganti Accu GS Hybrid - Grand Livina

Accu.... atau aki memegang peranan penting untuk kendaraan matic baik itu pada roda dua dan roda dua keatas. Apalagi kalau tidak dilengkapi dengan kick starter kalau accu fail maka tidak ada cara lain selain di jumper atau ganti accu. Hal ini bisa dibilang kurang berlaku pada kendaraan dengan bertransmisi manual yang masih bisa didorong ketika accu tidak berfungsi dan masih bisa menyala. Pada kendaraan matic mau didorong secepat apapun tetap itu mesin tidak akan menyala karena putaran roda tidak akan menyangkut di engine, dulu pernah saya buktikan di mobil matic yang mogok didorong kemudian masuk D tetap saja nge loss gak nyangkut ke engine :)


Monday, November 19, 2018

DIY: Oil Catch Tank - Grand Livina

OCT..... Oil catch tank. Saya baru tergelitik cari tahu setelah OCT ini sering di posting fotonya di grup FB Grand Livina. Nah di artikel ini saya coba bahas mengenai OCT dan apa positifnya pasang OCT ini di kendaraan kesayangan.




Tuesday, November 13, 2018

Review Pirelli Angel Scooter - Aerox 155

Pirelli....... jadi ban pilihan saya untuk menggantikan ban IRC bawaan si koneng. Dulu waktu masih pelihara si Biru, merek Pirelli ini saya hindari karena termasuk ban sultan dengan harga selangit dan millagenya yang tidak tinggi tapi memang sih banyak yang bilang kalau bannya lengket betul sama aspal. Ternyata lain hal nya dengan Pirelli Angel Scooter ini yang harganya bersaing dengan ban mid class sekelasnya seperti Michelin, Maxxis, dan lainnya karena sudah dibikin lokal di Indonesia. 

Ban si koneng dari yang awalnya 110/80-14 dan 140/70-14 saya ganti dengan 120/70-14 dan 140/70-14 dengan merogoh kocek sekitar Rp. 880,000 sudah sama pasang. Alasan utama ganti ban sebenarnya untuk upgrade pengereman dan cornering. Bagaimana reviewnya setelah berjalan sejauh 3,300 km dengan kondisi shock breaker semuanya masih standar pabrikan serta sudah dibawa touring juga? cekidot....



Monday, October 15, 2018

DIY: Change Seal Water Pump - ER6

Seal water pump...... selain tangki yang berkarat (cek cara bersihkan DIY disini), penyakit yang kronis juga terjadi pada seal water pump yang seringkali bocor pada motor ER6. Anehnya seringnya terjadi bocor pada ER6N tidak pada saudaranya yang ER6F, kebocoran seal terjadi dikarenakan karat pada as water pump yang menyambung ke balancer mesin. 

Ada beberapa opsi untuk menanggulanginya, kalau dibawa ke beres dan mau ditanggulangi sempurna harus turun setengah mesin dan di ganti total as balancer berikut as ke water pumpnya dan tidak memakan biaya yang sedikit juga. Mau murah bisa tinggal kerjakan sendiri saja seperti yang dilakukan om Arie Vianza yang saya dapat sharingnya dari fanspage om Arie di FB, eh wall FB nya seperti yang saya kutip dibawah ini. Tentunya ini tanpa mengganti as balancer ya guys, kalau as balancer ketika dibongkar sudah berkarat coba di amplas halus pelan-pelan sampai hilang kasar karatnya supaya tidak emrusak seal lagi. Thank you om Arie sudah boleh di compile ke blog saya ini

Cekidot and semoga berguna.....






Wednesday, September 19, 2018

Review Veloscope - Aerox 155

Veloscope...... adalah karya anak bangsa yang memperbesar flow area intake udara ke area filter udara. Pada Yamaha Nmax maupun Aerox intake udara sebelum masuk ke filter menghadap bawah dan tersembunyi tapi dengan adanya Veloscope ini intakenya diperbesar dibagian depan filter udara atau section depan filter udara.






Thursday, September 6, 2018

Review Yamaha Aerox - 3,200 Km Bersama

Si Koneng...... semenjak awal kemunculannya saya sudah dibuat jatuh hati oleh design dan lekukan body nya yang sporty. Berhubung si biru mantan saya (N650) sudah dijual dan saya tidak betah wira wiri ngantor pakai si putih beat pop istri saya jadilah saya meminang si Koneng yamaha Aerox 155 yang standar version. Kenapa saya pilih yang kuning? karena ya menurut saya paling bagus warnanya selain biru, masa iya mau pakai biru lagi. Koneng datang sekitar akhir May 2018 kemudian langsung saya bawa commuting ke kantor. Sampai dengan artikel ini dibuat kurang lebih saya sudah menempuh sekitar 3,200 km bersama baik commuting maupun touring. OK kira-kira gimana kesan serta positif dan negatifnya yang didapat selama 3 bulan dengan 3,200 km itu? cekidot.....




