Wednesday, January 27, 2021

DIY Ganti Saklar / Handle Kanan Aerox 155 Part II - Hazard Lamp and Fog Lamp

 Saklar kanan....... artikel ini sebetulnya lanjutan dari artikel sebelumnya (disini) dimana saya ganti saklar kanan untuk hazard dan fog lamp. Kali ini kebetulan saya sudah dapat saklar kanan model Aerox S version dengan harga murah (sekitar Rp. 100,000)









Thursday, January 7, 2021

Poles Lampu Grand Livina

Mika Lampu........ pada mobil yang berumur biasanya mika lampu utama nya akan mulai kekuningan atau kusam sehingga merusak estetika kendaraan. Begitu juga yang terjadi pada si Silvi yang usianya sudah hampir 5 tahun ini.






Friday, January 1, 2021

Penggantian Oli Transmisi CVT Grand Livina

Transmisi matic...... pada kendaraan roda empat saat ini sudah menjadi default, baik yang automatic conventional, CVT, triptronic, dan turunan lainnya. Sangat berbeda dengan jaman dahulu dimana transmisi matic adalah hal yang menurut saya tergolong wah. 


ANGL 2016 saya si Silvi saat ini baru menempuh jarak sekitar 58,000 km, dimana kalau mengacu ke panduan perawatan dari bengkel resmi Nissan pergantian oli transmisi ada di 100,000 km. Nah, karena saya mulai mendengar bunyi-bunyi halus di transmisi ketika mesin dingin tapi hilang ketika mesin panas maka saya bawa lah si Silvi ini ke toko oli Toda.


Thursday, December 17, 2020

Dimple Porting dan Pembersihan Mesin Aerox 155

Dimple Porting........ bahasa ini awalnya asing bagi saya karena lebih sering mendengar oprekan porting polish dimana porting polish adalah membuat licin permukaan intake dan output ruang bakar sehingga udara lebih mudah masuk kedalam ruang bakar. Nah bagaimana dengan dimple porting? kalau kita lihat bola golf yang banyak memiliki coakan di permukaan bolanya nah seperti itulah yang akan dilakukan pada mesin kita.


Friday, November 13, 2020

Turun Mesin Karena Cyclone - Nmax

Turun Mesin...... ketika saya dan teman-teman touring ke Citorek Banten, nasib kurang baik harus dialami oleh Nmax teman saya karena Nmaxnya ketika sampai di puncak gunung Luhur Citorek mati dan tidak mau hidup. Analisa awal memang mesin nya terlihat panas kelihatannya panas dari area CVT karena memang pada etape terakhir tanjakannya cukup sadis dan menyiksa motor Nmax dan Vespa Primavera teman saya. Memang sih kedua teman saya ini bobotnya memang lebih jadi mesin motor masing-masing pasti bekerja lebih extra dibanding si Koneng Aerox saya.