Sunday, August 23, 2020

Review Singkat Ninja 1000 Z1000SX vs Z900 vs ER6

Ninja 1000.... aka Z1000SX merupakan sport touring 4 cylinder bike,  saudara satu darah dengan Z1000 Sugomi yang merupakan naked bike kasta tertinggi di Kawasaki. Bedanya Ninja 1000 ini sudah dipakaikan baju alias fairing, kapasitas tangki yang lebih besar, dan riding aid.

Kebetulan beberapa waktu lalu teman saya baru membeli N1000 dengan Nik 2013 tentunya dengan peremajaan tangki serta fuel pump nya sehingga segar bugar tidak mengidap penyakit karat tangki seperti di ER6N yang artikelnya bisa dilihat disini.  Setelah kawan saya ini melakukan modifikasi di knalpot dengan membuang middle muffler dan ganti slip on custom, saya sempatkan untuk jajal N1000 ini. Gimana quick review dari N1000 terutama kalau dibandingkan dengan Z900 dan ER6? Cekidot......

*** review Z900 bisa intip disini, kalau N650 ER6F bisa diintip disini



Feel & Ride
Tinggi saya adalah 170 cm, jadi duduk di N1000 ini sedikit jinjit sama seperti naik ER6 (ER6N atau Ninja 650) dan Z900. Yang membedakan adalah N1000 ini punya pengatur ketinggian shock bagian belakang yang berupa putaran besar disebelah kanan bawah (tadinya saya kira ini untuk atur rebound). Sehingga kalau muatan banyak bisa tidak terlalu ambles motornya.  Rebound shock belakang bisa diatur dengan obeng di dekat shock sedangkan shock depan juga bisa diatur rebound nya masing-masing kanan dan kiri tidak seperti Z900 yang hanya sebelah kiri saja yang berfungsi untuk rebound.




N1000

N650 aka ER6F




N1000 ini mempunyai ketinggian stang serta jarak ke rider yang mirip dengan ER6 dimana Z900 posisi stangnya lebih rendah dan menjauh dari rider. Sedangkan lebar stangnya lebih sempit dibanding Z900 tapi masih lebih sempit lagi lebar stangnya ER6. Karena jaraknya ini maka ER6 dan N1000 lebih berorientasi touring beda dengan Z900 yang orientasinya attacking meski lebih berasa attacking lagi Z800 yang artikelnya ada disini

Jok pembonceng paling lebar dan panjang adalah ER6 dan yang paling kecil adalah Z900. Empuknya jok pembonceng di N1000 dan ER6 juga sama tidak seperti Z900 yang paling keras. Diantara ketiga motor yang paling pendek bokongnya adalah Z900 jadi memang Z900 lebih enak buat solo riding.
Jok rider sepertinya ketiga motor ini 11 - 12 saja deh feelnya.



Dimensi
Lebar motor menurut saya sih 11 -12 dengan Z900 yang memang lebih lebar juga dari ER6. N1000 dapat efek lebar karena berfairing dan spion nya terletak di fairing jadi besarnya merata dari tengah sampai depan tidak seperti naked bike hanya bagian tengah saja membesarnya.


Tangki N1000 menjulang tinggi seperti ER6 sehingga membuat Z900 paling rendah tangkinya. bentuk tangki N1000 ini juga paling unik karena memiliki kontur menyempit dibagian paha rider tidak seperti 2 motor lainnya


Knalpot N1000 juga unik, dari header bersatu ke muffler tengah kemudian dipisah kanan dan kiri sehingga kalau beli muffler juga harus dua kanan dan kiri. Bisa saja sih pakai satu muffler saja cuma menghilangkan ciri khas motor ini.


Riding aid juga menjadi pembeda pada N1000 yang mempunyai 2 pilihan power yaitu low dan high serta traction control (KTRC) off, 1, 2, dan 3. Z900 tidak pakai riding aid karena menganut naked Z series harus melepaskan tenaganya secara raw tentunya hal ini memiki downside tangan kanan lebih pegal karena harus extra hati-hati melepaskan tenaga si beast


Sudut kemiringan serta ketinggian visor N1000 juga bisa diubah dengan leluasa mengandalkan setinggan di belakang dashboard.


Performance
N1000 ini sempat saya test di jalan raya dengan teman saya bawa Z900 didepan, supaya fair dengan Z900 feelnya sebelum jalan saya bikin KTRC set to off dan power mode kasih ke high. 
N1000 ini lebih kalem di putaran rendah dan baru beringas di putaran atas (6,000 RPM above). Sedangkan Z900 sudah beringas serta menerkam dari awal buka gas. Getaran mesin dan stang juga menurut saya sama saja dengan Z900 tidak berbeda jauh.



Piranti pengereman depan ketiga motor sudah pakai floating disc hanya saja N1000 sudah menganut radial brake dan monoblock pada bagian calipernya meski master rem masih axial type. Sedangkan Z900 dan ER6 masih axial type semua. Kepakeman rem depan dan belakang juga menurut saya sama dengan Z900 yang gampang membuat abs nya aktif. Kalau N1000 ini sudah ganti ban premium pasti braking feelnya akan lebih enak lagi.


Unfortunately, ban N1000 ini sudah kadaluarsa produksi 2013 yang karetnya sudah getas jadi untuk nikung masih sulit seperti membelokkan kerbau. Kalau sudah ganti ban premium pasti akan lebih asik lagi manuvernya seperti Z900



Salah satu yang saya suka dari semua motor berfairing adalah hampasan angin ketika ber akselerasi dan high speed tidak terlalu besar impactnya ke badan sehingga membuat badan cepat lelah.



Menurut saya N1000 ini akan lebih ganteng lagi kalau di lengkapi dengan side box bawaan motornya. Kalau kaki kaki sih sudah kekar ya ban belakang sudah size 190 dan depan 120.



Verdict
Anda suka dengan touring di aspal yang mulus serta high speed serta mau terlihat eksklusif?  
N1000 ini menjadi pilihan tepat karena sport touring setup dan populasinya yang sedikit di Indonesia.
Riding aid dan fitur-fiturnya juga sangat worthed dengan harga yang ditebus.

semoga bermanfaat....


No comments:

Post a Comment