Thursday, August 30, 2018

Touring to Ciletuh dan Ujung Genteng

Ciletuh..... jadi destinasi touring awal Agustus meski sudah happening jadi destinasi touring sejak awal tahun 2018 kalau tidak salah. Tapi Ciletuh ini tidak jadi tujuan akhir tujuan touring kali ini dikarenakan jaraknya terlalu dekat masih cocok untuk touring tektok saja, Ujung Genteng lah yang jadi destinasi akhir touring kali ini.




Wednesday, August 29, 2018

Dunlop SP Sport LM704 VS Bridgstone Turanza T005

Dunlop..... kalau dilihat dari history dengan merek ini saya sudah dikecewakan 2 kali. Pertama kali Dunlop yang terpasang di Ninja 650 saya yang sudah expired karetnya getas jadi performance amburadul kemudian Dunlop Sport SP300 yang terpasang sekitar 2 tahunan di Livina saya gampang bocel-bocel dan shouldernya habis duluan terutama ketika dipasang di ban depan.



Monday, August 27, 2018

Hilangkan Ngelitik Livina Tanpa Gurah

Ngelitik..... atau knocking sudah jadi momok bagi pemilik grand livina baik yang lama atau yang generasi baru ANGL. Mesin HR15DE ini emang punya penyakit bawaaan ngelitik baik yang selalu pakai RON 92 dan lebih parah lagi buat yang langganan pakai RON dibawah 92. Untuk antisipasi kualitas BBM yang jelek ini dan mengurangi efek ngelitik, Silvi saya sudah pasang broquet yang artikelnya saya taruh disini. Tapi setelah 2 tahunan pemakaian mobil atau sekitar 25,000 km kok mulai timbul ngelitik di livina saya ini ya??? cukup sering memang saya isi premium dan akhir-akhir ini minimal isi pertalite serta pertamax jarang-jarang.



Monday, August 13, 2018

Review New Ninja 650 ER6F MY 2017 - 1,400 Km Bersama


Ninja650 2017….. atau dikenal dengan ER6F new generation 2017. Artikel kali ini akan membahas mengenai N650 terbaru gimana feel and impressionnya terutama setelah dibandingkan dengan old N650 keluaran tahun 2012 yang pernah saya pelihara kurang lebih selama 3 tahun. Kebetulan sekali teman saya lagi dapat pinjaman unit dari seseorang so mostly ini review dari big bro saya Muhammad Taufik yang sudah jajal sejauh 1,400 km dalam 2 minggu, sedangkan saya sempat icip geber-geber dan ride santai di sekitaran Episentrum Kuningan. My big bro ini juga sama dengan saya sempat pelihara old N650 selama 2 tahun dengan millage yang fantastis kalau saya sampai di 34,000 km saja.

Gimana riding impressionnya? Cekidot….



Thursday, August 9, 2018

Cara Membuat AC Mobil Lebih Dingin

AC... air conditioner jadi andalan untuk mengatasi suhu yang panas baik itu ketika didalam bangunan atau di kendaraan. Bagaimana jika udara kelewat panas dan AC sampai-sampai tidak berpengaruh banyak meski setelan temperatur sudah paling mentok dan fan nya sudah paling kencang? nah kali ini saya mau coba berbagi tips dan trick supaya AC mobil lebih dingin




Friday, July 20, 2018

DIY Ganti Saklar / Handle Kanan Aerox 155 - Hazard Lamp and Fog Lamp

AHO...... automatic headlamp on, bagi sebagian orang kurang suka dan dianggap membebani spul pengisian ketika motor pertama kali hidup dan lampu langsung hidup. Belum lagi ditambah kalau mesin dimatikan lalu lampu tidak ikut mati jadi ikut makan setrum accu. Hal inilah yang memicu saya untuk membeli saklar kanan electricity untuk si koneng, beli yang murah aja cuma sekitar 100,000 saja sudah ada saklar tambahan untuk idling stop. Ya kelihatan murahan sih lebih kusam gak kinclong apalagi saklar kecil merah idlingidling nya, but who cares?



Wednesday, July 18, 2018

Captiva Ngempos - Problem Solved

Ngempos..... sudah jadi  habit di captiva diesel face lift 2012 milik bapak saya, akhir-akhir ini malah kebiasaan ngemposnya sering kumat. Gejalanya kurang lebih ketika sedang jalan kemudian mau tambah gas malah mesin no respon hanya meluncur begitu saja. Cara menanggulanginya ya lepas gas kemudian injak lagi tapi itu semua hanya sementara saja nanti bakal kumat lagi.




Monday, July 2, 2018

Review Accent Wire dan Cyclone - Aerox 155

Racun..... kali ini yang mau di coba adalah racun untuk akselerasi yaitu accent wire atau dikenal kabel setan dan  intake cyclone. Pertama yang saya pasang adalah accent wire kebetulan karena penasaran serta sangat happening saya pilih tipe yang performance series bukan yang reguler. Kemudian cyclone yang saya pilih adalah ITC trump cyclone mark III yang warna kuning.




Tuesday, June 12, 2018

DIY Body Protector Pad, Spakbor, Klakson Keong, and Hand Guard Aerox

Protection...... adalah hal yang pertama saya lakukan kalau memiliki tunggangan baru. Sama juga dengan nasib si koneng ini pasti saya kasih protection. Tadinya saya mau stiker full wrap body, cuma dengan pengalaman yang sudah-sudah kok rada males liat stiker transparan yang suka "ngangkat" dan jadi kurang sedap dipandang. Iseng-iseng cari di tokopedia kok dapet pad body protector dengan merek Iejimo.



Friday, June 8, 2018

Meet My New Buddy - Si Koneng

Aerox..... dari awal kemunculannya saya langsung jatuh hati pada modelnya. Model yang sporty, laki banget dan juga gagah. Ketika dinaiki langsung berasa seat post yang tinggi sehingga karena saya yang tinggi badannya 170 cm masih jinjit kalau kedua kaki turun jadi berasa seperti naik moge. Selain itu tampilan dashboard yang komplit, lampu depan led dengan desain garang, bagasi yang luas juga menjadi nilai plus tersendiri yang bikin jatuh hati.




Tuesday, May 22, 2018

Panduan Membeli ER6 Bekas

ER6..... tidak bisa dipungkiri kalau ER6 baik itu yang N atau F (dikenal juga dengan Ninja 650) merupakan moge entry level dari Kawasaki yang paling banyak populasinya di Indonesia, by statistic di Indonesia lebih banyak populasinya ER6N dibanding yang F. Populasi yang banyak juga berarti banyak juga dong yang jual bekasnya. Nah di artikel kali ini saya coba rangkum semua penyakit ER6N dan ER6F selama saya pelihara 3.5 tahun dan yang perlu diperhatikan sebelum membeli.




Tips and Trick Jual Kendaraan

Jual..... menjadi opsi bagi banyak orang untuk barang kesayangan baik itu karena bosan, terlalu tua umurnya atau ada kebutuhan lain yang memerlukan dana. Semua orang yang punya kendaraan pasti juga pernah mengalami hal ini, apalagi kalau ada ikatan emosional dan kenangan khusus ke kendaraan yang di jual pasti akan ada cerita sedihnya juga. Nah kali ini saya mau coba share pengalaman saya untuk jual motor dan mobil yang pernah saya pakai, terutama gimana caranya supaya harga jualnya tinggi.




Monday, May 14, 2018

Starter Problem Burgman 200

Starter...... kendala akan muncul kalau sistem starter gagal menyalakan mesin matic besar ini apalagi motor tidak dilengkapi dengan kick stater. Bisa jadi motor harus di jumper dengan kendaraan lain itu juga bila accu nya yang bermasalah, final result ya towing ke bengkel.


Si putih bongsor punya bapak saya sempat bermasalah juga dengan sistem staternya dan terjadi beberapa waktu sebelum saya pinjam motornya, nah motor ini mulai rewel ketika memasuki tahun ke tiga pemakaian dari baru dan mulai jarang-jarang dipakai akhir-akhir ini.




Review Swallow Deli Tire Urban Grip SC-109F- Burgman 200

Swallow..... ban produksi lokal produksi PT. Industri Karet Deli (Sumut) ini jadi pilihan saya untuk menggantikan ban depan motor Burgman 200. Sebelumnya ban yang terpasang adalah Metzeller ME1TEEN, yang saya putuskan ganti setelah pinjam motor untuk commuting. Kenapa pilihan jatuh ke ban lokal bukan pakai merek luar? selain ngejar harga murah Rp. 300,000 untuk ban depan, saya puas dengan performa ban lokal Zeneos ZN62RS yang sebelumnya terpasang di ban belakang N650 saya. Selain itu juga, berhubung ini Burgman jarang jalan sayang saja kalau pakai ban impor yang mahal tapi karetnya keburu getas karena lama parkir sedangkan kembangan masih tebal.




Wednesday, April 4, 2018

Review Ban Zeneos ZN62RS - ER6

Zeneos.... ban produksi PT. Gajah Tunggal ini jadi pilihan di ER6F alias si biru alias Ninja650 saya karena mau saya jual. Iya dijual jadi saya lepas velg 6" plus ban 180 dan memasang kembali velg standar size 4.5". Saya mulai browsing-browsing ban apa yang murah dan cukup mupuni untuk ban belakang size 160/60 di ER6 dan akhirnya pilihan jatuh kepada Zeneos ZN62RS, selain karena harganya yang murah yaitu 500 ribu rupiah saja (include ongkir dari toko***ia) alurnya juga mirip dengan S21 yang masih terpasang di ban depan si biru. 
**** review S21 bisa dilihat disini ya bros




Tuesday, April 3, 2018

Hose Penyebab Brebet - ER6

Brebet..... jadi salah satu momok yang menyebalkan di ER6 baik itu ER6N atau ER6F, salah satu penyebabnya kalau di ER6 ini adalah tangki yang berkarat dan karatnya yang menyumbat fuel pump. Cara menanggulanginya sudah pernah saya ulas disini.


Nah, kalau tangki dan fuel pump sudah bersih kemudian tetap RPM mesin tidak rata gimana?
saya sempat mengalami RPM susah rata di sekitar 4,000 padahal posisi ini paling enak buat gantung RPM ketika cornering efeknya malah sering agak kehilangan keseimbangan karena motor agak nyundul-nyundul, gejala lainnya antara lain kadang di pagi hari juga RPM suka naik turun, knalpot yang lebih berbau bensin, serta konsumsi bensin yang lebih boros (biasanya 1:17 ini sampai ke 1:14 dengan knalpot racing dan fuel 92)




Biru, It's Time To Say Goodbye

Time to say goodbye....... setelah sekitar 3.5 tahun bersama dan 34,000 km dilalui bersama, akhirnya saatnya untuk berpisah dengan si biru Ninja 650 saya. Banyak kenangan yang sudah dilalui apalagi si Biru ini adalah moge pertama saya. Perjalanan melepas si biru pun dimulai dengan melepas semua asesoris yang menempel dan menjualnya seperti front axle slider, raiser stang, fog lamp, raiser shock belakang, velg 6", breket box, dan paling terakhir saya kerjakan adalah nyalon detailing buat membersihkan semua kotoran dan lumpur membandel yang melekat di motor.




Wednesday, March 21, 2018

Touring To Sulawesi Tengah

Sulteng.... Sulawesi Tengah jadi destinasi touring besar VICO riders tahun ini. Akhirnya Palu yang merupakan ibukota dari Sulawesi Tengah jadi titik nol touring Sulawesi Tengah. Selain itu ada kawan saya orang asli sana jadi mempermudah penguasaan medan termasuk juga persiapannya. 


Motor sewaaan yaitu motor beat beserta jajarannya menjadi pilihan anggota touring kali ini mengingat biaya gendong motor ke Sulawesi yang tidak murah (ke Lombok tahun lalu saja 5 juta per motor) serta mobil support yang semua kami sewa disana supaya lebih murah. Buat saya sih tidak masalah, touring itu adalah journey malah bisa dapat pengalaman lain dengan mocil ini


Touring dipersiapkan beberapa bulan sebelumnya, malah di beberapa minggu sebelum berangkat tujuan yang tadinya mau menyebrang ke kepulauan Togean kami cancel mengingat space harinya yang terlalu mepet. Ke Togean baiknya ada spare waktu minimal 3 hari 2 malam ini termasuk dengan perjalanan laut dari Ampana ke Togean selama 1/2 hari sendiri untuk satu kali trip, sedangkan kami sendiri hanya punya waktu 5 hari 4 malam untuk berangkat dari Palu.


Road Near Ampana

Monday, March 5, 2018

Klakson Kendaraan - How to Treat, Maintain, and Install

Klakson..... eh kayanya udah lama bener ini 2 bulanan gak nulis blog karena kesibukan parah melanda. hehehe. OK kita lanjut dulu untuk bahas soal klakson.
Seperti yang kita ketahui klakson itu terdiri dari beberapa jenis antara lain:
  • Disc horn (klakson gepeng)
  • Fanfare horn (klakson keong)
  • Compressor trumpets (klakson telolet)